--> Skip to main content

Cara Membuat Banner Online Gratis (Canva dan Pablo by Buffer)

Cara membuat banner online ada beberapa pilihannya dan gratis. Bisa pakai Canva atau Pablo by Buffer. Kenapa dua itu? Karena itu yang biasa kami pakai untuk membuat banner blog dan banner lainnya.

Untuk Canva, sudah disediakan banner berbagai macam template dan ukuran. Banyak banget pilihannya. Untungnya sudah dikategorikan jadi lebih mudah untuk memilih. Ada untuk kebutuhan sosial media, marketing, percetakan, dan masih banyak lagi.

Kamu perlu membuat akun dulu supaya bisa memakai Canva. Tapi bisa juga login dengan akun Facebook atau Google kalau kamu malas membuat akunnya. Ohiya, membuat banner online di Canva gratis kok. Tapi, kalau mau lebih banyak lagi pilihan templatenya, kamu perlu langganan $9.95/bulan (untuk versi Pro).

Nah itu tadi tentang Canva. Sekarang beralih ke Pablo by Buffer. Kalau untuk ini, kamu tidak perlu buat akun untuk bisa pakai. Cukup buka link di atas, klik-klik sebentar, langsung bisa didownload hasil desainnya.

Sayangnya, pilihan template Pablo by Buffer tidak sebanyak Canva. Hanya ada pilihan template untuk Instagram, Pinterest, Facebook, dan Twitter. Tapi secara penggunaan, lebih simpel dan sangat mudah.

Cara membuat banner online dengan Canva

cara membuat banner online

Membuat banner online di Canva cukup mudah. Tidak perlu harus ahli banget desain grafis karena sudah ada banyak template yang bisa dipilih. Tinggal sedikit modifikasi saja. Berikut langkah-langkahnya:
  1. Login dulu di https://www.canva.com/. Kalau belum punya akunnya, bisa login pakai akun Facebook atau Google. Setelah login, muncul tampilan dashboard Canva dengan berbagai pilihan template.
  2. Pilih salah satu template, misalnya Blog Banner, kemudian klik. Setelah diklik, terbuka tab baru dengan tampilan kanvas untuk mendesain.
  3. Pilih Template yang ingin dipakai kemudian klik. Kanvas putih tadi akan berubah sesuai dengan template yang diklik.
  4. Edit bagian tertentu dari template misalnya teksnya.
  5. Kamu bisa menambahkan berbagai elemen lain ke desainmu dengan menu-menu yang ada di sebelah kiri.
  6. Kalau sudah selesai, download hasil desainmu dengan mengklik tombol Download yang ada di pojok kanan atas. Setelah itu, muncul pilihan tipe filenya, mau berupa file gambar atau pdf juga bisa.
  7. Kalau tidak ingin diganti pilihan tipe filenya, maka defaultnya adalah PNG. Kemudian klik tombol Download. Setelah itu, proses generate dan download akan berlangsung.
  8. Banner kamu sudah siap dipakai.
Ini salah satu contoh banner yang dibuat dengan Canva. Ya hasilnya lumayan bagus. Terlihat lebih profesional, simpel dan cepat cara buatnya.

cara membuat banner online


Cara membuat banner online dengan Pablo by Buffer

cara membuat banner online

Secara garis besar, cara pembuatannya kurang lebih sama. Klik template, tambahkan elemen, kemudian download hasilnya. Sayangnya ya seperti yang sudah dibilang di awal tadi, pilihannya lebih simpel. Ini cocoknya buat kamu yang tidak mau pusing dengan berbagai macam pilihan. Berikut langkah-langkahnya:
  1. Buka link https://pablo.buffer.com/ dan kamu langsung dihadapkan dengan tampilan kanvas untuk mendesain.
  2. Pilih images background yang ada di sebelah kiri. Klik saja di salah satu gambar. Setelah itu, background kanvas berubah sesuai dengan gambar yang kamu pilih. Kamu bisa juga search gambar tertentu yang sesuai dengan tema banner kamu, misalnya online, kemudian tekan Enter.
  3. Kamu bisa mengubah filternya seperti apa di bagian Filters (ada di sebelah kanan). Secara default, filter yang dipilih adalah Light Contras.
  4. Kamu bisa menambahkan teks untuk header, body, atau caption (ada di sebelah kanan juga). Cukup diklik saja. Bisa juga hanya salah satu yang dipilih, misal hanya body.
  5. Kamu bisa menambahkan quotes juga. Klik arah panah kanan atau kiri pada Add Quotes untuk memilih quote yang akan dimasukkan ke banner. Untuk bisa menambahkan quote, di langkah 4, kamu harus menambahkan body.
  6. Kamu bisa menambahkan logo atau gambar tertentu dari laptopmu. Klik saja Insert Logo or Graphic yang ada di sebelah kanan, pilih salah satu gambar dari laptop kamu, klik tombol Open. Setelah itu, gambar muncul di kanvas desain. Kamu bisa sesuaikan ukuran pixelnya juga.
  7. Klik tombol Share & Download, kemudian klik tombol Download untuk mendownload hasil desain kamu. Setelah itu, proses generate dan download akan berlangsung. Kamu bisa share juga ke sosial media yang tersedia.
  8. Banner kamu sudah siap dipakai.
Salah satu contoh hasil banner yang dibuat menggunakan Pablo by Buffer adalah gambar berikut. Sangat simpel dan cepat membuatnya.

cara membuat banner online

Nah jadi begitulah cara membuat banner online secara gratis, cepat, dan mudah dengan tools online Canva dan Pablo by Buffer. Tidak perlu install software segala macam untuk mendesain, yang kemungkinan besar bisa membuat laptop lemot dan ngehang karena umumnya aplikasi desain cukup berat, yang pada akhirnya kamu harus merestart laptop kamu supaya bisa dipakai lagi. Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silakan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar