Pengertian Flowchart dan Simbolnya serta Terminologi Pemrograman

Pengertian flowchart dapat diartikan sebagai gambaran dalam bentuk simbol tertentu dari suatu bisnis proses sebuah sistem. Menurut materi yang AneIqbal dapat dari kampus, ada dua definisi flowchart. Definisi kamus dan definisi teknis.


Pengertian Flowchart

Menurut definisi kamus, flowchart adalah sebuah representasi skematis dari urutan operasi, seperti dalam proses manufaktur atau program komputer. Definisi teknisnya yaitu sebuah representasi grafis dari urutan operasi dalam suatu sistem informasi atau program.

pengertian flowchart

Flowchart sistem informasi menunjukkan bagaimana data mengalir dari dokumen sumber melalui komputer untuk distribusi akhir kepada pengguna. Flowchart program menunjukkan urutan instruksi dalam satu program atau subrutine.

Jadi dengan adanya flowchart, kita dapat mengetahui urutan proses suatu sistem operasi secara jelas. Dari flowchart ini juga sebagai dasar kita untuk membuat program.


Simbol-Simbol Flowchart

Simbol yang diterapkan dalam flowchart jumlahnya banyak. Namun yang kita bahas disini hanya empat saja. Dengan susunan ke empat simbol ini kita sudah bisa membuat satu flowchart urutan sistem operasi. Ke empat simbol tersebut, yaitu terminator, process, decision, dan input/output.


terminator flowchart
Simbol terminator adalah simbol yang mengartikan awalan atau akhiran suatu program. Saat memulai menggambarkan flowchart suatu sistem operasi, simbol inilah yang pertama kali digambar. Simbol ini juga menjadi penutup urutan suatu sistem operasi pada flowchart.

process flowchart
Simbol process menggambarkan proses-proses yang ada dalam sistem operasi. Seperti proses aritmatika misalnya.

decision flowchart
Simbol decision menggambarkan percabangan dari akibat suatu kondisi dalam sistem operasi. Kondisi tersebut menghasilkan dua percabangan, yaitu kondisi YA dan kondisi TIDAK. Masing-masing akan mengarahkan ke urutan selanjutnya.

input/output flowchart
Simbol input/ouput ini menggambarkan input yang ada dalam sistem operasi jika posisinya di awal flowchart. Jika posisinya di akhir flowchart, ia menggambarkan output dari sistem operasi.


Dengan ke empat simbol tersebut kita sudah bisa membuat flowchart sederhana. Dimulai dari input, lalu process kemudian decision dan terakhir outputnya. Itulah dia apa yang dimaksud flowchart pemrograman, simbol terminator, dan simbol lainnya.

Lihat juga pembahasan contoh switch case php dan cara menggunakan var_dump ini jika Anda tertarik ingin mencoba bahasa pemrograman PHP.


Terminologi Pemrograman

Terminologi pemrograman berarti peristilahan yang ada pada pemrograman. Di pemrograman ada istilah algoritma, program, bahasa pemrograman, kode sumber, programmer, dan software.

  • Algoritma, yaitu urutan langkah logis pengambilan keputusan untuk memecahkan masalah secara sistematis.
  • Program, yaitu kumpulan instruksi tertulis untuk melakukan tugas tertentu dengan menggunakan komputer.
  • Bahasa pemrograman, yaitu bahasa atau instruksi yang digunakan untuk menulis suatu program.
  • Kode sumber, yaitu kumpulan instruksi program pada komputer yang ditulis dengan menggunakan bahasa pemrograman.
  • Programmer, yaitu orang yang menulis program dengan menggunakan bahasa pemrograman, dan terakhir.
  • Software, yaitu perangkat lunak yang terdiri dari program-program didalamnya.

Logika Pemecahan Masalah

Dalam memecahkan suatu masalah, secara umum ada empat tahap yang harus dilakukan. Mulai dari mengenal masalah, analisis masalah, desain atau perancangan algoritma, dan terakhir yaitu implementasi, dalam hal pemrograman berarti coding.

Mengenal masalah berarti mencari tau apa yang menjadi masalah. Misal, diketahui jarak dari kota A ke kota I adalah 100 km.

Dari kota A ke kota I dapat ditempuh dengan waktu 4 jam dengan sepeda motor. Permasalahannya adalah berapa kecepatan sepeda motor tersebut sehingga dapat ditempuh dengan waktu sekian. Setelah kita mengenal permasalahannya, kita dapat melanjutkan ke tahap berikutnya yaitu analisis masalah.

Silakan lihat juga panduan membuat program bilangan prima python dan contoh program python dengan input jika Anda tertarik mempelajari bahasa pemrograman python.

Analisis masalah berarti mengidentifikasi poin-poin apa saja yang terdapat pada masalah tersebut. Dari masalah di atas, kita dapat menarik tiga poin.

Poin pertama, jarak dari kota A ke kota I diketahui 100 km. Poin kedua, dari kota A ke kota I dapat ditempuh dengan waktu 4 jam. Poin ketiga, bagaimana mencari kecepatan dengan diketahui jarak dan waktu tempuhnya.

Analisis masalah selesai, berarti selanjutnya adalah desain atau perancangan algoritma. Desain atau perancangan algoritma berarti menyusun langkah-langkah untuk menyelesaikan masalah secara sistematis.

Algoritma memerlukan input agar dapat menghasilkan output. Secara singkat, skemanya adalah input - proses/algoritma - output.

Dari analisis masalah diatas, kita sudah dapat mengetahui apa yang menjadi input dan outputnya. Inputnya yaitu jarak dan waktu sedangkan outputnya yaitu kecepatan.

Kita permisalkan jarak dengan J, waktu dengan W, dan kecepatan dengan K. Mencari kecepatan rumusnya adalah jarak dibagi waktu. Sehingga algoritmanya adalah seperti berikut:

1. Jarak (J) = 100 km
2. Waktu (W) = 4 jam
3. Kecepatan (K) = Jarak (J)/Waktu (W) = 100 km/4 jam

Tahap terakhir, implementasi atau coding dari algoritma yang sudah dirancang. Pada tahap ini, bentuk dan isi coding akan berbeda tergantung bahasa pemrograman yang dipakai. Tetapi, output yang dihasilkan akan sama karena mengacu pada algoritma yang sudah dirancang. Jadi masalah terpecahkan.