Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Rp di Excel (Currency, Accounting, dan Custom Cell)

Halo gaes. Cara membuat Rp di Excel bisa dilakukan dengan 4 cara, yakni currency, accounting, dan custom cell, serta mengklik sebuah ikon. Bebas nanti mau pakai yang mana aja setelah kamu baca dan praktekkan. Tinggal disesuaikan dengan kebutuhan.

Baik. Nanti akan ogut jelaskan satu per satu lengkap dengan gambarnya juga. Tujuannya sudah pasti agar lebih mudah dipahami. Semoga nggak kepanjangan dan kamu nggak bosan untuk baca ya. Kiita mulai dari cara pertama.



Cara Menambahkan Rp di Excel dengan Klik Ikon Uang

Misalnya, kita punya sebuah file Excel berisi data barang dan harga. Ada nama barang, merek, kategori, dan juga harganya. Seperti ini bentuknya. 

Dari data di atas terlihat bahwa kolom HARGA yang memuat harga barang masih angka polosan. Tidak ada titik pemisah dan simbol Rp juga. Kalau dibiarkan begini, sudah pasti bikin pusing saat dibaca.

Jadi, kita wajib banget membuat rupiah di Excel supaya lebih rapi dan enak dibaca. Bagaimana caranya? Ikutin langkah-langkah berikut ya.

Pertama, klik kolom E agar langsung terblok semua ke bawah. Jadi nggak perlu satu-satu per kolom nantinya. Kalau sudah diklik, kolom E akan berubah menjadi gelap.

Kedua, klik dropdown di sebelah kanan ikon Uang yang ada pada tab Home bagian Number. Setelah diklik akan muncul beberapa opsi simbol mata uang.

Lalu klik Rp English (Indonesian) dan semua angka langsung terformat Rp di depannya. Seperti ini hasil akhirnya.

Ohiya, versi Ms.Excel yang ogut pakai adalah versi 2016. Kalau cara ini nggak work (mungkin karena beda versi), mungkin kamu bisa coba lagi cara berikut.

Simak juga: cara menggabungkan kolom di excel


Cara Buat Rp di Excel dengan Currency Cell

Cara membuat nominal rupiah di Excel selanjutnya adalah dengan melakukan format cell menjadi currency. Sebelum diformat apapun atau format bawaan, kolomnya punya format General

Kalau angka di kolom General sudah pasti akan tampil apa adanya. Angkanya tanpa titik atau koma pemisah dan tanpa simbol seperti yang ada pada gambar paling atas. Baik. Jadi begini caranya.

Pertama, sudah pasti kita blok/select dulu cell yang memuat angka. Dalam studi kasus ini, kita masih pakai data yang sama, jadi tetap klik kolom E. Kalau sudah terblok, dilanjutkan dengan klik kanan kolom tersebut lalu klik Format Cells.... Tampilan popup Format Cells akan terbuka.

Selanjutnya, pada tab Number perhatikan bagian Category:. Pindahkan dari General menjadi Currency. Kemudian masukkan decimal places untuk jumlah angka dibelakang koma (opsional). Nah yang terpenting, pilih Symbol yang Rp. Terakhir, klik OK.


Sekarang sudah ada Rp di angkanya. Format cell juga berubah yang tadinya General menjadi Currency. Selain simbol Rp, kamu juga bisa ganti pakai IDR lho di pilihan simbol tadi. Jadi bisa 2 simbol, Rp dan IDR.

Sekarang mari kita coba cara memformat mata uang di Excel lainnya. Caranya mirip-mirip juga. Tetep stay tune dan jangan kemana-mana dulu ya.


Cara Mengubah Mata Uang di Excel dengan Accounting Cell

Baik. Cara selanjutnya adalah dengan melakukan format cell ke Accounting. Langkah pertama sudah pasti blok/select kolom dulu yang memuat angka yang mau kita kasih Rp.

Langkah selanjutnya juga masih sama, yakni klik kanan pada kolom tersebut. Kemudian dilanjutkan dengan mengklik Format Cells.... Lalu muncul dialog Format Cells.

Di sinilah yang sedikit berbeda dengan cara sebelumnya. Di langkah sebelumnya, kita memilih Currency pada tab Number bagian Category:. Sekarang yang kita pilih adalah Accounting. Kemudian klik OK.

Ohiya, kamu juga bisa kasih angka di belakang koma dengan mengisi Decimal places:. Selain itu, kamu juga bisa pakai simbol IDR dengan mengganti Symbol: dari Rp menjadi IDR.

Rupiah berhasil ditambahkan dan format cell berubah menjadi Accounting. Ada sedikit perbedaan tampilan dengan cara Currency. Pada Accounting, simbol Rp rata kiri sementara angkanya rata kanan. Beda dengan Currency yang simbol Rp dan angkanya berdempetan.

Cara Currency Cell sudah, Accounting juga sudah. Masih ada 1 cara lagi yakni dengan cara Custom Cell. Begini caranya.

Simak juga: cara membuat nomor otomatis di excel


Cara Membuat Rp di Excel dengan Custom Cell

Cara terakhir untuk membuat rupiah di Excel adalah dengan Custom Cell. Langkah awal-awalnya mirip seperti cara Currency dan Accounting. Masih inget pasti dong?

Setelah terbuka dialog Format Cell,  pada tab Number bagian Category:, pilih Custom (ada di paling bawah). Kemudian, pada Type: pilih di antara 3 berikut yang ada Rp di depannya. Terakhir, klik OK.

Hasilnya ternyata sama dengan cara Currency Cell. Seperti ini penampakan angkanya.

Baik. Seperti itulah 4 cara membuat Rp di Excel. Kamu bisa pilih mana yang menurutmu lebih enak dan lebih gampang. Secara keseluruhan, caranya mirip-mirip jadi ya bisa lebih mudah diingat.

Jadi, kesimpulannya, langkah untuk mengubah format mata uang menjadi rupiah adalah sebagai berikut:

  1. Blok/select kolom angka yang ingin ditambahkan simbol Rp/IDR (bila lebih dari 1 kolom dan jika hanya 1 kolom bisa langsung ke langkah nomor 2).
  2. Klik kanan pada kolom tersebut lalu klik Format Cells....
  3. Terbuka dialog Format Cell kemudian kamu bisa pilih Currency, Accounting, atau Custom pada tab Number bagian Category:.
  4. Pilih Symbol: Rp atau IDR untuk ditambahkan ke nominal.
  5. Klik OK.

Maka jadilah seperti gambar berikut. Tampak lebih bagus kan dengan format Rp di nominalnya? Selamat! 1 skill Excel sudah kamu kuasai! 

Caranya mudah kan? Semoga bisa membantu kamu ya. Demikian postingan kali ini. Terima kasih sudah membaca postingan ini sampai akhir.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Rp di Excel (Currency, Accounting, dan Custom Cell) "