Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Melacak Android yang Hilang dengan Google Find My Device

cara melacak android yang hilang

Salah satu cara melacak Android yang hilang adalah dengan menggunakan aplikasi Find My Device. Aplikasi ini dibuat oleh Google dan tersedia dalam apps mobile dan website.

Find My Device dapat melacak lokasi HP yang hilang dan bisa sangat akurat karena dapat menunjukkannya di Google Maps. Nggak cuma melacak lokasi aja, nama operator dan persentase baterai juga dapat diketahui.

Selain itu, ada fitur lainnya yang berguna banget kalau HP tidak diketahui keberadaannya. Berikut penjelasan fitur-fiturnya.

Simak juga: cara mengecek ram di laptop


Fitur-fitur Google Find My Device

cara melacak android yang hilang

Pertama, ada fitur PLAY SOUND. Fitur ini dapat membunyikan HP dari jauh. Ketika tombolnya diklik, maka HP akan otomatis berbunyi keras.

Kalau sudah berbunyi keras dan kita dalam posisi yang dekat, maka HP akan dengan mudah dapat ditemukan karena suara berisiknya.

Selanjutnya, ada fitur SECURE DEVICE. Fitur ini dapat mengunci HP dan logout dari akun Google. Jadi, HP dan akun Google tetap aman karena posisinya terkunci.

Walaupun dalam keadaan terkunci dan akun Google ter-logout, SECURE DEVICE tetap mampu melacak lokasi HP tersebut.

Kemudian, fitur ini juga bisa menampilkan pesan atau nomor telepon dalam keadaan terkunci. Sehingga, siapapun nanti yang menemukan HP tersebut, dapat menghubungi nomor yang tampil di layar.

Fitur terakhir yang hanya boleh dilakukan saat sangat terdesak dan tidak ada pilihan lain. Nama fiturnya adalah ERASE DEVICE

Fitur ERASE DEVICE dapat menghapus semua data yang ada pada HP. Seperti halnya pada reset setting ke pabrikan (reset factory). Bersih. 

Setelah semua data dibersihkan, HP tidak akan bisa dilacak kembali. Oleh sebab itu, cara ini adalah cara terakhir yang bisa dilakukan untuk mengamankan data akun dan HP sudah tidak bisa diselamatkan.

Simak juga: cara hapus akun google di android


Cara Melacak Android yang Hilang

Ada kondisi tertentu agar dapat melacak posisi HP dengan Google Find My Device.

Pertama, HP dalam keadaan menyala. Bila kondisinya mati, maka Find My Device tidak akan bisa mendeteksi keberadaan HP tersebut.

Kedua, agar dapat dilacak lokasinya, GPS HP juga harus aktif. Bila tidak, kondisi HP tetap dapat dideteksi seperti operator yang digunakan dan kapasitas baterainya, namun lokasinya tidak akan bisa diketahui.

cara melacak android yang hilang

Ketiga, HP dalam keadaan login ke akun Google. Find My Device mewajibkan login terlebih dahulu dengan akun Google agar bisa digunakan.

Nah itu beberapa syarat yang harus terpenuhi agar dapat melacak HP. Lalu, bagaimana dengan proses melacaknya?

Berikut langkah-langkah cara melacak Android yang hilang.

  1. Ketik "find my device" di pencarian Google atau bisa juga klik link https://www.google.com/android/find
  2. Bila kondisi HP sudah sesuai dengan penjelasan di atas, maka Find My Device akan dengan mudah menemukan lokasi HP.

Bila lokasi HP masih sulit ditemukan, coba klik ikon refresh tepat di sebelah kanan ikon wifi untuk melakukan pengecekan ulang.

Terkadang, setelah melakukan pengecekan berulang, lokasi HP baru bisa ditemukan oleh Find My Device.

Selesai. Caranya cukup mudah asalkan kondisinya terpenuhi semua. HP yang hilang dapat dengan mudah dilacak, dikunci, dan dibunyikan, serta dihapus datanya.

Namun, tentu saja, mencegah lebih baik daripada mengobati. Perhatikan selalu HP atau gadget bawaan kita agar tetap pada posisinya.

Kehilangan HP mungkin kita bisa menabung lalu membelinya lagi. Tetapi, data yang hilang bersama HP, itulah yang tidak bisa kembali.

Posting Komentar untuk "Cara Melacak Android yang Hilang dengan Google Find My Device"