Contoh Program Python Input N Angka Tampil Sebaris

Jika Anda sedang mencari contoh program python untuk dipelajari, Anda berada di tempat yang tepat. Di sini, AneIqbal akan mencoba membuat contoh program python sederhana yang bisa Anda ikuti. Programnya dilengkapi dengan fitur input angka dan menampilkan outputnya seperti gambar berikut.

contoh program python

Coba perhatikan gambar contoh di atas. Ada perintah untuk memasukkan bilangan N. Kemudian, di bawahnya ada baris bilangan berurut sampai ke angka yang diinput. Bagaimana cara membuatnya dengan python?


Koding program python input n dan penjelasannya

Pertama, buat dulu koding yang menampilkan perintah input. Di python sudah tersedia fungsi bawaannya yakni input(). Lalu, dari hasil inputan itu, nilainya ditampung ke dalam sebuah variabel. Misalnya, nama variabelnya adalah a.

a = input("Masukkan N: ")

Kalau dijalankan, maka akan tampil seperti berikut:

membuat program dengan python

Ohiya, hasil nilai yang ditangkap dari variabel itu bernilai string. Sehingga, bila ingin menggunakan hasil nilai tersebut untuk operasi angka, maka perlu diubah ke integer terlebih dulu dengan fungsi int().

Selanjutnya, koding untuk menampilkan bilangan. Ketika input tadi, angka yang dimasukkan hanya 1 saja. Supaya yang tampil bisa lebih dari 1 angka dan berurut, salah satu caranya adalah dengan menggunakan fungsi perulangan/looping for.

Fungsi for dibarengi dengan range. Gunanya adalah untuk memberi rentang nilai perulangan yang harus dilakukan oleh for. range secara default dimulai dari 0. Misal range(3), maka perulangan yang dilakukan yakni; 0, 1, 2.

Supaya perulangan dimulai dari 1, range perlu ditambah parameternya menjadi range(mulai, rentang). Untuk case di atas, maka perulangannya demikian:

for i in range(1, int(a)+1):

Itu baru perulangannya saja. Untuk menampilkan angkanya, gunakan fungsi print(). Jadi, ketika looping berjalan akan terus mencetak/mengeluarkan angka. Berikut perubahan kodingnya:

a = input("Masukkan N: ")

for i in range(1, int(a)+1):
 print (i)

Variabel i di atas bisa Anda ganti sesuka hati. Di situlah tersimpan nilai dari perulangannya. Kemudian variabel tersebut dicetak dengan fungsi print(). Outputnya akan seperti ini.

input pada python

Perulangannya sudah benar. Dimulai dari 1 sampai dengan ke angka yang diinput. Tapi, masih belum sesuai dengan contoh di atas. Angkanya harus ke samping, tidak ke bawah.

Secara default, fungsi print() ketika selesai dijalankan akan berpindah ke baris baru. Agar tidak demikian, maka fungsi tersebut perlu diset parameter endnya. Parameter tersebut merupakan parameter bawaan.

a = input("Masukkan N: ")

for i in range(1, int(a)+1):
 print (i, end=" ")

end=" " diatas berfungsi untuk mengubah yang tadinya berpindah baris baru menjadi spasi saja.

Jika Anda juga penasaran dan ingin mempelajari pemrograman PHP, silakan cek cara menggunakan var_dump dan contoh switch case php ini sebagai awalan untuk mencoba praktik.

Hasil akhir contoh program pythonnya

Ketika dijalankan kembali, maka Anda akan mendapati hasil yang serupa dengan gambar contoh di atas. Angka akan diulang ke samping dan ada spasi di antara angka-angka tersebut.

cara membuat input di python

Jika ingin mempelajari program python lainnya, Anda bisa cek bagaimana cara membuat program bilangan prima python ini. Jangan lupa untuk cek juga pengertian flowchart yang cukup penting diketahui bagi para developer/programmer.

Sekian pembahasan lengkap koding contoh program python input n angka ini. Cukup banyak yang sudah dipelajari seperti input pada python, perulangan python, dan cara output python. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda yang sudah menyempatkan waktunya membaca sampai akhir.