Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengurutkan Data di Excel (Sorting Data Angka, Nama, dan Tanggal)

Halo gaes. Cara mengurutkan data di Excel dapat dilakukan dengan 3 cara. Cara pertama adalah Sort A to Z, cara kedua dengan Sort Z to A, dan cara ketiga yaitu Custom Sort. 

Ketiga cara tersebut bisa digunakan untuk mengurutkan angka di Excel. Selain angka, sorting data juga bisa untuk data teks seperti nama dan data tanggal. Gimana caranya? Simak terus sampai akhir postingan. Kita mulai dari sorting angka dulu ya gaes.



Cara Mengurutkan Angka di Excel

Kalau kamu sudah baca postingan cara membuat Rp di Excel pasti sudah nggak asing dengan DATA BARANG DAN HARGA ini. Karena memang sudah banyak juga postingan yang memakai data tersebut dan kebetulan ada harga dan nama (barang) juga di sana.

Tetapi, untuk bisa mengurutkan data di Excel, header data tersebut perlu dimodifikasi sedikit, kolom-kolom yang dimerge harus dihapus dulu. Sorting data nggak bisa kalau ada kolom yang menyatu. Pasti bakalan muncul eror "To do this, all the merged cells need to be the same size.".

 

Jadi setelah dimodifikasi sedikit, seperti ini tampilan datanya sekarang. 

 

Selesai dimodifikasi, kita lanjutin sorting data di Excel yang diawali dari angka dulu. Berikut langkah-langkahnya.

Pertama, kita bloking/select data dulu kolom sebaris yang mau disorting (dalam studi kasus kali ini adalah kolom HARGA). Selanjutnya, kita mau sorting harga produk dari harga terkecil ke terbesar. 

Data yang disusun dari nilai terkecil ke terbesar berarti menggunakan Sort A to Z. Sort A to Z biasa disebut juga dengan Sort Ascending.

Setelah kolomnya diblok, klik Sort & Filter yang ada pada tab Home bagian Editing (pojok kiri atas). Kemudian klik Sort Smallest to Largest.

 

Selanjutnya, muncul dialog Sort Warning untuk mengonfirmasikan kepada kita apakah sorting data hanya di kolom yang terblok saja atau seluruh kolom baris data. Pilihannya:

  • Expand the selection, maksudnya adalah sorting data ke seluruh kolom baris
  • Continue with the current selection, maksudnya adalah sorting data hanya pada kolom baris yang diblok/diseleksi.

Di sini kita pilih Expand the selection supaya kolom baris lain juga ikut berubah sesuai pergerakan sorting kolom yang kita blok (kolom HARGA). Hasilnya akan seperti ini.


Terlihat pada kolom HARGA, harga produk diawali dengan harga Rp 2.350.000 dan merupakan harga terkecil dari semua produk yang ada. Kemudian dilanjutkan dengan harga yang semakin naik nominalnya.

Baik. Seperti itulah cara sort data di Excel khususnya angka. Kita sudah berhasil mengurutkan dari terkecil ke terbesar. 

Selanjutnya, kita coba sebaliknya ya. Mengurutkan data dari besar ke kecil disebut Sort Descending. Dalam Excel, fiturnya adalah Sort Z to A. Kurang lebih caranya hampir sama dengan Sort Ascending.

Pertama sudah pasti kita blok kolom yang mau disorting. Lalu klik Sort & Filter yang ada pada tab Home bagian Editing (pojok kiri atas).

Nah di sinilah yang berbeda. Sekarang, kita klik yang Sort Largest to Smallest. Tetap pilih Expand the selection pada dialog Sort Warning yang muncul. Selesai dan hasilnya akan seperti ini.


Terlihat jelas kan bedanya gaes? Harga diawali dari Rp 10.600.000 dan merupakan harga tertinggi. Kemudian dilanjutkan dengan harga yang lebih rendah hingga seterusnya.

Ohiya, gimana kalau cara mengurutkan ranking di Excel ya? Apakah sama caranya dengan cara di atas? Sama kok, kalau rankingnya berupa angka juga. Sebentar, ngomong-ngomong soal ranking, baca dulu ya cara membuat ranking di Excel.

Gimana? Sampai sini sudah paham kan cara sort Excel khususnya angka dari kecil ke besar dan sebaliknya? Baik, berarti kita lanjut ke pembahasan selanjutnya.



Cara Mengurutkan Nama di Excel

Pembahasan kita selanjutnya adalah mengurutkan nama di Excel. Secara garis besar, caranya hampir sama sih dengan sorting data angka. Berikut langkah-langkahnya. Lebih enak kalau sambil praktek juga.

Kita masih pakai data yang sama ya. Di sana ada kolom NAMA BARANG yang bisa kita gunain. Sama aja kan nama barang sama nama orang? Masih sama-sama nama. Intinya sih ini cara mengurutkan abjad di Excel. Oke lanjut.

Pertama, kita bloking/seleksi kolom yang mau diurutkan namanya. Kedua, klik Sort & Filter yang ada pada tab Home bagian Editing (pojok kiri atas).

 

Di atas terlihat ada sedikit perbedaan dengan data angka. Sebelumnya, opsi yang muncul adalah Sort Smallest to Largest dan Sort Largest to Smallest. Karena ini abjad/huruf, maka yang muncul adalah Sort A to Z dan Sort Z to A.

Ketiga, klik Sort A to Z untuk mengurutkan sesuai abjad mulai dari huruf A sampai Z atau Sort Z to A untuk mengurutkan nama dari huruf Z ke A.

Selanjutnya, dialog Sort Warning muncul lalu pilih Expand the selection. Kenapa pilih itu? Penjelasannya ada di atas. Monggo coba ditengok lagi biar inget. Dan cara mengurutkan nama sesuai abjad di Excel pun selesai.

 

Selanjutnya apa lagi nih yang mau dibahas? Angka sudah, nama/abjad/huruf sudah, tanggal yang belum. Baik. Sekarang kita bahas cara sort data Excel khususnya data tanggal.

Eit, tunggu dulu. Sebelum ke tanggal, kita kan sudah bahas cara pertama dan kedua. Ada cara ketiga yang belum dibahas. Kita bahas dulu ya. Namanya Custom Sort.


Cara Menyortir Data di Excel dengan Custom Sort

Custom Sort memungkinkan kita untuk memilih kolom mana yang ingin disortir datanya. Berbeda dari yang sebelumnya karena tidak ada pilihan kolomnya karena memang spesifik ke satu kolom saja.

Langkah pertama, blok/seleksi semua data yang ada termasuk headernya juga. Inget ya, semua data diblok. Jadi nggak cuma satu kolom aja kayak cara sebelum-sebelumnya.

Setelah itu, klik Sort & Filter yang ada pada tab Home bagian Editing (pojok kiri atas). Lalu klik Custom Sort....


Kemudian akan muncul dialog Sort. Di sinilah kita bisa mengatur kolom mana yang ingin diurutkan. Setelah selesai, klik OK dan data akan disortir tanpa ada dialog Sort Warning.

Mari kita lanjutkan bahasan yang sempet tertunda tadi. Sorting tanggal.


Cara Mengurutkan Tanggal di Excel

Cara sorting data di Excel khususnya data tanggal masih hampir sama caranya. Dimanakah bedanya? Mari kita coba sama-sama.

Misalnya ada sebuah kolom berisikan tanggal-tanggal random yang tersusun dalam satu baris ke bawah. Bentuknya seperti ini gaes.

 

Nah random banget kan tanggalnya? Awalnya dimulai dari 1 Januari 2020. Lalu langsung lompat ke 10 November 2020. Terus balik lagi ke 3 Maret 2020. Berantakan syekali tanggalnya. Sekarang kita rapiin tanggalnya.

Pertama, blok/select semua tanggalnya. Terus, klik Sort & Filter yang ada pada tab Home bagian Editing (pojok kiri atas).

Karena ini data tanggal, opsi yang keluar juga beda lagi. Ada Sort Oldest to Newest dan ada pula Sort Newest to Oldest

Sort Oldest to Newest berfungsi untuk mengurutkan dari tanggal lama ke mendekati tanggal sekarang. Sebaliknya, Sort Newest to Oldest akan mengurutkan tanggal dari yang sekarang ke masa lampau. Coba-coba diklik aja dan akan seperti ini hasilnya.

 

Keduanya akan merapikan tanggal yang tadinya berantakan sesuai perintah sort yang diberikan. Enak banget kan? Langsung urutan tanggalnya. 

Terus, kenapa nggak ada dialog Sort Warning kayak yang di sebelum-sebelumnya ya? Karena yang tanggal ini cuma 1 kolom doang. Beda sama sebelumnya, kolomnya banyak.

Baik. Kesimpulannya, cara mengurutkan data di Excel, langkah-langkahnya sebagai berikut.

  1. Blok/select data yang ingin diurutkan.
  2. Lalu, klik Sort & Filter yang ada pada tab Home bagian Editing (pojok kiri atas).
  3. Kemudian klik Sort A to Z atau Sort Z to A.
  4. Klik Expand the selection pada dialog Sort Warning (bila muncul).
  5. Selesai. Data berhasil disortir.

Pembaca sekalian yang budiman. Bahasan cara sort di Excel khususnya tanggal tadi mengakhiri postingan kali ini. Semoga bisa membantu kamu dan terima kasih sudah membaca sampai akhir.

Posting Komentar untuk "Cara Mengurutkan Data di Excel (Sorting Data Angka, Nama, dan Tanggal)"