--> Skip to main content

Cara Merestart Laptop Lenovo, Asus, Acer, Apapun Selama Windows

Cara merestart laptop baik itu laptop merek Lenovo, Asus, Acer, HP, Toshiba, maupun merek lainnya, selama sistem operasinya Windows, caranya pasti sama. Semua tergantung dari sistem operasi yang dipakai.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk merestart komputer atau laptop. Bisa cara klik-klik menu, bisa cara kombinasi tombol, dan bisa cara tekan tombol power. Cara terakhir tidak boleh sembarang dilakukan. Kenapa? Simak terus postingan ini.

cara merestart laptop

Cara merestart laptop di Windows 10

Cukup mudah dan hanya butuh beberapa langkah saja. Berikut langkah-langkahnya:
  1. Klik icon Windows di pojok kiri bawah atau bisa juga dengan menekan tombol Windows di keyboard. Setelah diklik, muncul tampilan menu-menu.
  2. Klik icon Power (posisinya tepat berada di atas icon Windows). Setelah diklik, muncul beberapa opsi terkait sumber daya laptop.
  3. Klik Restart dan kemudian laptop atau komputer akan melakukan proses restart
Ternyata, ada cara yang lebih cepat lagi untuk merestart laptop di Windows 10. Caranya:
  1. Tekan kombinasi tombol Windows + X di keyboard. Setelah ditekan, muncul daftar action menu.
  2. Fokuskan ke menu Shutdown or sign out kemudian pilih Restart.
Cara kedua lebih simpel bukan?

Cara merestart laptop di Windows 8

Pengguna Windows 8 terbilang cukup banyak. Mungkin saja mereka yang masih memakai Windows 8, belum mau mengupdate ke Windows 10. Kembali ke topik.

Di Windows 8, cara restartnya tidak jauh berbeda dengan cara restart di Windows 10. Hanya ada sedikit perbedaan penamaan menu. Jika di Windows 10 menu Power, di Windows 8 menu Power Options.

Cara merestart laptop di Windows 7

Mungkin masih banyak juga yang masih memakai Windows 7 di laptopnya. Bisa jadi karena masih nyaman dengan tampilannya, enteng dan nyaman saat dipakai, atau malas diupdate. Cara restartnya apakah sama dengan cara restart di atas? Ada perbedaan.

Berikut langkah-langkahnya:
  1. Klik icon Windows di pojok kiri bawah atau bisa juga dengan menekan tombol Windows di keyboard. Setelah diklik, muncul tampilan menu-menu.
  2. Klik icon arah panah pada menu Shutdown. Setelah diklik, muncul beberapa opsi.
  3. Pilih Restart.

Cara merestart laptop dengan Alt + F4

Cara ini bisa digunakan di Windows 7, 8, dan 10. Cara ini juga termasuk lebih cepat dari cara-cara di atas. Berikut langkah-langkahnya:
  1. Ke tampilan Desktop terlebih dahulu kemudian tekan kombinasi tombol Alt + F4. Setelah itu akan muncul popup di layar.
  2. Klik dropdown lalu pilih Restart dan terakhir.
  3. Klik OK.
cara merestart laptop alt f4

Cara merestart laptop dengan Ctrl + Alt + Del

Kombinasi tombol keyboard selanjutnya yang bisa digunakan untuk merestart laptop adalah kombinasi tombol Ctrl + Alt + Del. Berikut langkah-langkahnya:
  1. Tekan kombinasi tombol Ctrl + Alt + Del. Setelah itu, muncul tampilan blocking seluruh layar dengan beberapa pilihan menu saja.
  2. Klik icon Power yang ada di pojok kanan bawah. Setelah itu, muncul beberapa opsi.
  3. Klik Restart.
Cara ini bisa dikatakan sebagai penyelamat. Ketika aplikasi yang sedang kamu jalankan not responding/ngadat atau bahkan Windows terasa lemot, maka kamu bisa restart laptop dengan cara ini supaya laptop terasa fresh kembali.

Cara merestart laptop dengan cmd (Command Prompt)

Eh bisa ya? Merestart laptop dengan cmd bisa dilakukan. Windows menyediakan fungsinya yang bisa dieksekusi untuk merestart laptop. Berikut langkah-langkahnya:
  1. Buka cmd (Command Prompt). Setelah itu, muncul tampilan hitm/console ala cmd
  2. Ketik shutdown /r lalu tekan tombol Enter
cara merestart laptop cmd

Cara merestart laptop dengan Windows Run

Bisa juga merestart laptop melalui Windows Run. Caranya sebagai berikut:
  1. Buka Windows Run (bisa dengan menekan kombinasi tombol Windows + R). Setelah itu, muncul tampilan window Run di pojok kiri bawah.
  2. Ketik shutdown /r lalu tekan tombol Enter
Caranya sama dengan merestart melalui cmd. Sama-sama mengetikkan perintah shutdown /r. Kemudian ini cara terakhir untuk merestart laptop

Cara merestart laptop dengan tombol Power (fisik)

Cara ini dilakukan hanya ketika Windows kamu bermasalah, misalnya saat terjadi BSOD. Intinya, semua cara di atas sudah tidak bisa dilakukan lagi. Maka cara inilah sebagai jurus pamungkasnya, yakni dengan menekan tombol power yang ada pada laptop.

Ingat ya, cara ini dilakukan ketika benar-benar kepepet. Tidak boleh sembarang dilakukan. Karena bila sering dilakukan, efeknya bisa merusak hardware (terutama hardisk) dan software laptop kamu.

Itulah pembahasan cara merestart laptop dengan berbagai cara yang bisa dilakukan sebagai alternatif. Semoga bermanfaat untuk kamu para pembaca.
Comment Policy: Silakan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar