--> Skip to main content

Cara Membuat Tahun Copyright Otomatis, Bisa Blogger, Wordpress atau Apapun

Halo pembaca yang Budiman. Selamat datang di blog AneIqbal. Kali ini minbal mau ngebahas tentang ngeblog. Tutorial simple sih. Meskipun simple, bisa membuat nyaman hidup. Pekerjaan yang tadinya harus kita lakukan di setiap pergantian tahun, jadi tidak perlu kita lakukan. Mari kita mulai bahasan kita kali ini.

Tahun Copyright Footer yang Sering Terlupa

Begitulah. Satu hal yang kadang, bahkan sering terlupa adalah tahun copyright. Saking semangatnya bikin konten, percantik tampilan, sampai optimasi kecepatan load blog, hal itu sampai terlupakan. Btw, sudah tahukan tahun copyright itu apa? Ituloh yang suka ada di paling bawah blog.

cara membuat tahun copyright otomatis

Tahun itu suka terabaikan. Tahun sudah berganti tetapi tahun di situ belum berubah. Hal ini bisa menimbulkan persepsi blog kurang diperhatikan, blog kurang update, blog kurang keurus, dan hal senada lainnya.

Intinya, mengganti tahun copyright mengikuti tahun berjalan menjadi hal yang cukup penting demi keberlangsungan hidup blog. Jangan diabaikan. Kasian.

Lalu gimana solusinya? Solusinya adalah dengan membuat tahun copyright itu berganti otomatis. Biar sistem yang bekerja mengganti otomatis di setiap pergantian tahun. Caranya? Terus simak bahasan ini.

Cara Membuat Tahun Copyright Berganti Otomatis

Sebelum ke cara pertama, pastikan sudah punya blognya ya. Entah itu blog kamu atau blog orang lain yang kamu lagi Kelola. Intinya, kamu punya blognya dan bisa akses ke semua halaman adminnya.

Tetapi, kalau belum punya blog sendiri, ada baiknya baca juga bahasan minbal tentang cara membuat blog gratis di platform blogger. Nggak lama bikinnya. Cepet kok.

Kita next ke cara pertama.

Hal pertama yang dilakukan adalah menuju ke menu edit template HTMLnya. Antara Blogger dan Wordpress sudah pasti menunya beda. Begitu juga platform lain. Intinya, langsung menuju ke halaman yang bisa mengedit template secara HTML.

Setelah berada di halaman edit template HTML, langsung cari tahunnya. Supaya cepat, biasanya bisa dengan menggunakan fitur pencarian Ctrl+F kemudian ketik tahunnya.

Bila sudah ketemu angka tahunnya, ganti angka tersebut dengan codingan berikut:
<script>document.write(new Date().getFullYear())</script>

Kemudian save atau simpan perubahan tersebut. Terakhir, lihat hasilnya. Masalah selesai. Nggak perlu khawatir lagi bila tahun berganti. Sudah otomatis. Enak tho?

Varian Tahun Copyright yang Bisa Kamu Coba

Varian pertama, hanya menyampilkan ikon copyright dengan tahun berjalan. Kodingannya simple. Seperti ini:
&#169 ; <script>document.write(new Date().getFullYear())</script>

Varian kedua, dengan menambahkan tahun berdiri atau tahun awal atau tahun apalah itu disebutnya. Intinya menampilkan range tahun. Seperti yang ada di blog minbal ini. Kodingannya juga simple kok. Like this:
&#169;2015 &#8722; <script>document.write(new Date().getFullYear())</script>

Varian ketiga? Silakan kamu berkreasi sesuka hati dengan codingan di atas. Untuk kode simbol atau ikon lainnya, kamu bisa melihat daftarnya di situs w3school ini. Tinggal copy aja dari kolom Dec lalu paste ke kodingan template blog kamu.

Sekarang, tahun copyright pada blog kamu sudah terupdate otomatis. Dengan catatan, sudah praktik cara di atas. Nggak cuma dibaca aja. Kalau belum praktik, ya sama aja.. tidak ada beda.

Bahasan selesai

Begitulah cara membuat tahun copyright berganti otomatis di setiap pergantian tahun. Satu pekerjaan sudah kita serahkan ke sistem. Satu cara untuk membuat nyaman hidup. Jadi nggak perlu khawatir lagi lupa update.

Terima kasih minbal ucapkan kepada pembaca yang budiman. Kita bertemu di lain postingan. Bye.
Comment Policy: Silakan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar