Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menggabungkan Kolom di Excel (dan Teks Juga)

Halo gaes. Cara menggabungkan kolom di Excel itu punya beberapa pengertian. Pertama, literally which is emang menggabungkan kolom di Excel. Kedua, menggabungkan teks yang ada di kolom Excel. Mari kita bahas bersama-sama. Maribas~



Cara Menggabungkan Kolom di Excel

Menggabungkan kolom di Excel (atau disebut juga merge cell di Excel) biasanya digunakan untuk judul sebuah data/laporan tertentu. Judul itu posisinya di paling atas dan di tengah-tengah (center). Nah, cara menyatukan kolom di excel supaya menjadi di tengah-tengah adalah dengan menggunakan fitur Merge & Center.

Gimana caranya? Baik. Pake contoh langsung aja ya. Cara menggabungkan 2 kolom menjadi 1 di Excel. Kita coba 2 kolom dulu.

Misalnya, ada teks AneIqbal di kolom A1. Tapi rasanya kelihatan sempit kalau cuma 1 kolom. Gabungin ah biar lebih lebar kolomnya.

Pertama, kita blocking/select kolom A1 sampai kolom A2. Kalau sudah diblok (warnanya menjadi gelap dan ada garis area bloknya), klik Merge & Center yang ada pada tab Home bagian Alignment. Langsung jadi deh. Begini hasilnya.

Dari gambar di atas terlihat bahwa garis pemisah antara kolom A1 dan B1 juga tidak ada. Kolom B1 menyatu dengan kolom A1. Kemudian, bagaimana cara untuk menyatukan beberapa kolom ya?

Misalnya begini. Kita punya tabel data barang di Excel yang kolomnya dari A sampai E. Panjangnya 5 kolom. Di atas tabel ini kita mau kasih judul Data Barang dan Harga di kolom A1. Judul ini mau kita ketengahin antara kolom A1 sampai E1.

Caranya kurang lebih sama dengan menggabungkan 2 kolom. Bedanya ada pada kolom yang kita blocking/select. Pada contoh kasus ini, kita blok sampai kolom E1. Kemudian klik Merge & Center.

Dari gambar di atas yang kolomnya belum disatukan, posisi judul ada di kolom A1. Kalau dilihat secara menyeluruh, kurang kelihatan rapi kan? 

Kalaupun dikasih Center, tetap aja nggak akan ke tengah-tengah data. Malah tambah berantakan. Atau, kita pindahin aja ke kolom C1 gimana? Sama hasilnya, nggak rata tengah.

Kemudian setelah di Merge & Center, barulah posisi judulnya sesuai. Ada di tengah-tengah data. Jauh kelihatan lebih rapi, lebih cakep, dan enak dilihatnya.

Jadi, untuk menggabung beberapa cell menjadi satu cell anda bisa menggunakan Merge & Center dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Blocking/select data yang ingin disatukan (merge cell)
  2. Klik Merge & Center yang ada pada tab Home bagian Alignment.

Setelah berhasil menyatukan kolom di excel, sekarang kita bahas pengertian yang kedua yakni cara menggabungkan teks di Excel. 

Cara menggabungkan teks di Execl ada dua caranya. Pertama, dengan operator ampersand (&). Kedua dengan fungsi bawaan CONCATENATE. Kita bahas satu persatu. 



Simak juga: cara filter di excel

 

Cara Menggabungkan Teks di Excel dengan Ampersand (&)

Cara pertama untuk menggabungkan teks beberapa kolom di Excel adalah dengan operator ampersand (&). Sebut aja simbol dan. Langsung contoh kasus ya. Perhatikan gambar berikut.


 

Kita mau membuat teks nama barang - merek di kolom G4. Artinya, kita akan menyatukan kolom B4 dan C4 yang disisipkan - di tengahnya.

Caranya adalah dengan memasukkan rumus =B4&" - "&C4 di kolom G4. Maka terbentuklah teks yang sesuai kita mau tadi (nama barang - merek => ASUS X441SA - ASUS). Kutip digunakan untuk mengapit/memuat string/kalimat.

Kalau dibahasakan rumusnya, kolom G4 diisi dengan data kolom B4 yang digabungkan (&) dengan spasi dan tanda -  (" - ") yang digabungkan (&) lagi dengan data kolom C4. Jadi deh teks yang formatnya sesuai yang kita mau. Untuk baris dibawahnya, tinggal block kemudian tarik ke bawah.

Gimana kalau pake cara kedua (CONCATENATE)? Begini caranya.

Simak juga: cara membuat garis di excel

 

Cara Menggabungkan Teks di Excel dengan CONCATENATE

Cara kedua untuk menggabungkan teks beberapa kolom di Excel adalah dengan fungsi bawaan CONCATENATE. Biasa disebut konket. Kita masih pake contoh kasus yang sama, cuma beda formula aja. Perhatikan gambar berikut.


 

Masih sama juga, kita mau mengisi satu kolom (G4) dengan teks berformat nama barang - merek. Nama barang diambil dari kolom B4 sementara merek diambil dari kolom C4

Rumus yang akan kita masukkan ke kolom G4 adalah =CONCATENATE(B4;" - ";C4) dan kemudian tekan enter. Maka terbentuklah ASUS X441SA - ASUS yang sesuai dengan format kita tadi (nama barang - merek).

Teks yang ingin digabungkan, dimasukkan ke dalam fungsi CONCATENATE(teks). Kalau menggabungkan beberapa teks gunakan tanda ; (titik koma) di antaranya. Dan bila ingin memasukkan string/kalimat, gunakan tanda kutip ("masukkan kata-kata di sini").

 

Baik demikianlah pembahasan kita kali ini tentang cara menyatukan cell di Excel dan juga cara menggabungkan teks beberapa kolom di Excel. Semoga bisa membantu kamu dan terima kasih sudah membaca sampai akhir.

Posting Komentar untuk "Cara Menggabungkan Kolom di Excel (dan Teks Juga)"