Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sinopsis dan Review Film Sabar Ini Ujian (2020) – Time Loop Di Hari Pernikahan Mantan

Kalau mendengar 'hari pernikahan mantan' rasanya kebayang sedih pasti ya. Apalagi kalau belum bisa move on. Berat gitu. Terlebih bila kita diundang juga. Lalu menghadiri pernikahan seseorang yang dulu pernah menjadi sangat special dalam hidup. Berat banget.



Tentang Sabar Ini Ujian

Sabar Ini Ujian adalah sebuah film yang berkisah tentang Sabar yang mengalami pengulangan waktu di hari pernikahan mantannya. Ini adalah sebuah film berkonsep time-loop atau pengulangan waktu dan pertama kalinya ada di perfilman Indonesia. Sungguh sangat menarik untuk ditonton. 

film sabar ini ujian
credit to kincir.com

Karena konsep time-loop ini kebayang sih betapa rumitnya proses produksinya. Para kru dan pemain harus dihadapkan pada tempat dan kondisi yang sama berulang-ulang. Belum lagi, emosi juga tetap harus terjaga.

Film ini disutradarai oleh Anggy Umbara dan diproduseri Manoj Punjabi dengan MD Pictures bersama Umbara Brothers Film sebagai rumah produksinya. Film ini dirilis pada 5 September 2020 di Disney+ Hotstart. Durasi filmnya termasuk cukup lama yakni 126 menit atau 2 jam lebih.


Sinopsis Sabar Ini Ujian

Setelah empat tahun berlalu ia gagal menikah dengan Astrid dan belum bisa move on, kini ia harus menghadiri acara pernikahan mantannya itu bersama lelaki lain yang tak bukan adalah temannya semasa SMA dulu. 

Sabar dan Astrid sudah berpacaran sejak SMA. Kebersamaan ini berlanjut hingga akhirnya mereka memutuskan untuk menikah. Sayangnya, pernikahan mereka gagal. Sabar trauma dengan masa lalunya soal membangun keluarga. Ia memilih untuk merusak pernikahannya itu. Astrid sangat kecewa.

Menerima undangan pernikahan Astrid saja Sabar galau dan memutuskan untuk tidak datang. Billy, sahabat sedari kecil Sabar, memaksanya untuk hadir. Ia pun luluh dan akhirnya datang. Acara pernikahan Astrid dengan Dimas berjalan lancar.

Selepas acara, Sabar pulang dan tidur. Malangnya, Nasib buruk menimpanya. Ia terbangun di hari yang sama, pada hari pernikahan Astrid. Ia tidak percaya dan mengira itu adalah ulah prank temannya. Ia pun kembali pulang dan tidur.

Sialnya, Sabar masih terbangun di hari yang sama. Ia sangat kebingungan, stress,  dan tidak tahu apa yang sebenarnya terjadi. Kejadian itu ia alami berkali-kali.

Semua kemungkinan sudah coba Sabar lakukan. Dari merusak acara pernikahan sampai berusaha mengikhlaskan. Namun, waktu tetap berulang pada hari yang sama.

 

Pemain Sabar Ini Ujian

  • Vino G. Bastian sebagai Sabar
  • Luna Maya sebagai Tiffany
  • Omesh sebagai Billy
  • Estelle Linden sebagai Astrid
  • Anya Geraldine sebagai Sherly
  • Rigen Rakelna sebagai Yoga
  • Ananta Rispo sebagai Aldi
  • Mike Ethan sebagai Dimas
  • Dwi Sasono sebagai Fido
  • Widyawati sebagai Ibu Sabar
  • Adi Kurdi sebagai Bapak Sabar
  • Masayu Anastasia sebagai Ratna
  • Arief Brata sebagai Ilham
  • Arief Didu sebagai penghulu
  • Susilo Badar sebagai tunawisma
  • Ence Bagus sebagai Office Boy
  • David Nurbianto sebagai pegawai minimarket
  • Neneng Wulandari sebagai neneng/pelayan café
  • Anggy Umbara sebagai Jefri/pacar Sherly


Trailer Sabar Ini Ujian


Review Sabar Ini Ujian

Awas.. spoiler alert lho ini buat kamu yang belum nonton. Tapi kalau belum nonton dan kamu nggak masalah dengan spoiler, yasudah.. monggo monggo saja.

Dari segi cerita, secara keseluruhan, nggak ketebak akhirnya. Plot twist ujungnya. Nggak mengira bakal ke sana. Jadi cukup kaget juga. Di awal sampai hampir akhir kita akan disuguhkan drama pernikahan dan komedi yang cukup kuat. Dan diakhir-akhir suasana film berubah menjadi sedu dan sedih meskipun memang happy ending akhirnya.

Proses membangun cerita saat Sabar mengalami time-loop di hari pernikahan mantannya, Astrid, juga cukup menyenangkan dan menikmati dan juga tidak membuat pusing. Nggak terasa adanya kekosongan atau ketidaknyambungan. 

Unsur komedi yang dimasukkan saat proses itu semakin membuat menyenangkan. Terlebih, komedi utama diperankan dua komika yang cukup vokal yakni Rigen dan Rispo.

Chemistry antara Rigen dan Rispo juga cocok. Yoga (yang diperankan Rigen) dengan karakter gemulai bersuara keras dan nyolot sangat pas dipasangkan dengan karakter Aldi (yang diperankan Rispo) yang terlihat planga-plongo. Saat Aldi mulai mengatakan sesuatu yang aneh dengan ekspresi lugunya, disitulah langsung disauti oleh Yoga untuk membenarkan. Dialognya masuk dan keluar komedinya.

Selain Yoga dan Aldi, Ada juga Fido (yang diperankan Dwi Sasono) yang perannya agak nyeleneh. Sepanjang film, hanya duduk di kursi pantai di kosannya. 

Cuma memakai celana boxer, tidak pakai baju. Pakai kacamata hitam dan terlihat seperti memandang sesuatu dan ternyata di akhir film diperlihatkan sedang memandang akuarium berisi ikan-ikan. Sepertinya memang sudah langganan ya Dwi Sasono tampil dengan gaya karakter demikian.

Dari segi pemain, banyak pemain kenamaan berperan di film ini. Ada Vino G. Bastian sebagai bintang film, Luna Maya yang ternyata jadi kunci di film ini, Widyawati sebagai ibunya Sabar, Adi Kurdi sebagai ayahnya Sabar, Estelle Linden sebagai mantannya Sabar, Dwi Sasono, Omesh, Anya Geraldine, Rigen, Rispo, dan Arief Didu. Dan bahkan, sutradaranya sendiri, Anggy Umbara, turut ikut main juga sebagai pacar Sherly (diperankan oleh Anya Geraldine).

Saat time-loop terjadi, Sabar yang berusaha mencari jalan keluar, mulai dari merusak pernikahan tersebut karena ia yakin bahwa dirinyalah jodoh Astrid yang sesungguhnya, sampai benar-benar mengikhlaskan Astrid, ternyata masalah belum selesai.

Time-loop di hari pernikahan Astrid masih terjadi. Ternyata masalah Sabar yang sesungguhnya bukan itu. Ia menemukan kemudian menghadapi masalah tersebut hingga akhirnya berujung pada kebahagiaan sesungguhnya.

 

Referensi

https://www.kincir.com/movie/cinema/review-sabar-ini-ujian-2020-download
https://www.idntimes.com/hype/entertainment/stella/tayang-5-september-2020-ini-5-fakta-film-sabar-ini-ujian/5
https://www.jawapos.com/entertainment/music-movie/13/09/2020/film-sabar-ini-ujian-tertulis-di-hati-tapi-tidak-di-buku-nikah/
https://www.indozone.id/movie/XxsE3vo/sinopsis-sabar-ini-ujian-2020-terbangun-di-hari-yang-sama-di-hari-pernikahan-mantan/read-all
https://tirto.id/sinopsis-sabar-ini-ujian-hari-berulang-bagi-vino-g-bastian-f4Bh
https://www.imdb.com/title/tt11799790/
https://id.wikipedia.org/wiki/Sabar_Ini_Ujian

Posting Komentar untuk "Sinopsis dan Review Film Sabar Ini Ujian (2020) – Time Loop Di Hari Pernikahan Mantan"