Skip to main content

Cara Membuat Program Penentu Angka Prima dari Bahasa Python Lengkap dengan Penjelasannya

program penentu bilangan prima dan bukan bilangan prima bahasa python

Program yang akan kita buat kali ini adalah program penentu suatu bilangan apakah ia bilangan prima atau bukan bilangan prima. Programnya dibuat dengan menggunakan Bahasa Python.

Sebelumnya juga sudah ada postingan serupa namun ada perbedaan bahasa yang digunakan, yakni Bahasa C. Sila yang ingin mampir ke postingan tersebut: Cara Membuat Program Penentu Angka Prima dari Bahasa C Lengkap dengan Penjelasannya.

Koding dan Penjelasannya

Ketika program dijalankan, maka akan muncul tampilan untuk input angka. Nilai dari inputan ini ditampung ke dalam sebuah variabel. Jangan lupa untuk mengkonversi nilai input tadi menjadi integer karena secara defaultnya adalah string.

a = input("Masukkan N: ")
bilangan = int(a)

Kenapa harus diubah menjadi integer? Supaya nilai input bisa digunakan untuk proses aritmatik. Sementara bila nilai input masih berupa string, hasilnya adalah eror.

Kemudian, buat dua variabel tambahan dengan masing-masing isi "bilangan prima" dan "bukan bilangan prima". Ini agar memudahkan dalam pengkondisian nantinya.

Lalu, satu variabel lagi jumlah_nol untuk flagging.

a = input("Masukkan N: ")
bilangan = int(a)
t_pri = "bilangan prima"
t_npri = "bukan bilangan prima"
jumlah_nol = 0

Selanjutnya, mulai masuk ke bagian inti program. Prinsipnya, bilangan prima adalah bilangan yang habis jika dibagi dengan 1 dan bilangan itu sendiri.

Memang kebanyakan bilangan prima itu angka ganjil, tetapi tidak semua angka ganjil itu bilangan prima. Contohnya 9, 15, 21, 27. Keempat contoh angka itu bersisa 0 atau habis jika dibagi dengan angka lain selain angka 1 dan angka itu sendiri.

a = input("Masukkan N: ")
bilangan = int(a)
t_pri = "bilangan prima"
t_npri = "bukan bilangan prima"
jumlah_nol = 0

if bilangan == 2:
 teks = t_pri
else:
 for i in range(2, bilangan+1):
  if bilangan % i == 0:
   stat = 1
   jumlah_nol = jumlah_nol+stat

 if jumlah_nol == 1:
  teks = t_pri
 else:
  teks = t_npri

print ("%s adalah " % a + teks)

Di baris ketujuh, kita pasang kondisi jika angka yang diinput adalah 2, maka akan mengisi variabel teks dengan variabel t_pri yang mana adalah bilangan prima. Karena 2 itu memang bilangan prima.

Lalu untuk kondisi lainnya, which is tidak sama dengan 2, akan dilakukan proses looping modulus berdasarkan angka yang diinput. Modulus adalah operasi untuk mengetahui sisa hasil bagi.

Dengan memanfaatkan operasi modulus, kita bisa menentukan apakah suatu bilangan itu bilangan prima atau bukan. Kuncinya adalah, bila ada suatu bilangan yang bermodulus 0 dan jumlahnya hanya 1, maka itulah bilangan prima.

Jangan Anda lewatkan: Cara Membuat Program Python Input Bilangan N Tampil Satu Baris

Variabel stat di atas digunakan untuk menambahkan nilai 1 ke variabel jumlah_nol bila ditemukan modulus 0 dari proses looping.

Setelah looping selesai, maka dilakukan cek nilai ke variabel jumlah_nol. Bila nilainya 1, maka angka itu adalah bilangan prima. Dan bila nilainya lebih dari 1, maka bukan bilangan prima.

Hasil akhir

Coba Anda jalankan kodingan di atas. Saran saya, ketik ulang. Jangan di-copas. Dan hasilnya akan seperti ini.

program penentu bilangan prima bahasa python
Comment Policy: Silakan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar