Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memilih Shared Hosting Indonesia untuk Bisnis Online

Hosting memiliki peran penting dalam pembuatan website. Hadirnya shared hosting Indonesia, semakin menambah daftar pilihan layanan bagi para pengelola website. Nah, di sini, akan dijelaskan apa saja keuntungan dan tips memilih shared hosting untuk pembuatan website bisnis. Bagi yang penasaran, silakan simak penjelasannya sampai selesai.



Mengenal Shared Hosting Indonesia

 

Shared hosting adalah salah satu dari beberapa jenis web hosting yang biasa digunakan pengelola situs. Berbeda dari jenis hosting yang lain, tipe yang satu ini merupakan layanan yang menempatkan beberapa website di dalam satu server fisik yang sama.

Pemilik website yang memilihnya, tidak perlu memikirkan pengaturan server lagi. Akan tetapi, user juga tidak bisa secara penuh mengakses fungsi dari web hosting terkait. Penyedia shared hosting, akan bertanggung jawab pada pengelolaan server. Tanggung jawabnya meliputi pembaruan keamanan, instalasi perangkat lunak, hingga masalah-masalah teknis lainnya.


Keuntungan Menggunakan Shared Hosting Indonesia

Sebelum masuk ke inti pembahasan, alangkah baiknya Anda menyimak apa saja keuntungan dari jenis hosting ini. Sebagai informasi, shared hosting sangat cocok untuk para digital marketer pemula. Karena, jenis hosting ini menawarkan beberapa keuntungan sebagai berikut:

1. Harga Lebih Terjangkau

Jika harga beli domain .com dan hosting di berbagai layanan dirasa mahal, jenis web hosting ini bisa menjadi solusi. Pasalnya, layanan hosting ini digunakan secara bersama-sama. Dengan begitu, beban biaya pun akan terbagi. Artinya, harganya lebih murah dibandingkan dengan jenis hosting lainnya.

Cocok sekali untuk kebutuhan pelaku usaha online pemula yang baru bergelut dalam dunia digital marketing.

2. Tidak Perlu Mengeluarkan Biaya Perawatan

Semua perawatan merupakan tanggung jawab dari pengelola server. Jadi, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya perawatan lagi. Ini tentu menjadi keuntungan yang bagus bagi pemula, terutama bagi yang belum mengenal hosting secara mendalam.

Selain itu, Anda juga tidak perlu meluangkan waktu untuk merawatnya sendiri. Dengan begitu, penggunaan website akan lebih efisien karena tidak memerlukan waktu dan biaya untuk perawatan.

Simak juga: cara kerja dns server


Cara memilih Shared Hosting Indonesia

Meski memiliki kelebihan yang menguntungkan, namun Anda tidak boleh asal memilih penyedia layanan. Sebelum beli domain .com dan hosting, simak beberapa cara dan tips berikut agar tidak salah memilih:

1. Perhatikan Kapasitas Penyimpanan

Kapasitas penyimpanan adalah hal penting yang harus diperhatikan di awal. Untuk kebutuhan toko online, atau digital marketing, pastikan Anda memilih storage yang cukup besar. Pasalnya, situs tersebut akan memuat banyak konten-konten berupa gambar maupun video.

Namun, semakin besar storage yang ditawarkan, semakin besar juga harganya. Solusinya yaitu dengan memilih storage berukuran standar, tidak terlalu kecil, juga tidak terlalu besar.

Namun, pada dasarnya, Anda boleh memilih storage yang lebih besar di awal. Karena, penggunaan storage akan terus bertambah seiring dengan penggunaan website. Namun, tetap perhatikan hal lain, misalnya harga hosting yang semakin tinggi.

2. Pilihan Bandwith yang Tepat

Untuk memperkirakan berapa kebutuhan bandwidth pada suatu website, silahkan perkirakan jumlah akses pengunjung. Karena, jumlah akses pengunjung merupakan faktor utama dalam memilih bandwidth yang dibutuhkan.

Semakin banyak transfer data dan akses pada website, maka akan semakin besar bandwidth yang dibutuhkan. Cara mengetahuinya adalah dengan menghitung rata-rata perkiraan kebutuhan bulanan. Karena, bandwith umumnya akan dihitung ulang setiap bulannya.

Untuk pemula, Anda tidak perlu memilih bandwidth yang besar terlebih dahulu. Pilihlah jumlah standar yang bisa memenuhi kebutuhan website Anda di awal.

3. Perhatikan Harga

Harga merupakan hal yang cukup krusial dalam menentukan jenis hosting. Setiap pengelola website, tentu ingin mendapatkan produk berkualitas dengan harga yang terjangkau. Artinya, pelanggan cenderung mencari harga terendah dengan kualitas yang bagus.

Namun, sebelum memilih harga, tentukan terlebih dahulu spesifikasi shared hosting Indonesia yang akan digunakan. Setelah itu, barulah Anda mencari-cari paket yang sesuai atau setidaknya mendekati dengan kebutuhan website Anda.

Jika dirasa suatu paket terlalu mahal, jangan terburu-buru menutup atau melewatinya. Cek terlebih dahulu fitur apa saja yang tersedia dengan harga yang ditawarkan tersebut. Apakah harganya relevan dengan kualitas dan fiturnya, atau tidak? Siapa tahu cocok dengan kebutuhan Anda.

Namun, jangan asal memilih paket yang tersedia. Pastikan fitur-fitur yang disediakan sesuai kebutuhan. Agar lebih mudah, pilih saja paket khusus, misalnya seperti paket hosting untuk toko online yang lebih spesifik.

Simak juga: pengertian jaringan wan 

4. Performa Server yang Bagus

Server menentukan berkualitas atau tidaknya sebuah layanan shared hosting. Terlebih, jenis hosting ini tidak mengizinkan user untuk mengelola server. Maka dari itu, pilihlah jenis server dengan performa yang baik.

Kualitas hosting tidak hanya diukur dari bandwith dan storage. Meskipun kapasitasnya besar, jika server-nya buruk, website Anda akan terganggu dan memiliki performa jelek. Hal ini akan berdampak buruk pada bisnis Anda. Jadi, perhatikan secara seksama.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menilai performa sebuah server. Beberapa hal yang harus diamati adalah prosesor, RAM, harddisk, kecepatan jaringan, dan lokasi server fisik.

Pilihlah lokasi server yang sama dengan lokasi di mana sasaran traffic website Anda berada. Atau, setidaknya pilih lokasi terdekat.

5. Review Positif dari Pelanggan

Pastikan Anda memilih layanan yang kredibel. Untuk mengetahuinya, Anda bisa melihat review dari pelanggan. Pastikan Anda memilih layanan dengan review positif terbanyak. Review adalah promosi paling jujur dari pelanggan. Jika review-nya bagus, sudah jelas pelayanannya pun bagus.

Review tidak hanya sekedar menjelaskan baik buruknya sebuah layanan/produk. Biasanya, review pelanggan juga akan mengulas berbagai fitur yang ditawarkan perusahaan. Bahkan, terkadang Anda akan mendapatkan saran dari pelanggan yang sudah pernah membeli atau menggunakan layanannya.

Review ini bisa Anda ketahui melalui website resmi perusahaan. Atau, bisa juga melalui akun media sosialnya.

6. Jaminan Kredibilitas Pengelola

Sebagai informasi, kredibilitas pengelola atau penyedia layanan juga sangat berperan penting. Terlebih jika hosting yang Anda gunakan untuk kebutuhan digital marketing. Pasalnya, shared hosting ini digunakan oleh banyak user.

Jika terjadi risiko gangguan yang dilakukan oleh salah satu pengguna, maka akan berdampak ke pengguna yang lain. Misalnya, salah satu pengguna melakukan spamming yang mengakibatkan server terblokir. Nah, masalah ini juga akan berpengaruh pada website yang Anda kelola.

Selain itu, karena sifatnya ‘sharing’, bagi user yang membutuhkan website dengan sumber daya besar, tentu akan kurang nyaman. Artinya, dibutuhkan sumber daya yang jauh lebih besar. Itulah kenapa, Anda harus memilih penyedia layanan yang kredibel dan berkualitas.


Kesimpulan

Shared hosting merupakan salah satu pilihan web hosting yang cocok untuk pemula yang bergelut dalam dunia digital marketing. Selain harganya yang murah, kapasitasnya pun bisa disesuaikan untuk pembuatan website bisnis di awal.

Pastikan Anda memilih penyedia layanan shared hosting Indonesia yang berkualitas. Karena, hosting yang Anda gunakan yaitu untuk kebutuhan berbisnis. Jika salah memilih, strategi digital marketing Anda bisa berantakan. Silahkan ikuti langkah-langkah di atas agar tidak salah memilih.

Posting Komentar untuk "Cara Memilih Shared Hosting Indonesia untuk Bisnis Online"