Cara Menggunakan Aplikasi Cisco Webex Meeting di Laptop dan Android

Setelah kita mempelajari cara menggunakan aplikasi Zoom Cloud Meeting, kita perlu juga mempelajari cara menggunakan aplikasi Cisco Webex Meeting. Di masa pandemi Covid-19 ini, skill menggunakan software video conference sangat dibutuhkan.



Kebijakan Work From Home (WFH) adalah salah satu cara dalam mengurangi proses penyebaran virus Corona. Setiap individu bekerja dari rumah masing-masing. Bahkan, anak sekolah pun melakukan School From Home (SFH) atau sekolah dari rumah. Aplikasi meeting online gratis sangat dibutuhkan dalam menjalani kegiatan dari rumah.

Nama Cisco Webex Meeting memang tidak sepopuler Zoom Cloud Meeting. Walaupu demikian, Cisco Webex Meeting bisa menjadi salah satu alternatif penggant aplikasi Zoom. Penggunaannya yang mudah, fitur live chat, dan share screen tersedia juga sama halnya pada Zoom.

Cisco Webex Meeting menyediakan tiga platform, yakni smartphone, web, dan aplikasi desktop. Bila ingin membuat meeting online (menjadi host/presenter) perlu buat akun terlebih dahulu. Sementara bila hanya ingin ikut/join meeting, tidak perlu buat akun, asalkan tahu link/meeting numbernya apa.


Cara Install Aplikasi Cisco Webex Meeting di Android

Langkah pertama dan pasti dilakukan adalah menginstall aplikasinya sebelum bisa menggunakan. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Cisco Webex Meetings juga tersedia di platform smartphone sehingga dapat ditemukan di Google Play Store maupun App Store. Namun, fokus tutorialnya hanya pada smartphone Android.

Berikut langkah-langkah menginstall aplikasi Cisco Webex Meetings di Android.

  1. Buka Google Play Store.
  2. Ketik cisco webex meeting pada kotak pencarian yang letaknya di paling atas.
  3. Muncul halaman baru bertuliskan Cisco Webex Meetings. Kemudian klik/tap tombol hijau Install.


  4. Proses download dan install akan berlangsung. Tunggu hingga selesai dan aplikasi Webex Meeting siap digunakan.

Cara Menggunakan Aplikasi Cisco Webex Meeting di Android

Setelah berhasil menginstall, selanjutnya aplikasi tersebut sudah bisa digunakan. Seperti yang sudah dijelaskan juga sebelumnya, bahwa terdapat dua role/peran, yakni peserta dan host/presenter.

Peserta dapat menggunakan Cisco Webex Meetings tanpa perlu membuat akun. Peserta bisa langsung join meeting online selama memiliki link meetingnya. Sementara untuk jadi host/presenter (yang membuat meeting onlinenya), diharuskan membuat akun terlebih dahulu.

Berikut langkah-langkah untuk join/ikut ke meeting online di Cisco Webex Meetings versi Android.

  1. Buka aplikasi Cisco Webex Meetings.
  2. Bila saat pertama kali buka aplikasinya, maka akan muncul pernyataan Terms of Service dan Privacy Statement. Klik/tap Accept.


  3. Kemudian muncul tampilan depan aplikasi. Klik/tap JOIN MEETING.


  4. Copas link meetingnya/meeting number pada kotak input yang tersedia.
  5. Masukkan Email address dan Your name.
  6. Klik/tap tombol JOIN yang berada pada pojok kanan atas.

Sementara untuk menjadi host/presenter (membuat meeting online) di Cisco Webex Meetings versi Android, berikut langkah-langkahnya.

  1. Buka aplikasi Cisco Webex Meetings.
  2. Klik/tap SIGN IN jika sudah memiliki akun di Cisco Webex Meetings (jika belum memiliki akun, lihat langkah nomor 7).
  3. Masukkan email yang sudah terdaftar. Kemudian klik/tap Next.
  4. Klik/tap pada site yang diberikan oleh Cisco Webex Meetings.
  5. Masukkan password akun kemudian klik/tap Next. Proses login akan berlangsung.
  6. Selanjutnya, klik/tap START MEETING untuk membuat meeting online. Bila pertama kali buka, klik/tap SKIP PREVIEW. Meeting online berhasil dibuat.
     
  7. Jika belum memiliki akun, klik/tap Sign Up. Aplikasi akan membuka link pendaftaran dengan web browser seperti Google Chrome atau Mozilla Firefox. Kemudian ikuti prosesnya sampai berhasil membuat akun. Baru setelah itu kembali ke aplikasi dan klik/tap SIGN IN untuk mengikuti langkah nomor 2.

Saat pertama kali buka juga, Cisco Webex Meetings juga akan meminta allow akses beberapa device seperti video, audio, dan lain sebagainya. Klik/tap Allow saja agar aplikasi dapat berjalan dengan lancar.

Simak juga panduan AneIqbal menarik lainnya berikut; cara menggunakan trello dan cara mendownload video dari youtube tanpa aplikasi.


Cara Install Aplikasi Cisco Webex Meeting di Laptop

Setelah berhasil install dan mengetahu cara menggunakannya di Android, kurang rasanya bila tidak mencobanya juga di laptop. Karena mungkin saja, sewaktu-waktu, smartphone sedang bermasalah atau baterainya habis sehingga harus menggunakan laptop, jadi tidak khawatir dan takut sebab sudah tahu caranya.

Berikut langkah-langkah menginstal aplikasi Cisco Webex Meetings di Laptop.

  1. Buka link https://www.webex.com/downloads.html.
  2. Klik tombol hijau Download for Windows pada "Webex Meetings", bukan "Webex Teams". Proses download akan berlangsung. Tunggu hingga selesai.


  3. Double klik webexapp.exe pada folder Downloads (biasanya di folder ini).
  4. Ikuti proses install dengan next-next saja.
  5. Aplikasi siap digunakan.

Cara Menggunakan Aplikasi Cisco Webex Meeting di Laptop

Sama halnya pada aplikasi Android, Cisco Webex Meetings versi dekstop juga memungkinkan berperan menjadi dua role; peserta dan presenter/host.

Berikut langkah-langkah untuk join/ikut meeting online dengan Cisco Webex Meetings versi desktop.

  1. Buka aplikasi Cisco Webex Meetings.
  2. Klik Use as guest kemudian masukkan Your name dan Email address dan klik tombol Continue as guest.


  3. Copas link/meeting number pada bagian Enter meeting information tepat di bawah Join a Meeting.
  4. Klik tombol hijau Join.

Berikut langkah-langkah untuk membuat meeting online (menjadi host/presenter) di Cisco Webex Meetings veri desktop. Syaratnya harus memiliki akun terlebih dahulu.

  1. Buka aplikasi Cisco Webex Meetings.
  2. Masukkan Email address kemudian klik Next.
  3. Masukkan Password kemudian klik Sign In. Proses login akan berlangsung.
  4. Kemudian klik tombol hijau Start a Meeting
  5. Tampilan preview sebelum join akan muncul. Bila sudah sesuai dengan yang diinginkan, klik tombol hijau Start Meeting.


  6. Klik tombol silang merah untuk menghentikan meeting dan dilanjutkan dengan klik End Meeting.

Itu dia cara menggunakan aplikasi Cisco Webex Meeting di Android dan di laptop. Rasanya tidak jauh berbeda dengan aplikasi meeting online lainnya sehingga dapat dengan cepat dipelajari dan dikuasai. Mau jadi peserta ataupun presenter meeting online sudah tidak khawatir lagi dan menjadi lebih lancar.