Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Garis di Excel (Garis Kolom dan Baris)

Halo gaes. Tutorial Excel kali ini adalah tentang cara membuat garis di Excel. Garis itu ada dua; garis kolom dan garis baris. Kalau disatuin jadi tabel deh.

Eh.. by the way anyway busway, tau Excel kan? Itu panggilan Microsoft Excel. Ngingetin aja siapa tau lupa. Hehe. Terus, gimana caranya membuat garis di Excel gaes? Yuk mari kita bahas bareng-bareng biar asik.



Cara Buat Garis Di Excel

Secara default atau bawaan, Excel itu kan emang sudah kotak-kotak bentuknya kalau kita bikin data di sana. Walaupun tampilannya udah kotak-kotak, tetapi sebenarnya belum ada garisnya. Jadi masih polosan aja tabelnya. Kalau di print preview baru kelihatan aslinya.

Nah gimana cara menambah garis pada excel sheet di atas? Begini caranya.

Pertama-tama, kita bloking/select data dulu yang mau dikasih garis. Caranya bisa pake keyboard (tombol Shift + arah) atau pake mouse (didrag). Sampai warnanya berubah menjadi gelap.

 

Kalau udah, perhatiin jangan sampe blokingannya lepas ya, di tab Home bagian Font ada ikon kayak jendela gitu (ikon Borders). Ini kita klik ikon dropdown yang ada di samping kanannya. Nanti bakal muncul tampilan kayak gini.

Banyak opsi yang kelihatan, nanti ogut jelasin satu-satu. Terus, klik opsi All Borders. Dan.. selesai deh cara membuat garis pembatas di Excel. Simpel kan? cuma butuh beberapa langkah aja kok.


Jadi, ringkasan langkah-langkah untuk membuat garis tabel dalam Ms. Excel adalah sebagai berikut.

  1. Blocking/seleksi data yang mau dikasih garis pembatas.
  2. Ke tab Home bagian Font lalu klik ikon dropdown disamping ikon jendela (ikon Borders).
  3. Terakhir klik All Borders. Selesai.

Simak juga: cara filter di Excel

Cara memberi garis pada Excel sudah. Terus, apa lagi nih yang mau dibahas? Gimana kalo bahas cara menebalkan garis di Excel aja? Karena cara bikin garis di Excel sudah kita kuasai kan dan sudah bisa. Selanjutnya, kita coba tebalin garisnya.

 

Cara Menebalkan Garis di Excel

Dari sampel di atas, kita akan coba tebalkan garis kanan dan garis bawah kolom Nama ya. Kolom Nama ada di B1. 

Pertama-tama, kita klik kanan pada kolom B1 (kolom Nama). Muncul tampilan opsi-opsi. Langsung fokus saja ke Format Cells... kemudian diklik. Nantinya akan muncul popup Format Cell dan posisi tabnya ada di Border.

Selanjutnya, fokus ke bagian Style:, klik pada garis yang paling tebal. Kemudian pindah fokus ke Border. Karena kita mau menebalkan garis kanan dan garis bawah, maka kita klik ikon jendela (ikon Borders) yang garisnya putus-putus kecuali bagian kanan dan bagian bawah.

 

Kalau sudah diklik, terakhir kita klik OK. Jadi begini tampilannya sekarang. Ada garis yang tebal. Selesai deh cara menebalkan garis di Excel.

Berikut ringkasan cara menebalkan garis di Excel.

  1. Klik kanan pada kolom yang garisnya ingin ditebalkan.
  2. Klik Format Cells....
  3. Klik garis yang paling tebal pada bagian Style.
  4. Klik ikon jendela (ikon Borders) yang garis putus-putus kecuali bagian bawah.
  5. Klik ikon jendela (ikon Borders) yang garis putus-putus kecuali bagian kanan.
  6. Klik OK.

Sebenarnya ada cara lagi untuk menebalkan garisnya dan bahkan lebih cepat dari cara di atas. Tetapi, ada minusnya sih. Ketebalan bordernya dan bagian mana yang mau kita tebalin nggak bisa diatur (tebal satu kolom jadinya; atas, kanan, bawah, dan kiri).

Caranya begini. Klik/Select kolom yang ingin kita tebalkan garisnya. Kemudian ke tab Home bagian Font lalu klik ikon dropdown disamping ikon jendela (ikon Borders). Terakhir, klik Thick Outside Borders.

Oke.. next. Karena sudah selesai, kita pindah bahasan lagi. Bahasan selanjutnya adalah:


Cara Membuat Garis Putus-Putus di Excel

Selain bisa membuat garis tebal, Excel juga bisa membuat garis menjadi putus-putus. Kayak hubungan dia. Caranya hampir sama persis dengan cara membuat garis tebal.

Masih pakai kolom yang sama ya yakni kolom B1 (kolom Nama). Klik kanan di kolom tersebut kemudian pilih Format Cells.... Tampilan popup Format Cells tab Border akan muncul.



Selanjutnya, fokus ke bagian Style: karena di sinilah pemilihan jenis garis yang diinginkan. Pilih salah satu garis putus-putus yang kamu mau karena di situ ada beberapa tipe garis putus-putus. 

Kalau sudah, klik Outline pada bagian Presets. Ini fungsinya untuk memilih semua garis yang ada (atas, kanan, kiri, dan bawah). Lebih cepat dibanding kita mengklik sisi satu persatu di bagian Border. Terakhir klik OK

 

Selesai deh. Hasilnya akan seperti ini.

Berikut ringkasan cara membuat garis putus putus di Excel:

  1. Klik kanan pada kolom yang garisnya ingin diputus-putuskan.
  2. Klik Format Cells....
  3. Klik salah satu garis putus-putus pada bagian Style.
  4. Klik Outline pada bagian Presets.
  5. Klik OK.

Selanjutnya, kita akan bahas cara membuat garis bawah di Excel. Sebenarnya sudah sempet kita bahas di atas sih waktu bahas cara membuat tebel garis. Tapi yang ini agak sedikit berbeda. Cekidot.

Simak juga: cara menggabungkan kolom di excel

 

Cara Membuat Garis Bawah di Excel

Pertama kali yang pasti dilakukan setelah dihadapkan dengan data Excel adalah mengklik kolom yang ingin diberi garis bawah. Nanti akan muncul tampilan opsi-opsi.

Selanjutnya, klik Bottom Border pada opsi yang muncul. Selesai sudah. Begitu cara simpelnya. Bottom border berupa garis bawah aja seperti yang terlihat pada kolom Nama di bawah.


Selain Botttom Border, ada juga opsi Bottom Double Border dan Thick Bottom Border untuk membuat garis bawah di Excel. Seperti apa keduanya?

Bottom Double Border, sesuai namanya, berfungsi untuk membuat garis bawah secara double. Jadi ada 2 garis bawah. Kalau Thick Bottom Border gunanya untuk membuat garis bawah namun lebih tebal. Hasilnya sudah kelihatan kok di gambar di atas.

Berikut ringkasan cara membuat garis bawah di Excel.

  1. Klik pada kolom yang ingin diberi garis bawah.
  2. Ke tab Home bagian Font lalu klik ikon dropdown disamping ikon jendela (ikon Borders).
  3. Terakhir klik Bottom Border. Selesai.

Wah.. udah lumayan panjang juga ya. Nggak berasa. Oke kita masuk ke pembahasan terakhir yakni tentang cara membuat garis miring di Excel.

 

Cara Membuat Garis Miring di Excel

Menambahkan garis miring di kolom Excel bisa juga dilakukan. Caranya juga mirip-mirip dengan cara membuat garis tebal tadi. Beda di sebelum langkah akhirnya.

Pertama, klik kanan pada kolom yang ingin diberi garis miring. Seperti biasa, muncul opsi-opsi dilayar kemudian pilih Format Cells.... Muncul tampilan popup Format Cells tab Border.

 

Sampai sini, langsung klik ikon garis miring pada bagian Border. Ada 2 ikon garis miring di sana. Klik yang sesuai dengan kebutuhan. Langkah terakhir, klik OK. Jadi deh.

Berikut ringkasan cara membuat garis diagonal di Excel.

  1. Klik kanan pada kolom yang ingin diberi garis miring.
  2. Klik Format Cells....
  3. Klik salah satu ikon garis miring pada bagian Border.
  4. Klik OK.

Nah begitu cara bikin garis miring di Excel. Gampang tho? Mulai dari atas sampai sini sebenarnya gampang. Cuma kadang sering lupa aja dimana tempatnya.

Ohiya, masih ada beberapa opsi-opsi yang belum dijelasin ya.

  • Top Border berfungsi untuk membuat garis atas kolom.
  • Left Border berfungsi untuk membuat garis sebelah kiri kolom.
  • Right Border berfungsi untuk membuat garis sebelah kanan kolom.
  • No Border berfungsi untuk menghilangkan garis kolom.
  • Outside Border berfungsi untuk membuat garis hanya di sisi luar saja (sekeliling kolom).
  • Thick Outside Border fungsinya sama dengan Outside Border. Bedanya yang ini lebih tebal.
  • Top and Bottom Border berfungsi untuk membuat garis atas dan bawah kolom.
  • Top and Thick Bottom Border berfungsi untuk membuat garis atas ukuran normal dan garis bawah yang lebih tebal.
  • Top and Double Bottom Border berfungsi untuk membuat garis atas ukuran normal dan double garis bawah.

 

Baiklah.. udah panjang sekali postingan ini. Sampai sini dulu ya. Kita udah lumayan bahas banyak banget. Semoga bermanfaat deh buat yang baca. Terima kasih sudah membaca.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Garis di Excel (Garis Kolom dan Baris)"