Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Bahasa, Fungsi Bahasa, dan Tujuan Kemahiran Berbahasa

pengertian bahasa


Halo gaes. Pembahasan kita kali ini adalah tentang pengertian bahasa. Selain pengertiannya akan dibahas juga fungsinya dan tujuan kemahiran berbahasa. 


Pengertian Bahasa

Pengertian bahasa merupakan suatu sistem komunikasi yang mempergunakan simbol-simbol vokal (bunyi ujaran) yang bersifat arbiter, yang dapat diperkuat dengan gerak-gerik badaniah yang nyata.
 
Menurut KBBI Daring, bahasa memiliki tiga definisi. Pertama, bahasa adalah sistem lambang bunyi yang arbitrer, yang digunakan oleh anggota suatu masyarakat untuk bekerja sama, berinteraksi, dan mengidentifikasikan diri.

Kedua, bahasa adalah percakapan (perkataan) yang baik atau tingkah laku yang baik atau sopan santun. Ketiga, bahasa adalah sistem kata atau simbol yang memungkinkan untuk berkomunikasi dengan komputer, terutama untuk memasukkan instruksi-instruksi komputer melalui kata-kata yang mudah dipahami, dan kemudian diterjemahkan ke dalam kode mesin. 

Kalau menurut Wikipedia, bahasa adalah kemampuan yang dimiliki manusia untuk berkomunikasi dengan manusia lainnya menggunakan tanda, misalnya kata dan gerakan.

 

Pengertian Bahasa Menurut Para Ahli

Berikut beberapa pengertian bahasa menurut para ahli yang dirujuk dari kompas.com dan mypurohith.com.

Bahasa adalah pernyataan pikiran seseorang dengan perantara onomata (nama benda) dan rhemata (ucapan) yang merupakan cermin dari ide seseorang dalam arus udara lewat mulut (Plato).
 
Bahasa merupakan ciri pembeda yang paling menonjol karena dengan bahasa setiap kelompok sosial merasa dirinya sebagai kesatuan yang berbeda dari kelompok lain (Ferdinand De Saussure).

Bahasa adalah suatu sistem pengembangan psikologi individu dalam sebuah konteks inter-subyektif (Bill Adams).

Bahasa adalah suatu sistem simbol bunyi yang bermakna dan berartikulasi yang bersifat arbiter dan konvensional (Wahyu Wibowo, 2001).

Bahasa merupakan suatu sistem yang sistematis, dan mungkin juga generatif. Bahasa juga diartikan sebagai lambang-lambang mana suka atau simbol arbiter (Tarigan).

Bahasa adalah alat komunikasi antara satu anggota masyarakat dengan menggunakan simbol bunyi yang dihasilkan dari alat ucap manusia (Gorys Keraf).

Bahasa merupakan sebuah struktur budaya yang mternyata memiliki kedudukan, fungsi, serta peran ganda. Bahasa menjadi akar serta produk dari sebuah budaya yang juga memiliki fungsi sebagai sarana berfikir, pendukung, pertumbuhan, dan juga perkembangan dari ilmu pengetahuan serta teknologi (Sunaryo).

Bahasa adalah sebuah tanda yang jelas dari sebuah kepribadian baik ataupun buruk sebagai tanda dari keluarga dan dari kemanusiaan (Syamsudin). 
 
Simak juga: pengertian membaca

Keterampilan Berbahasa

Kita dituntut untuk mampu berpikir kritis dan dapat berkomunikasi efektif di era saat ini dimana ilmu dan teknologi informasi berkembang pesat. Oleh karena itu, wawasan, pengetahuan, dan keterampilan berbahasa sangat diperlukan.
 
Keterampilan berbahasa terbagi menjadi tiga, yakni bahasa ibu, bahasa Indonesia, dan bahasa asing. Masing-masing memiliki fungsinya tersendiri.

Bahasa ibu berfungsi untuk membangun kepribadian. Bahasa Indonesia berfungsi untuk menguasai ilmu, teknologi, dan seni serta mengukuhkan rasa nasionalisme. Bahasa asing berfungsi untuk pergaulan dan akses dunia internasional.
 
Tujuan keterampilan berbahasa adalah agar bahasa yang dipergunakan dapat mencapai fungsinya dengan baik dan tepat.

Fungsi Bahasa

Ada empat fungsi bahasa, yakni untuk menyatakan ekspresi diri, sebagai alat komunikasi, sebagai alat untuk mengadakan integrasi dan adaptasi sosial, dan sebagai alat untuk mengadakan kontrol sosial. Berikut masing-masing penjelasannya.

Untuk menyatakan ekspresi diri

Sebagai alat untuk menyatakan ekspresi diri, bahasa menyatakan secara terbuka segala sesuatu yang tersirat di dalam dada kita, sekurang-kurangnya untuk memaklumkan keberadaan kita.

Alat komunikasi

Dengan komunikasi kita dapat menyampaikan semua yang kita rasakan, pikirkan, dan kita ketahui kepada orang-orang lain.

Dengan komunikasi pula kita mempelajari dan mewarisi semua yang pernah dicapai oleh nenek-moyang kita, serta apa yang dicapai oleh orang-orang yang sejaman dengan kita.

Alat untuk mengadakan integrasi dan adaptasi sosial

Melalui bahasa, seorang anggota masyarakat perlahan-lahan belajar mengenal segala adat istiadat, tingkah laku, dan tata krama masyarakatnya. Ia mencoba menyesuaikan dirinya (adaptasi) dengan semuanya melalui bahasa.

Alat untuk mengadakan kontrol sosial

Yang dimaksud dengan kontrol sosial adalah usaha untuk mempengaruhi tingkah laku dan tindak tanduk orang-orang lain. Semua kegiatan sosial akan berjalan dengan baik karena dapat diatur dengan mempergunakan bahasa.

Simak juga: pengertian menulis

Tujuan Kemahiran Berbahasa

Definisi kemahiran berbahasa adalah tingkat kemampuan seseorang dalam menggunakan bahasanya baik secara lisan maupun tulisan.
 
Berdasarkan fungsi-fungsi berbahasa, terutama fungsi sebagai alat komunikasi dan merupakan cara untuk memberikan dasar-dasar memperoleh kemahiran berbahasa, baik dalam penggunaan bahasa secara lisan maupun tertulis.

Latihan kemampuan atau kemahiran berbahasa untuk mengembangkan potensi-potensi pribadi. Dengan latihan yang intensif, kita akan memperoleh keahlian dalam berbahasa.

Dengan bahasa, kita dapat mengembangkan kepribadian dan nilai-nilai sosial kepada tingkat yang lebih tinggi dari apa yang biasa dipakai oleh masyarakat umum.

Posting Komentar untuk "Pengertian Bahasa, Fungsi Bahasa, dan Tujuan Kemahiran Berbahasa"