--> Skip to main content

Pengertian Manajer, Manajerial, dan Manajemen dan Tugasnya

Kalau kamu sedang mencari manajerial adalah, apa itu manajerial, pengertian manajerial, apa yang dimaksud dengan manajerial, arti manajerial, manajerial artinya, ataupun perbedaan manajer dan manajemen di Google, maka kamu sudah berada di tempat yang tepat.

Bahasan kali ini adalah soal manajer dan tugasnya, manajerial, dan manajemen. Secara kata, hampir sama kan? Tapi ternyata, kesemuanya itu punya maknanya masing-masing. Simak terus hingga akhir. Dimulai dari manajer.

Manajer, Manajerial, dan Manajemen adalah..

Manajer adalah..

Manajer adalah seseorang yang mengarahkan orang lain dan bertanggung jawab atas pekerjaan tersebut. Pemimpin adalah mereka yang menggunakan wewenang formal untuk mengorganisasi, mengarahkan dan mengontrol para bawahan yang bertanggungjawab, supaya semua bagian pekerjaan dikoordinasi untuk mencapai tujuan perusahaan (Robert Tanembaum).

Tugas-tugas manajer:
  • Managerial cycle atau siklus pengambilan keputusan, membuat rencana, menyusun organisasi, pengarahan organisasi, pengendalian, penilaian dan pelaporan
  • Memotivasi
  • Manajer harus dapat memenuhi semua kebutuhan para bawahanya
  • Manajer harus dapat menciptakan kondisi yg membantu bawahanya mendapatkan kepuasaanya dalam pekerjanya
  • Manajer harus berusaha agar para bawahan bersedia memikul tanggung jawab
  • Manajer harus membina bawahanya agar dapat bekerja secara efektif dan efisien
  • Manajer harus membenahi fungsi2 fundamental (Fundamental adalah mendasar, membahas hal yang sangat substansi, bersifat sangat prinsip)
  • Manajer harus mewaakili dan membina hubungan yang harmonis dengan pihak luar



Manajerial adalah..

Manajerial adalah perpaduan seni dan ilmu, sebuah ilmu dalam mengatur segala sesuatunya dengan benar. Pelaku ilmu ini disebut dengan manajer. Seorang manajer haruslah menguasai ilmu manajerial dengan baik.

Pada dasarnya, semua orang adalah seorang manajer, setidaknya manager bagi diri pribadi, atau Anda saat ini bekerja sebagai seorang manajer dimana Anda bertanggung jawab terhadap sekelompok orang yang mungkin tidak Anda pilih, tidak Anda sukai, tidak memiliki kesamaan, dan mungkin tidak begitu menyukai Anda. 

Lantas bagaimana cara sukses manajerial? Kuncinya adalah mengetahui aturan-aturan apa saja yang pasti menuntun saya, Anda, dan kita semua dalam meraih kesuksesan hidup. Aturan-aturan ini mencakup bagaimana Anda berhubungan dengan orang dan bagaimana Anda melakukan sendiri.

Definisi manajer menurut Havard Business School adalah orang yang “mendapatkan hasil melalui orang lain”. Lain lagi menurut konsultan Peter Drucker, manajer adalah orang yang bertanggung jawab untuk merencanakan, melaksanakan dan mengawasi. 

Sedangkan Australian Institute of Management, mendefinisikan sebagai orang yang “merencanakan, memimpin, mengordinasi, mendelegasikan, mengontrol, mengevaluasi, dan menganggarkan dalam rangka mencapai hasil”.

Apapun definisinya, semua merujuk pada satu pengertian yaitu mengolah kepemimpinan. Templar dalam bukunya membagi menjadi dua bab aturan penting yaitu aturan managerial pengelolaan tim dan aturan manajerial diri pribadi.

Baca juga: cara screenshoot layar di laptop



Manajemen adalah..

Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya-sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan (James A.F Stoner, Management, Prentice/ Hall International, Inc., Englewood Cliffs, New York, 1982, halaman 8). 

Kata Manajemen berasal dari bahasa Prancis kuno "ménagement", yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Manajemen belum memiliki definisi yang mapan dan diterima secara universal. 

Mary Parker Follet, misalnya, mendefinisikan manajemen sebagai seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Definisi ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi.

Sementara itu, Ricky W. Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efesien.

Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal; dalam berbagai bidang seperti industri, pendidikan, kesehatan, bisnis, finansial dan sebagainya. Dengan kata lain efektif menyangkut tujuan dan efisien menyangkut cara dan lamanya suatu proses mencapai tujuan tersebut.


Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia

MSDM adalah ilmu dan seni mengatur hubungan dan peranan tenaga kerja agar efektif dan efisien membantu terwujudnya tujuan perusahaan, karyawan dan masyarakat.

MSDM sering disamakan dengan Manajemen Personalia, yakni perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian dari pengadaan, pengembangan, kompensasi, pengintegrasian, pemeliharaan, dan pemberhentian karyawan, dengan maksud terwujudnya tujuan perusahaan, individu, karyawan dan masyarakat.

Persamaan MSDM dengan manajemen personalia jelas keduanya merupakan ilmu yang mengatur manusia dalam suatu organisasi, agar mendukung terwujudnya atau tercapainya tujuan.

Perbedaan MSDM dan manajemen personalia yaitu MSDM dikaji secara makro,manajemen personalia dikaji secara mikro.

Baca juga: pengertian usaha kecil menengah

MSDM menganggap karyawan merupakan kekayaan (asset) utama organisasi yang harus dipelihara dengan baik, manajemen personalia menganggap karyawan merupakan faktor produksi yang harus dimanfaatkan secara produktif.

MSDM pendekatannya secara modern, Manajemen personalia pendekatannya secara klasik. Fokus kajian MSDM adalah masalah tenaga kerja manusia yang diatur menurut urutan fungsi-fungsinya, agar efektif dan efisien dalam mewujudkan tujuan perusahaan, karyawan dan masyarakat.

Karyawan adalah perencana, pelaku dan selalu berperan aktif dalam aktivitas perusahaan/bisnis. 

Kesimpulannya

Itulah dia pengertian manajer (dan tugasnya), manajerial, dan manajemen. Setiapnya punya makna masing-masing. Semoga menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sedang kamu cari.

Manajer adalah yang mengarahkan dan bertanggung jawab atas orang lain. Manajerial adalah ilmu mengatur segala sesuatunya dengan benar. Sementara manajemen, adalah suatu proses pengaturan atau pengarahan demi tercapainya suatu tujuan.
Newest Post
Comment Policy: Silakan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar