Cara Menggunakan WhatsApp Web dan Desktop

Cara menggunanakan WhatsApp Web itu mudah dan nggak ribet. Cuma butuh beberapa langkah saja, Anda sudah bisa WhatsApp-an lewat laptop atau komputer. Layar lebih besar dan ngetik dengan keyboard jadi lebih enak chat-annya.

WhatsApp menyediakan 2 platform untuk penggunanya bisa chat-an melalui laptop atau komputer. Ya bahasanya, lewat desktop. Biasanya kan selalu lewat smartphone karena memang aslinya WhatsApp merupakan aplikasi mobile.

Kedua platform itu yakni melalui web dan aplikasi desktop. Jadi Anda bisa pilih di antara 2 itu. Tidak bisa dipakai semua secara berbarengan karena pasti akan otomatis diminta logout di salah satunya.

Bagaimana cara WhatsApp-an lewat web? Lalu, bagaimana cara WhatsApp-an lewat aplikasi desktop? Baik. Simak terus postingan ini hingga akhir. Dimulai dari WhatsApp-an lewat web terlebih dahulu.


Cara menggunakan WhatsApp web

cara menggunakan whatsapp web

Untuk bisa menggunakan WhatsApp web, Anda perlu menyiapkan laptop/komputer dan koneksi internet. Sudah jelas dong. Memang tidak bisa buka WhatsApp web lewat HP, kan di HP ada browser juga? Jawabannya, tidak bisa.

Kalau buka WhatsApp web lewat HP, tampilan webnya akan mengarahkan untuk mendownload aplikasi WhatsApp di Play Store atau App Store. Jadi, memang dikhususkan untuk laptop atau komputer.

Berikut langkah-langkah yang AneIqbal lakukan:

  1. Buka alamat https://web.whatsapp.com/ di browser kesayangan Anda, misalnya Google Chrome. Mozilla Firefox juga boleh. Microsoft Edge juga boleh. Setelah itu akan terbuka tampilan panduan untuk bisa menggunakan WhatsApp di komputer dalam bahasa Inggris dan QRCode di sebelahnya.
  2. Buka WhatsApp dari smartphone Anda. Klik/tap icon titik 3 berdiri (untuk Android) yang ada di pojok kanan atas atau icon gerigi (untuk iPhone/iOS). Setelah itu akan muncul beberapa menu.
  3. Klik/tap WhatsApp Web. Setelah itu, muncul tampilan untuk scan QRCode.
  4. Arahkan kamera smartphone ke QRCode WhatsApp web di langkah 1 tadi. Setelah itu, seluruh chat Anda akan terlihat, sama seperti yang ada di smartphone.
  5. Selamat ber-WhatsApp-an lewat komputer.

Simpel kan caranya? Ohiya, spek laptop atau komputernya juga tidak perlu yang tinggi. Asalkan sudah bisa buka aplikasi browser, maka sudah bisa buka WhatsApp web juga.

Cara menggunakan WhatsApp desktop

cara menggunakan whatsapp desktop

Nah, kalau buat Anda yang malas buka browser terus ketik-ketik alamat, mau yang versi aplikasi desktopnya saja, bisa juga. Hampir sama caranya. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Buka alamat https://www.whatsapp.com/download atau Anda bisa search di google "download whatsapp" lalu klik yang di nomor 1 hasil pencarian.
  2. Klik Download for Windows (untuk Windows) atau Download for Mac (untuk Apple/Mac/macOS). Setelah itu, proses download akan berlangsung.
  3. Double klik pada file hasil download tadi. Setelah itu, proses install akan berlangsung dan aplikasi akan langsung terbuka setelah instalasi selesai. Tampilan panduan dan QRCode terpampang di layar komputer Anda.
  4. Buka WhatsApp dari smartphone Anda. Klik/tap icon titik 3 berdiri (untuk Android) yang ada di pojok kanan atas atau icon gerigi (untuk iPhone/iOS). Setelah itu akan muncul beberapa menu.
  5. Klik/tap WhatsApp Web. Setelah itu, muncul tampilan untuk scan QRCode.
  6. Arahkan kamera smartphone ke QRCode aplikasi WhatsApp desktop di langkah 3 tadi. Setelah itu, seluruh chat Anda akan terlihat, sama seperti yang ada di smartphone.
  7. Selamat ber-WhatsApp-an lewat komputer.

Jadi begitulah 2 cara menggunakan WhatsApp melalui komputer. Bisa lewat web maupun aplikasi desktop. Perlu diingat, hanya bisa membuka WhatsApp di salah satu cara saja. Seperti yang sudah disampaikan di awal tadi.

Sebelum Anda meninggalkan blog ini, silakan cek dulu panduan menarik lainnya berikut; cara membuat banner onlinecara membuat google formsemut di layar hp, dan cara topup ovo.

Demikian pembahasan kali ini tentang cara menggunakan WhatsApp web di laptop dan juga WhatsApp desktop. Semoga bisa menjawab pertanyaan Anda dan bisa dengan mudah diikuti.