Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Keunikan Kota Tangerang yang Jarang Diketahui oleh Orang-Orang

Menjadi warga Tangerang, tentu memiliki kebanggaan tersendiri. Sebab, bila dibandingkan dengan beberapa daerah lain di Provinsi Banten, wilayah Tangerang terbilang lebih maju dan memiliki berbagai fasilitas umum yang cukup mendukung.

Meskipun Tangerang merupakan sebuah kota, bukan berarti wilayah ini tidak memiliki keunikan tersendiri ya! Keunikan Kota Tangerang sangat dekat dengan keseharian masyarakat setempat kok. Hanya saja, tidak dapat dipungkiri bahwa masih sedikit jumlah orang yang menyadari tentang keunikan yang dimiliki oleh kota tersebut.

Setidaknya, ada 6 keunikan kota Tangerang yang masih jarang diketahui oleh orang-orang. Teman-teman ingin mengetahui lebih dalam tentang keunikan kota Tangerang? Yuk simak terus artikel singkat berikut ini! Selamat menyimak ya!

1. Rumah Sakit Sitanala, Rumah Sakit Kusta Yang Ternyata Kini Jarang Diketahui Orang-Orang

Tangerang memang sebuah kota modern. Buktinya, di kota ini terdapat banyak fasilitas umum yang dibangun oleh pemerintah daerah. Tentunya, tiap-tiap fasilitas umum yang dibangun tadi diwujudkan demi menunjang kebutuhan dari masyarakat yang ada di kota Tangerang.

Saking banyaknya fasilitas yang ada, terselip beberapa fasilitas semisal Rumah Sakit Kusta Sitanala yang jarang diketahui oleh warga Tangerang pendatang. Meskipun begitu, sebenarnya fasilitas kesehatan ini sudah aktif melayani di Jl Dr. Sitanala Kota Tangerang sejak 50 tahun silam loh!

keunikan kota tangerang

Asal mula dibangun nya Rumah Sakit ini, karena pada jaman dahulu terdapat kebutuhan akan Rumah Sakit khusus yang dapat menjadi tempat rujukan dari pasien penderita kusta. Dan saat itu, kondisi pasien yang ada, jumlahnya memang tak sedikit. Kabar baiknya, walaupun kini jarang diketahui oleh orang kebanyakan, rumah sakit ini tetap beroperasi secara normal kok!

2. Gudang Lengkong, Tugu Peringatan Pertempuran Yang Lokasinya Berada Di Tengah Perumahan

keunikan kota tangerang

Di Indonesia, tugu peringatan adalah salah satu hal yang diistimewakan. Kebanyakan, tugu peringatan dijadikan sebagai destinasi wisata yang dekat dengan keramaian. Namun, agaknya hal tersebut sedikit berbeda dengan Tugu Peringatan Gudang Lengkong yang berada di tengah-tengah perumahan mewah Bumi Serpong Damai.

Lokasinya yang berada di tengah perumahan tersebut terbilang unik. Meskipun demikian, salah satu keunikan kota Tangerang tersebut terhitung jarang disadari oleh orang-orang.

Terlepas dari lokasinya yang sekarang, tugu ini sengaja dibangun untuk memperingati peristiwa besar yang terjadi disini pada zaman awal kemerdekaan. Saat itu, tanggal 25 Januari 1946, terjadi momen pelucutan senjata militer Jepang yang dilakukan oleh Resimen IV Tentara Rakyat Indonesia (TRI), bersama dengan Akademi Militer Tangerang. Dimana pada masa itu, Akademi militer TRI memang masih berada di kawasan Lengkong.

Meskipun perundingan pelucutan senjata sempat berlangsung beberapa saat, tiba-tiba terdengar suara sebuah tembakan. Hal inilah yang memicu pecahnya pertempuran, yang dikenang sebagai pertempurang Lengkong.

Untuk memperingati sekaligus menghargai perjuangan para pahlawan, dibangunlah tugu ini. Selang beberapa waktu, kini tugu peringatan tersebut masih tetap berdiri di tengah perumahan mewah yang ada di Tangerang.

3. Ayam Wereng, Satwa Unggas Peliharaan Hasil Persilangan Dengan Ayam Rusia Yang Ternyata Berstatus Sebagai Fauna Endemik Tangerang

keunikan kota tangerang

Tangerang memiliki wilayah yang cukup luas. Karenanya, tak mengherankan bila keunikan yang ada, terhitung beraneka ragam. Buktinya, satwa unggas peliharaan seperti Ayam Wereng saja dianggap biasa-biasa saja oleh orang-orang.

Padahal, bila melihat asal garis keturunan ayam ini lebih lanjut, kita bisa dibuat takjub. Sebab, ayam Wareng sendiri merupakan hasil kawin silang antara beberapa jenis ayam dari Rusia dengan ayam lokal yang berasal dari kecamatan Cikupa.

Kesulitan untuk membedakan ayam ini dengan ayam lokal? Lihat saja postur ayam yang agak berbeda serta jenggernya yang berwarna merah gelap. Selain berwarna merah gelap, ada juga loh yang memiliki jengger hitam. Karena keunikan nya, ayam wereng kerap dijadikan objek corak batik wereng, yang juga merupakan bentuk motif asli dari Tangerang.

4. Rambutan Parakan, Buah Rambutan Yang Terkenal Berdaging Tebal Namun Tetap Lembut Saat Dikunyah Dimulut

keunikan kota tangerang

Selain fauna unggas yang tadi kita bahas bersama, Keunikan Kota Tangerang juga meliputi aspek flora. Tidak percaya? Coba saja cicipi buah rambutan Parakan yang asli dari wilayah Tangerang. Pasti kamu akan langsung tersadar dengan keunikan tekstur buahnya, yang begitu lembut namun tebal.

Meskipun harganya terbilang lebih mahal dari jenis rambutan lain yang ada di pasar, Rambutan Parakan yang mantap pasti tidak akan membuatmu merasa kecewa saat membelinya. Maklum, harga menyesuaikan dengan kualitas yang didapatkan.

Sebelum menjadi salah satu buah rambutan yang populer, Rambutan Parakan tumbuh dengan baik di daerah Pagedangan, Legok, dan Cisauk. Karenanya, dapat disimpulkan bahwa sekitaran kawasan Sumarecon Serpong dan Bumi Serpong Damai adalah tempat asal mula dari Rambutan Parakan yang digemari oleh banyak orang.

5. Pasar Lama, Yang Ternyata Merupakan Titik Nol Kota Tangerang

keunikan kota tangerang

Salah satu hal unik yang jarang diketahui oleh warga Tangerang selanjutnya, berada di kawasan Pasar Lama. Meskipun pasar tradisional ini cukup ramai dan dilalui oleh banyak orang setiap hari, namun kebanyakan dari mereka belum tentu mengenal lebih jauh tentang pasar ini.

Buktinya, saat ditanya tentang dimanakah lokasi persis titik nol kota Tangerang masih banyak yang kebingungan. Jangan-jangan, kamu salah satu dari yang masih bingung dengan jawaban tadi? Hayo, ngaku!

Bilapun memang begitu, setelah membaca artikel ini jangan bingung lagi ya! Sebab, titik nol kota Tangerang ada di pasar ini kok! Tepatnya, di sebuah tugu jam besar yang berdiri di salah satu persimpangan jalan kawasan pasar lama. Untuk sebagian orang memang tidak terlalu megah. Namun, bukan berarti boleh dipandang sebelah mata ya! Ingat, ini titik nol nya kota Tangerang loh! Harus bangga!

Terlebih, lokasi ini cukup strategis. Mudah dijangkau, dan cukup dekat dengan lokasi industry rumahan semisal tempat penyedia Jasa Packaging Produk dan Offset Printing, serta penyedia Jasa Pad Print Murah. Benar-benar tidak bisa dipandang sebelah mata kan?

6. Nama Daerah Poris Plawad, Yang Ternyata Terilhami Dari Salah Satu Nama Jawara Wati Tangerang Di Masa Lalu

keunikan kota tangerang

Kamu yang orang Tangerang, pasti tau dengan daerah Poris Plawad yang ada di sekitaran Cipondoh. Namun, untuk asal-usul nama daerah tersebut apa sudah tau juga?

Bila belum tau, nama Poris Plawad tersebut sebenarnya terinspirasi dari salah satu jawara perempuan, yang berdarah asli Tangerang loh! Perempuan tersebut, tak lain dan tak bukan adalah Mpok Ris.

Di masa lalu, Mpok Ris kerap kali membela pribumi yang berada di sekitaran Cipondoh dari penjarahan hasil alam yang saat itu biasa dilakukan oleh Belanda. Hebatnya, ia hanya bermodalkan kayu plawad dan bukan senjata api! Heroik sekali kan?

Dari aksinya memukul mundur penjajah dengan kayu plawad tersebutlah, muncul nama Poris Plawad yang menjadi cikal bakal nama yang biasa kalian dengar sekarang. Bagaimana? Cukup unik kan, kisah nya?

Oke, itulah tadi artikel singkat tentang 6 Keunikan Kota Tangerang Yang Jarang Diketahui Oleh Orang-Orang. Semoga konten ini bermanfaat, jangan lupa share ke teman-teman ya! Sampai jumpa lagi di lain waktu!