Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Penulisan Copyright yang Tepat agar Tidak Salah

cara penulisan copyright

Apa itu copyright? Menurut Wikipedia, Hak cipta adalah hak eksklusif pencipta atau pemegang hak cipta untuk mengatur, mengumumkan, atau memperbanyak penggunaan hasil penuangan gagasan, hasil ciptaan, atau informasi tertentu atau memberi izin untuk itu dengan tidak mengurangi pembatasan menurut peraturan undang-undang yang berlaku. 

Jadi, hak cipta dapat melindungi karya seseorang dari segala macam bentuk plagiat yang dapat merugikan pemilik hak cipta. Sang kreator atau pencipta harus segera mendaftarkan karyanya agar tidak diklaim oleh orang lain.


 

Cara Penulisan Copyright

Cara menulis copyright yang benar harus memuat tiga unsur. Pertama, harus ada logo hak cipta. Kedua, harus ada tahun hak cipta didaftarkan. Ketiga, harus ada pemilik hak cipta. 

Contohnya seperti ini; © 2020 Twitter, Inc., Facebook © 2020, © 2020 Instagram from Facebook, dan © 2020 Google LLC.

Untuk di website atau blog, cara membuat copyright dapat menggunakan kode HTML Entity. Ada dua kode yang bisa dan umum dipakai, yakni © dan ©.

Simak juga rekomendasi postingan AneIqbal lainnya tentang bahasa, di antaranya; penulisan alamat suratpenulisan gelarkalimat efektif dan tidak efektif, dan kata baku praktek dan apotek yang barangkali Anda butuhkan juga.

 

Cara Penulisan Merek Dagang

Merek dagang merupakan jenis kekayaan intelektual yang melekat pada produk atau jasa tertentu berupa nama atau simbol. Untuk penulisan merek dagang, ada tiga jenisnya, yakni; trademark, service mark, dan registered trademark.

Trademark disimbolkan dengan ™ (huruf "TM" dalam superskrip) berarti merek dagang tidak terdaftar. Service mark disimbolkan dengan ℠ (huruf "SM" dalam superskrip) berarti merek jasa tidak terdaftar. Kedua simbol tersebut menandakan bahwa ada klaim sebagai merek dagang atau jasa. Namun belum menjamin dilindungi oleh hukum merek dagang.

Registered trademark disimbolkan dengan ® (huruf "R" dikelilingi oleh lingkaran) berarti merek dagang terdaftar. Simbol tersebut baru dapat digunakan setelah pemilik merek mendaftarkan mereknya pada badan nasional sehingga terdapat status kepemilikan secara hukum.

Untuk cara penulisannya, ketiganya hampir sama. Simbol merek dagang diletakkan di sebelah kiri merek atau logo.

penulisan copyright

 
cara menulis copyright

Cek juga bahasan menarik lainnya seperti karakteristik bahasa indonesiafaktor penyebab timbulnya keragaman bahasa, dan pembentukan kata dalam bahasa indonesia serta pengertian diksi.


Perbedaan Hak Cipta, Merek Dagang, dan Paten

Hak Cipta lebih kepada perlindungan kepada pemilik hak cipta agar mencegah orang lain menduplikasi karyanya. Merek dagang lebih kepada elemen branding, sebagai tanda bahwa produk atau jasa tersebut adalah miliknya atau milik perusahaannya. Sementara paten lebih kepada perlindungan yang sifatnya temuan baru agar tidak digunakan, dibuat, ataupun dijual.

Sebelum mengakhiri, kami masih memiliki rekomendasi postingan yang sayang kalau Anda lewatkan. Berikut di antaranya; pengertian membacapengertian berbicarapengertian bahasa, dan pengertian menulis serta pengertian karya ilmiah. Silakan cek jika Anda ingin menambah pengetahuan Anda tentang bahasa.

Demikian pembahasan kita kali ini tentang cara penulisan copyright yang benar. Tulisan copyright harus sesuai standar dan peraturan yang ada. Contoh penulisan copyright yang benar sudah kita bahas juga di atas.

Sumber: quora.com, wikipedia.org, dan qwords.com.

Posting Komentar untuk "Cara Penulisan Copyright yang Tepat agar Tidak Salah"