Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Ganti Password Wifi Indihome Step by Step 100% Berhasil

Tidak lama setelah memasang internet Indihome di rumah atau di kantor, hal yang perlu diketahui selanjutnya adalah cara ganti password wifi Indihomenya. Mengapa passwordnya perlu diganti setelah pemasangannya sudah dilakukan?

Sebelum AneIqbal lanjut, silakan cek cara sharing printer ini karena mungkin akan Anda butuhkan sewaktu-waktu. Selain itu, postingan cara mengecek IP laptop ini juga cukup penting bila Anda sudah bermain-main dengan IP address dan config. 

Berdasarkan ruang lingkupnya, jenis jaringan komputer dibedakan menjadi LAN, MAN, dan WAN. Jika Anda ingin tahu soal WAN, silakan cek pengertian jaringan WAN ini. Sekarang lanjut ke topik utama pembahasan.

Biasanya, persis setelah teknisi Indihome memasang internetnya dan sudah bisa dikoneksikan, teknisi akan memberi tahu password wifinya. Jadi sudah pasti password tersebut diatur oleh teknisinya.

Mungkin saja ada ketentuan passwordnya. Mungkin saja inisiatif dari teknisi. Dan mungkin juga teknisi menanyakan ke pemilik rumah password apa yang diinginkan. Maka dari itu, mengetahui cara ubah password wifi Indihome ini sangat penting. 

Tujuannya, supaya password wifi dapat diganti secara mandiri tanpa harus memanggil teknisi dan Anda bisa menggantinya kapanpun Anda mau dan butuh. Untuk mengganti password Indihomenya, Anda dapat menyettingnya melalui web config modem.

Satu hal yang perlu diketahui, setiap rumah yang memasang wifi Indihome, modemnya belum tentu sama. Ada beragam merek dan bentuk yang terpasang di rumah ataupun di kantor pelanggan.

ganti password indihome
 

Perbedaan perangkat ini berujung pada perbedaan menu setting pada web confignya. Masing-masing modem memiliki ketentuan settingnya sendiri. Namun, secara garis besar memiliki inti yang sama, seperti setting password wifi.

Ohiya, setelah pemasangan berhasil dan sudah bisa dikoneksikan, pastikan langsung berapa kecepatan internetnya. Ini untuk memastikan paket Internet yang Anda pilih sudah sesuai. Silakan cek cara mengukur kecepatan internet ini untuk melihat panduannya.


Langkah-langkah cara ganti password wifi Indihome

1. Koneksikan laptop ke wifi

Langkah pertama untuk bisa mengganti password wifi Indihome adalah menyambungkan laptop ke wifi. Wifi yang mana? Tentu saja wifinya Indihome. 

Nama wifinya berbeda-beda karena bisa diatur sendiri juga. Petugas biasanya juga memberitahu nama wifinya. Secara setting standar, nama wifinya merupakan nama dan jenis perangkat.

Pastikan laptop dan wifi statusnya sudah Connected. Baik Windows 7, 8, atau 10, bahkan macOS statusnya sama.

cara ubah password wifi indihome
 

Setelah tersambung, barulah bisa dilanjutkan ke langkah berikutnya.

2. Buka 192.168.1.1 dengan web browser

IP 192.168.1.1 adalah alamat web config standar untuk menyetting modem. Apapun jenis modemnya, kebanyakan IP ini yang digunakan.

mengganti password wifi indihome

Biasanya juga informasi IP ini dan user passwordnya beserta nama wifi sekaligus password defautnya tertera pada stiker di bagian bawah modem.

cara ganti password indihome
 

Ada kalanya saat perlu melakukan reset modem, settingnya akan dikembalikan ke settingan default/pabrik, informasi di stiker inilah yang diperlukan. 

Setelah reset modem, hal yang pasti dilakukan adalah mengganti nama wifi dan mengganti passwordnya.

Buka 192.168.1.1 dengan Google Chrome atau Mozilla Firefox. Mana saja bisa, yang sering digunakan saja. Setelah terbuka, login dengan credential yang tertera pada stiker. Masukkan username dan password untuk 192.168.1.1, bukan untuk wifi.

Sekadar informasi tambahan, IP juga bisa diakses dengan aplikasi web. Biasanya, IP ini akan mengarah pada sebuah halaman web tertentu. IP ini juga bisa digantikan dengan nama domain supaya lebih mudah diingat. Anda bisa cek cara kerja DNS server untuk penjelasan yang lebih mendetail.

3. Buka menu "Network" 

Setelah berhasil masuk, menu yang pertama kali tampil adalah menu "Status". Di halaman menu Status ini tertera berbagai informasi modem seperti versinya, softwarenya, persentase CPU dan memori usagenya, dan informasi penting lainnya.

Untuk mengganti password wifi, klik menu "Network" kemudian dilanjutkan dengan klik submenu "Advanced". Di halaman ini akan terlihat informasi nama wifi, jenis security passwordnya, dan passwordnya.

Kemudian, perhatikan bagian WPA(Wi-Fi Protected Access) terutama Passphrase. Pada bagian ini tersedia kotak input teks yang bisa diisi. Inilah kotak password wifinya.

cara mengubah password wifi indihome
Ketik password barunya. Jika sudah selesai, klik Apply untuk menerapkan perubahan password tadi. Bila ingin mengganti nama wifi juga, ubah kotak input teks pada bagian SSID Name. Wifi juga dapat disembunyikan dengan menceklis Hidden.

4. Koneksikan kembali ke wifi

Setelah berhasil mengganti password, laptop dan perangkat lainnya seperti HP yang terhubung dengan wifi akan otomatis terputus. Wifi tidak bisa dikonek secara otomatis oleh perangkat sebab ada perubahan password.

Koneksikan kembali perangkat pada wifi, kemudian masukkan password barunya. Pastikan sudah bisa internetan kembali dengan membuka beberapa website seperti youtube.com atau google.com.

5. Tutup web config 192.168.1.1

Jika sudah terkoneksi kembali dengan password baru, artinya, proses penggantian password wifi indihome sudah selesai. Web config yang tadi dibuka sudah bisa ditutup.

Kembali mengingatkan bahwa menu web confignya mungkin saja berbeda. Tetapi, pada intinya adalah menu untuk mengatur jaringan/network.


Jika Anda sudah bisa mengganti password wifi Indihome secara mandiri, maka Anda tidak perlu khawatir lagi bila ada pemakai yang tanpa sepengetahuan Anda masuk dan menyedot koneksi penyebab lemot. Anda bisa langsung mengganti wifinya.

Bila Anda ingin memanagenya lebih jauh seperti memblokir HP atau laptop tertentu yang ingin menggunakan wifi Anda, ataupun melakukan monitoring koneksinya, Anda perlu lihat cara pasang mikrotik di Indihome ini.

Posting Komentar untuk "Cara Ganti Password Wifi Indihome Step by Step 100% Berhasil"