Skip to main content

Cara Screenshoot Layar di Laptop Khusus Pengguna Windows

Screenshoot adalah proses pengambilan gambar layar yang bisa dijadikan file image. Cara screenshoot di masing-masing perangkat berbeda-beda. Di Windows beda, di macOS beda, di Android juga beda.

Kalau kamu pengguna OS jendela a.k.a Windows, maka jangan beranjak dari postingan ini. Tetap simak terus hingga habis.

Windows menyediakan beberapa cara untuk melakukan screenshoot. Ada cara dengan menekan kombinasi tombol. Ada cara juga dengan menggunakan software. Kerennya, itu software bawaan lagi. Jadi cukup sih.. nggak perlu lagi install software lain.

Cara pertama screenshoot di Windows: pencet tombol dan kombinasinya

Kamu tau kan, di keyboard laptop ada tombol PrtSc atau prt sc sysrq atau sejenisnya dengan huruf yang sama? Nah.. pencet tombol itu, maka otomatis akan ter-screenshoot satu layar penuh. Setelah itu, kamu tinggal paste aja di Paint atau software image editor lainnya.

Tapi, di beberapa laptop, ada juga yang mengharuskan memencet tombol Fn. Jadi, pencet kombinasi tombol Fn + PrtSc.

Cara memastikan layar sudah ter-screenshoot gimana? Simple kok. Tinggal paste aja di Paint tadi. Kalau sudah ter-screenshoot, sudah pasti ada gambar yang ke-paste.

Kalau kamu pakai cara ini, nggak ada hasil screenshoot berupa file, karena hanya copy to clipboard. Makanya bisa paste di Paint kan? Setelah dipaste, baru deh bisa disave menjadi file image.

Selanjutnya, dengan menekan tombol Windows + PrtSc. Eh, kamu sudah tau tombol Windows kan? Itu.. tombol yang ada logo jendela khas Microsoft.

Ada sedikit perbedaan ketika kamu mengambil screenshoot dengan memencet kombinasi tombol Windows + PrtSc atau Windows + Fn + PrtSc. Bedanya, kalau kamu pencet tombol itu, maka layar akan terasa berkedip, kemudian akan ter-generate/tercipta secara otomatis file imagenya.  Foldernya ada di Pictures.

cara screenshoot layar di laptop

Jadi, seandainya kalau butuh screenshootnya buat diedit-edit lagi, bisa langsung ke folder di atas buat nyomot file gambarnya.

Ada satu kombinasi tombol lagi untuk screenshoot di Windows. Berbeda dengan 2 cara kombinasi di atas, hasil screenshootnya hanya menangkap Window/Aplikasi yang sedang aktif.

Misalnya, kita sedang menjalankan 2 aplikasi secara multitasking; Ms. Word dan Ms. Excel dan tidak dalam posisi maximize (full layar), melainkan windowed. Aplikasi yang sedang aktif adalah Ms.Word.

Kalau pakai 2 cara di atas, maka 1 layar akan terscreenshoot. Sementara, inginnya hanya men-screenshoot Ms.Word saja. Nah, untuk bisa ngelakuin itu caranya pencet tombol kombinasi Alt + PrtSc atau Alt + Fn + PrtSc. Sayangnya, cara ini tidak meng-generate/menghasilkan file image.

Cara kedua screenshoot di Windows: pakai software Snipping Tool atau Snip & Sketch

Windows menyediakan aplikasi bawaan bernama Snipping Tool. Di Windows 10, selain Snipping Tool, tersedia juga Snip & Sketch. Secara fungsi dasar, keduanya sama.

cara screenshoot layar di laptop dengan snip & sketch

cara screenshoot layar di laptop dengan snipping tool

Cara memakainya juga simple dan mudah. Tinggal klik New lalu geser cursor sesuka hati untuk mendapatkan screenshoot yang dimau. Hasil screenshoot bisa dicopy-paste dan bisa juga disave menjadi file gambar.

Itulah 2 cara untuk mengambil screenshoot layar di Windows. Sederhana, simple, dan nggak ribet install-install software.

Comment Policy: Silakan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar