Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Aplikasi Meeting Online Gratis yang Mudah Digunakan

aplikasi meeting online gratis

Semenjak pandemi Corona, aplikasi meeting online gratis dicari orang hampir di seluruh dunia. Pasalnya, terjadi pergeseran perilaku akibat proses penyebaran virus Corona yang mengharuskan warga dunia menjaga jarak, tidak boleh berkumpul, dan meminimalisir pergerakan di luar rumah. 


Daftar Isi (klik untuk lompat)


Aplikasi meeting online gratis sebagai sebuah solusi di masa pandemi

Salah satu dampaknya pada pekerja kantoran adalah melakukan meeting secara online. Padahal biasanya, meeting dilakukan di sebuah ruangan tertutup, saling berdiskusi tatap muka, dan yang paling diharap-harapkan adalah snack dan makanannya. Kini, setiap individu melakukan meeting online dari rumahnya masing-masing.

Hal tersebut merupakan salah satu bentuk adaptasi kita terhadap perubahan yang terjadi secara global. Kita tetap harus bergerak demi menyongsong kehidupan di masa mendatang yang lebih baik.

Lantas, apa saja aplikasi meeting online yang tidak dikenakan biaya dan mudah dalam penggunaannya? Simak penjelasannya berikut ini.


Skype

 

Nama Skype pastinya sudah tidak asing lagi di telinga. Skype merupakan platform video conference yang dibuat oleh Microsoft. Sebelum masa pandemi, Skype sudah digunakan oleh banyak orang. Terlebih di masa sekarang, kantor mengharuskan karyawannya WFH (Work From Home) sehingga Skype menjadi salah satu yang menjadi pilihan untuk meeting online.

Skype dapat melakukan meeting online hingga jumlah pesertanya mencapai 50 orang. Skype juga tidak mengharuskan pesertanya untuk membuat akun terlebih dahulu sehingga dapat langsung ikut meeting online asalkan memiliki linknya.

Selain itu, tidak perlu menginstall Skypenya juga di komputer ataupun smartphone. Link meeting Skype dapat dibuka di browser Google Chrome dan Microsoft Edge. Ini tentunya sangat praktis karena menghilangkan proses install yang cukup memakan waktu dan terlebih bila dalam kondisi buru-buru.

Memulai meeting online di Skype juga cukup mudah. Hanya dengan mengetikkan nama meeting dan mengklik tombol "Buat rapat gratis" pada link https://www.skype.com/id/free-conference-call/, link meeting online sudah siap untuk dibagikan kepada rekan kerja. Kemudian, klik tombol "Mulai panggilan" untuk memulai meeting onlinenya.

Selain video conference, Skype juga dapat melakukan live chat selama meeting online tengah berlangsung. Kemudian, fitur share screen juga dapat memudahkan proses presentasi materi maupun laporan.


Jitsi Meet

 

Nama Jitsi Meet baru terdengar belakangan di masa pandemi. Sebab, pandemi mengubah kebiasaan WFO (Work From Office) ke WFH (Work From Home) dimana meeting online menjadi kebiasaan baru yang tidak dapat dtinggalkan. 

Jits Meet mampu menampung sebanyak 50 peserta dalam sekali meeting dan tentu saja tidak dikenakan biaya apapun. Jitsi Meet juga tidak memerlukan akun untuk bisa membuat ataupun ikut serta dalam meeting. Asal memiliki linknya, sudah bisa ikut serta dalam meeting online.

Jitsi Meet tersedia di smartphone Android dan iPhone. Namun, link meeting online juga dapat dibuka melalui web browser sehingga menjadi lebih praktis karena tidak perlu menginstall aplikasinya.

Untuk memulai meeting online di Jitsi Meet, cukup dengan mengetikkan nama meetingnya pada link https://meet.jit.si/ kemudian mengklik tombol "Start meeting". Selanjutnya, link meeting online di Jitsi Meet sudah siap untuk dibagikan.

Selain fitur utama video conference, Jitsi Meet juga mampu melakukan live chat dan share screen selama meeting online berjalan.


Zoom Meeting

 

Aplikasi meeting online gratis selanjutnya adalah Zoom Meeting. Aplikasi ini mendadak sangat populer di seluruh dunia saat masa pandemi Corona. 

Bagaimana tidak, Zoom Meeting dapat menampung peserta meeting online sebanyak 100 orang dalam sekali meeting. Tak dapat dipungkiri, besarnya kapasitas tersebut menjadi faktor penting dalam meeting online selain kemudahan dalam penggunaannya.

Namun, meskipun dapat menampung hingga 100 orang dalam sekali meeting, Zoom Meeting versi gratis hanya menyediakan waktu 40 menit saja per meeting. Untuk bisa menggunakan lebih lama perlu membayar biaya langganan terlebih dahulu.

Zoom Meeting tersedia di berbagai platform baik komputer maupun smartphone. Untuk bisa membuat ataupun mengikuti meeting online diperlukan sebuah akun dan bila belum memilikinya maka diharuskan untuk registrasi terlebih dahulu.

Tidak seperti Skype dan Jitsi Meet yang link meetingnya dapat dibuka melalui web browser, link Zoom hanya dapat dibuka melalui aplikasinya. Walaupun demikian, Zoom juga termasuk yang sangat mudah digunakan. Fitur live chat dan share screen juga tersedia untuk para penggunanya. 

Simak juga: cara menggunakan aplikasi Zoom Cloud Meeting


Google Meet

 

Sang raksasa teknologi, Google, juga turut membuat aplikasi meeting online gratis bernama Google Meet. Selain Zoom Meeting, Google Meet juga merupakan aplikasi meeting online yang paling favorit. 

Penggunaannya yang mudah dan tampilannya yang simpel namun informatif menjadi salah dua alasan orang-orang menggunakan Google Meet. Fitur live chat dan share screen juga tersedia untuk para peserta meeting online.

Untuk bisa menggunakan Google Meet secara gratis tentu saja yang paling diperlukan adalah akun Google. Namun sepertinya di saat sekarang ini, orang-orang sudah pasti memilikinya untuk menggunakan Gmail.

Memulai meeting di Google Meet cukup dengan mengakses link https://meet.google.com/ kemudian mengklik tombol "New meeting" yang dilanjutkan dengan mengklik "Start an Instant Meeting". Selanjutnya, link meeting sudah tersedia untuk dibagikan.


Cisco Webex

 

Cisco yang diketahui umum adalah perusahaan hardware jaringan seperti router dan switch. Siapa sangka, Cisco juga mengeluarkan produk video conference yang diberi nama Cisco Webex.

Cisco Webex mampu menampung peserta sebanyak 100 orang per pertemuan. Fitur live chat dan share screen juga tersedia untuk para penggunanya. Namun, untuk versi gratisnya, waktunya dibatasi maksimal 50 menit per meeting.

Untuk bisa memulai meeting online di Cisco Webex, peserta diharuskan membuat akun terlebih dahulu. Cisco Webex tersedia dalam dua platform yakni aplikasi desktop dan web.

Itu dia 5 aplikasi meeting online yang dapat digunakan secara gratis dan tentunya mudah digunakan. Ada yang tanpa perlu membuat akun, ada juga yang diharuskan. Tak dipungkiri, pandemi Corona makin menuntut untuk kreatif dalam mencari jalan alternatif dalam berbagai hal dan salah satunya adalah meeting.

Posting Komentar untuk "5 Aplikasi Meeting Online Gratis yang Mudah Digunakan"