Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Ranking di Excel (Study Case Peringkat Kelas)

Halo gaes. Cara membuat ranking di Excel bisa menggunakan rumus RANK. Secara fungsi, rumus RANK ini berguna untuk mencari peringkat dari sekelompok nilai yang ada. Selain rumus RANK, ada juga RANK.AVG dan RANK.EQ. Adakah bedanya? Yuk mari kita bahas bersama-sama.



Cara Membuat Peringkat di Excel dengan Fungsi RANK

Dalam sekelompok data nilai hasil ujian sekolah siswa, kita ingin tahu berapakah peringkat masing-masing siswanya dan siapakah yang menjadi peringkat 3 teratas. Untuk membuat ranking di Excel bisa dilakukan dengan cara manual dan otomatis.

Cara manual adalah dengan cara menghitung rata-rata hasil nilainya kemudian kita inputkan satu persatu mana yang tertinggi dan mana yang terendah. Pake cara ini pasti capek banget dan ada kemungkinan salah kasih peringkat (misalnya yang seharusnya peringkat 2 jadi peringkat 1 dan sebaliknya).

Nah cara kedua adalah dengan menggunakan rumus ranking Excel. Seperti apa rumusnya? Begini bentukannya =RANK(angka;sumber data;order) . Hmm.. sebetulnya namanya fungsi sih tapi yasudah rapopo sing penting paham maksudnya.

Misalnya tadi, ada sekelompok data nilai hasil ujian sekolah siswa, kita ingin mencari peringkat kelas dengan rumus peringkat Excel yang bentuk datanya seperti ini.

 

Nah, kita mau isi tuh kolom RANKING KELAS pakai rumus ranking di Excel. Biar cepet kelihatan hasilnya dibanding pake cara manual yang bisa aja salah kasih rankingnya.



Caranya gimana sih? di kolom L3, masukkan rumus =RANK(J3;$J$3:$J$7;0) lalu tekan enter. Begini penjelasan masing-masingnya.

  • J3 (kolom) memuat nilai yang mau kita cari peringkatnya.
  • $J$3:$J$7 adalah sumber data untuk perankingannya. Kenapa pakai simbol dolar juga ($)? Ini gunanya agar saat kita copykan rumusnya ke bawah, sumber datanya tetap (kolomnya tidak ikut bergeser).
  • 0 adalah untuk perankingan dari tinggi ke rendah. Bila diisi 1, maka perankingan dari rendah ke tinggi.

Bagaimana bila angka 0 diganti dengan 1? Maka akan seperti ini hasil rankingnya.

Ohiya, selain pakai sumber data JUMLAH, kita juga bisa ganti pakai RATA-RATA. Hasilnya akan sama aja walau sudah dirata-ratakan.

Sampai sini dapat dimengerti ya? Alhamdulillah. Sekarang kita coba lanjut pakai fungsi RANK.EQ. Kira-kira ada nggak ya bedanya?

Simak juga: cara filter di excel


Cara Mencari Ranking di Excel dengan Fungsi RANK.EQ

Kita masih pakai data yang sama ya biar cepet dan gampang ngeliatnya juga kira-kira ada bedanya atau nggak. Secara bentuk fungsi, kurang lebih sama dengan fungsi RANK. Langsung aja kita coba ya.

Masukkan fungsi =RANK.EQ(J3;$J$3:$J$7;0) ke kolom M3 kemudian tekan enter. Hampir sama persis dengan fungsi RANK. Cuma beda di belakangnya ada .EQ. Hasilnya seperti ini.

Ternyata hasilnya sama. Nggak ada beda sama sekali. Kenapa bisa begitu ya?

Usut punya usut, kenapa hasilnya sama, fungsi RANK.EQ ternyata pengganti fungsi RANK. Fungsi RANK ini juga bisa kita pakai di Excel di bawah 2010. 

Tapi kalau RANK.EQ dan RANK.AVG adalah fungsi pembaruan yang ada di Excel 2010 dan versi ke atasnya. By the way anyway busway, versi Excel yang ogut pake adalah Excel 2016. 

Selanjutnya, kita akan coba fungsi RANK.AVG ya. Kita lihat apakah sama juga hasilnya atau ada perbedaan?

Simak juga: cara membuat garis di excel


Cara Buat Ranking di Excel dengan Fungsi RANK.AVG

Cara ranking di Excel juga kurang lebih hampir sama bentuk fungsinya, seperti ini bentukannya =RANK.AVG(J3;$J$3:$J$7;0) . Kita coba dengan data yang sama ya. 

Masukkan fungsi di atas ke kolom N3 kemudian tekan enter. Maka hasilnya akan seperti gambar berikut. Ada sedikit perbedaan.

Dari data di atas terlihat bahwa ada ranking yang koma-komaan. Ada siswa yang nilainya sama sehingga rankingnya juga sama. Nggak mungkin juga kan ranking itu komaan. Kenapa bisa begitu ya? RANK.AVG akan menampilkan rata-rata ranking sehingga ada koma di sana. 

Tapi kalau diperhatiin secara keseluruhan, mulai dari fungsi RANK, RANK.EQ, dan RANK.AVG, ada yang nilainya sama, maka jadi duplikat ranking. Masa ranking duplikat? Hmm.. mungkin-mungkin aja sih dalam kenyataannya. Misal, ranking 1 nya ada 3 orang. 

Baik. Jadi demikianlah pembahasan kita kali ini tentang cara membuat ranking di Excel. Semoga bisa membantu kamu dan terima kasih sudah membaca sampai akhir.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Ranking di Excel (Study Case Peringkat Kelas)"