Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Nomor Otomatis di Excel (Zig Zag, Rumus, dan Fill)

Halo gaes. Cara membuat nomor otomatis di Excel itu ada beberapa caranya. Bisa cara yang biasa (blok dan tarik) dan bisa juga pakai rumus. Penting banget tau sih membuat penomoran otomatis di Excel karena bisa memudahkan kita membuat nomor urut yang banyak sekalipun.



Cara Membuat Nomor Otomatis di Excel

Membuat nomor urut di Excel bisa dilakukan secara manual. Satu per satu kolom kita masukkan angkanya secara urutan. Kalau begini, pasti udah capek banget di angka 30. Gimana kalau angkanya ratusan bahkan ribuan?

Terus, gimana sih cara membuat nomor urut di Excel yang otomatis? Bagaimana caranya membuat nomor urut secara cepat dan mudah? Baik. Begini caranya. Simak baik-baik ya. Bagus lagi langsung buka Excel terus ikutin.

Pertama, ketik angka 1 pada kolom A1 dan angka 2 pada kolom A2. Seperti ini.

Kedua, blok kolom A1 dan A2 tadi yang sudah kita isi angka 1 dan 2. Kalau sudah diblok, warna kolom akan berubah. Kemudian arahkan kursor mouse ke kanan bawah kolom A2 sampai kursor berubah menjadi "+".

Ketiga, klik kiri untuk menarik blokingan tadi ke bawah sampai pada baris atau nomor yang diinginkan. Seperti ini angka berurutannya.

Gimana? Cara buat nomor urut di Excel yang otomatis mudah kan?

Selain ke bawah, kita juga bisa tarik blokingannya ke samping. Bedanya, tadi angka 1 dan 2 ada pada kolom A1 dan A2, kalau mau ke samping, ganti ke kolom A1 dan B1.

Kalau cara memberi nomor otomatis di Excel pake rumus gimana? Mirip-mirip sih caranya. Masukkin rumus, diblok, terus tarik kolomnya sampai baris/nomor tertentu.

Simak juga: cara filter di excel


Cara Memberi Nomor Otomatis di Excel dengan Rumus

Penomoran di Excel secara otomatis juga bisa dilakukan dengan rumus. Rumusnya adalah =cell+1 atau contohnya =A1+1. Caranya begini.

Pertama, ketik angka 1 di kolom A1. Kedua, ketik rumus tadi (=A1+1) di kolom A2 dan tekan enter.

Selanjutnya, arahkan kursor mouse ke kanan bawah kolom A2 sampai kursor berubah menjadi "+". Kemudian klik kiri lalu tarik ke bawah sampai baris atau nomor tertentu. 

Begitulah cara membuat nomor berurutan di Excel dengan rumus. Bisa nggak ya kalau nomornya zig zag? Bisa juga. Begini caranya.



Cara Membuat Nomor Zig Zag di Excel

Penomoran urut secara otomatis juga bisa dilakukan secara zig zag. Kalau urutan ke bawah, sampel angka yang perlu diinput ke kolom hanya berjumlah 2 (angka 1 dan 2). Sementara untuk urutan zig zag, sampel angkanya berjumlah 4 (angka 1 sampai 4).

Kenapa sampai 4? Karena bila tidak, hasil angkanya nggak urutan. Ada loncat-loncat. Makanya dibuat 4 angka dengan pola; angka 1 di A1, angka 2 di B2, angka 3 di A3, dan angka 4 di B4 seperti gambar berikut.

Selanjutnya, kita blok mulai dari kolom A1 sampai kolom B4. Seperti biasa, kalau diblok pasti berubah warnanya.

Kemudian, arahkan kursor mouse ke kanan bawah kolom B4 sampai kursor berubah menjadi "+". Setelah itu, klik kiri, tahan, dan tarik ke bawah sampai nomor atau baris yang diinginkan.

Dari cara penomoran otomatis di Excel di atas, cukup membantu bila angkanya tidak sampai ratusan. Ada 1 cara lagi yang bisa dibilang lebih cepat walaupun angkanya mencapai ribuan. Gimana tuh caranya? Kasih tau dong!

Simak juga: cara membuat garis di excel


Cara Mengurutkan Nomor di Excel dengan Fitur Fill - Series

Cara memberi nomor di Excel yang otomatis selanjutnya adalah dengan menggunakan fitur Fill - Series. Fitur ini terletak pada tab Home bagian Editing

 

Fitur fill ini memungkinkan kita untuk memasukkan nilai maksimal angka urutannya. Angka-angka selebihnya akan dibuat otomatis oleh Excel. Langsung aja kita coba.

Pertama, kita masukkan angka 1 pada kolom A1. Kemudian klik Fill yang nantinya akan keluar opsi-opsi seperti pada gambar di atas. Selanjutnya pilih Series... dan akan muncul tampilan popup Series.



Fokus kita pada bagian Series in dan Stop value:. Untuk membuat nomor urut secara ke bawah, maka pilih Columns pada Series in. Sementara Rows untuk membuat nomor urut secara menyamping.

Stop value: adalah angka maksimal urutannya. Kita bisa isi sesuai kehendak kita tetapi ingat ada batasan panjang baris dan kolom. Kalau sudah, klik OK. Langsung jebret.. nomor urutannya keluar semua.


Jadi demikianlah teman-teman sekalian postingan tentang cara membuat nomor otomatis di Excel. Ada yang zig zag, ada yang pake rumus, dan ada juga yang pake fitur fill. Silakan sesuaikan aja sama kebutuhannya mana yang bisa paling cepat.

Semoga bisa membantu kamu dan terima kasih sudah membaca sampai akhir.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Nomor Otomatis di Excel (Zig Zag, Rumus, dan Fill)"