Skip to main content

Dampak Positif dan Negatif Menjadi Seorang Selebgram

credit: loop.co.id

Instagram menjadi salah satu media sosial yang paling populer di kalangan masyarakat Indonesia bahkan dunia. Instagram juga membukakan sebuah pekerjaan baru yang kita kenal dengan istilah selebgram. Selebgram adalah orang yang menggunakan media sosial Instagram dengan follower yang banyak dan biasanya orang mengikuti karena ada hal yang unik pada dirinya.

Selebgram kini juga menjadi ajang sponsor seperti di TV. Biasanya, orang akan meminta selebgram yang sudah terkenal untuk mensponsori produk atau karyanya dan akan memberikan imbalan sesuai perjanjian. Kini orang-orang berlomba-lomba untuk mencari cara menjadi selebgram di Instagram karena melihat peluang yang dimiliki bidang ini cukup menguntungkan. Berikut penjelasan dampak positifnya menjadi seorang selebgram.

Dampak positifnya..

Tentunya jika kamu seorang selebgram kamu akan lebih cepat mengikuti trend dan bisa jadi kamu adalah yang meng-influence orang-orang untuk mengikuti apa yang kamu lakukan. Hal ini menjadi kebanggaan tersendiri tentunya untuk seorang selebgram karena secara tidak langsung kamu menghipnotis orang untuk melakukan apa yang kamu lakukan.

Kamu juga akan menjadi objek patokan bagi followermu karena kamu adalah selebgram mereka yang mengidolakanmu akan menyemangati dan mendukung apapun yang kamu lakukan, bisa melalui komentar di postingan maupun DM (direct message). Hal positif lainnya, kamu bisa saja diajak kerjasama oleh brand. 

Jika kamu seorang selebgram yang tampan atau cantik, biasanya produk kosmetik atau kecantikan akan memintamu untuk mempromokan produknya di sosmed yang kamu miliki dengan imbalan yang ia tawarkan dan sepakati bersama. Tentunya itu akan menjadi keuntungan tersendiri bagi seorang selebgram. Dan yang lebih menguntungkan lagi, kamu bisa saja diminta untuk menjadi brand ambassador suatu produk. Cukup menggiurkan bukan?

Tentunya menjadi seorang selebgram tidak hanya bertemu sisi positifnya saja. Setiap apa yang kamu lakukan pasti ada dampak negatifnya juga. Berikut penjelasannya.

Dampah negatifnya..

Biasanya seorang selebgram yang sudah sangat terkenal akan mengalami yang namanya DELUSIONAL, yaitu ketika kamu hanya mempublikasikan hal-hal yang sempurna saja di beranda Instagram dan selalu terlihat bahagia. Sementara, orang lain tidak tahu bagaimana kamu real-nya di kehidupan nyata.

Fenomena ini jika dilakukan terus menerus dengan jangka waktu lama akan melekat erat pada diri kita dan akan menjadi kebiasaan yang sulit untuk tidak dilakukan. Misalnya, jika kamu sering berfoto dengan menggunakan brand mahal dan mempublikasikannya lalu kemudian kamu tidak memposting hal yang sudah biasa kamu lakukan itu, maka kamu akan merasa tidak bahagia.

Selanjutnya, seorang selebgram tentunya tidak semua orang akan menyukainya. Ada beberapa orang yang hanya berkomentar negatif dan selalu menghujat apapun yang kamu lakukan. Jika kamu seorang yang tidak peduli dengan hal itu, maka akan sangat bagus. Tetapi nyatanya, banyak selebgram yang depresi karena terus-menerus dihujat dan diserang dengan komentar negatif.

Adapun hal negatif lainnya, kamu kemungkinan tidak dapat menjalani kehidupan nyata dengan baik karena kamu akan dihantui oleh notifikasi sosmedmu dan apa saja yang sedang populer di sosmed. Hal ini membuat kehidupan nyatamu menjadi tidak mendapat perhatian penuh.

Nah, demikian penjelasan tentang dampak positif dan negatif seorang selebgram. Tentunya kita harus bisa mengatur waktu antara kehidupan sosmed dan nyata agar sesuai porsinya. Kamu bisa mencari hobi lain di kehidupan nyata, karena kehidupan sosmed itu hanyalah semu belaka. Semoga apa yang disampaikan ini dapat dipahami dan bermanfaat.
Comment Policy: Silakan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar