Skip to main content

Cara Mudah Mendownload Video dari Facebook

cara mudah mendownload video dari facebook

Saya bukanlah orang yang suka berselancar di Facebook, namun update terbarunya yang memunculkan tab video explorer sangat menarik untuk dinikmati. Saya yang biasanya menonton video-video di Youtube, sekarang jadi beralih menonton sejumlah video di Facebook sebagai alternatif.

Namun, ada sedikit masalah yang saya alami, yakni ketika ingin menyimpan video yang saya suka di komputer, tidak ada fitur untuk melakukannya. Sebab, Facebook sebenarnya melarang mengunduh atau menyimpan video di luar aplikasi atau situsnya itu. Kurang begitu tahu alasannya, namun kemungkinan masalah hak cipta adalah penyebabnya.

Berbekal pengalaman mendownload video-video dari Youtube, saya menemukan cara download video di Facebook dengan bantuan situs downloader. Langkah untuk menerapkannya pun tidak begitu sulit, cuman butuh sedikit ketelitian saja.

Memang sih, mengunduh video dari Facebook ini melanggar hak cipta, namun setidaknya kita harus bisa menghargai pengunggah dengan membantu share atau subscribe di halaman mereka. Selain itu, jangan coba-coba untuk mendapatkan keuntungan dari video yang sudah kita download.

Balik lagi ke cara download video di Facebook, ikuti langkah-langkah saya berikut ini agar kalian tidak kebingungan. Kalaupun ada pertanyaan, silakan tanyakan di kolom komentar artikel ini.

Menemukan sumber video

Langkah pertama yang mesti kita lakukan adalah menemukan link atau alamat sumber video itu diunggah. Ada beberapa cara:
  1. Klik kanan pada video yang kita tonton dan pilih Show Video URL
  2. Klik tombol option atau pilihan di bagian bawah, dan klik Copy Link
  3. Klik tanggal video yang berada di nama akun atau halaman dan kita akan diarahkan ke link atau alamat file video. Copy dengan tekan Ctrl+C

Proses Konversi dan Download

Jika sudah menemukan link atau alamat file video yang mau kita download, berikutnya yang harus kita lakukan adalah:
  1. Buka di browser dengan alamat catch.tube
  2. Masukkan link yang sudah kita salin atau copy tadi di kolom yang tersedia
  3. Geser ke bawah hingga menemukan Show Media List dan klik
  4. Pilih versi dan kualitas video yang Anda inginkan
  5. Tunggu proses download video hingga selesai
  6. Jika sudah selesai, Anda bisa menikmati video tersebut di perangkat Anda

Hal Hal yang Perlu Diperhatikan

Ada sejumlah hal yang perlu Anda perhatikan saat ingin mendownload atau mengunduh video dari situs Facebook.

Status Privasi Video
Pastikan status video yang akan Anda download bisa diakses oleh publik. Bukan video privat atau yang hanya bisa ditonton oleh teman dari pengunggah. Untuk mengetahui videonya bisa diakses publik adalah adanya simbol globe atau bola dunia di bagian bawah nama akun pengunggah. 

Jika video dalam keadaan privat dan akses terbatas, maka situs downloader yang kita gunakan tidak akan bisa membaca atau mengakses video tersebut. 

Menggunakan Situs Downloader
Sebenarnya selain catch.tube, masih ada banyak lagi situs-situs yang menyediakan layanan untuk mendownload video dari Facebook. Cara dan langkah-langkahnya pun tidak jauh berbeda. 

Namun Anda harus berhati-hati ketika menekan tombol download di situs tersebut. Sebab beberapa situs menanamkan skrip iklan, di mana ketika pengguna klik tombol download, yang muncul adalah halaman iklan. 

Jika tidak berhati-hati, bisa saja yang Anda download adalah malware atau virus yang justru bisa merusak perangkat Anda. Ciri-cirinya bisa ditemukan dengan mudah. Jangan lanjutkan proses, jika yang Anda download adalah file berbentuk exe atau pdf. Pastikan file video yang akan didownload berupa ekstensi .mp4.

Download Video Situs Lain
Situs tersebut, tidak hanya bisa digunakan untuk download video dari Facebook saja, tetapi dari situs lain seperti Youtube, Dailymotion, dan lain-lain.
Comment Policy: Silakan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar