Skip to main content

Ini Dia Kepanjangan, Pengertian, Tugas, dan Fungsinya HRD di Perusahaan

aneiqbal pengertian tugas fungsi hrd

Istilah HRD bagi sebagian banyak orang tidak asing lagi di dengar. Di perusahaan, HRD wajib ada. Di organisasi-organisasi juga mungkin ada dengan nama yang berbeda namun punya fungsi serupa dengan HRD.

Untuk Anda yang belum tahu pasti akan bertanya-tanya apa itu HRD. HRD merupakan singkatan dari Human Resource Departement. Dari situ sudah mulai terlihat sebenarnya apa itu HRD.

Apa itu HRD? Apa sih tugasnya?

HRD adalah salah satu unit/divisi/bagian perusahaan yang "me-maintenance" orang-orang yang ada di perusahaan. HRD bertugas untuk mengurusi semua hal yang berhubungan dengan SDM agar tujuan perusahaan tercapai.

Mulai dari soal perekrutan dan pemberhentian, penentuan gaji/kompensasi, perencanaan dan pengembangan SDM, reward dan punishment, sampai environment kerja yang baik.

Terus, fungsinya apa?

Secara umum, tugas HRD adalah untuk mengurusi semua hal yang berhubungan dengan SDM. Tugas tersebut, bisa dijabarkan menjadi dua fungsi; fungsi internal dan fungsi eksternal.

Fungsi Internal

Secara internal, HRD berfungsi untuk mengurus SDM dan lingkungan kerja di perusahaan. Untuk lingkungan kerja, HRD tidak sendiri. Biasanya melibatkan unit/divisi/bagian GA (General Affair). Berikut beberapa fungsinya yang bisa didetailkan.
  • Merekrut karyawan sesuai apa yang perusahaan butuhkan
  • Membuat program perencanaan dan pengembangan SDM
  • Mengawasi dan mengarahkan karyawan agar sesuai dengan SOP
  • Membuat dan menerapkan reward and punishment
  • Menciptakan dan mengondisikan lingkungan kerja yang kondusif
  • dan lain sebagainya

Fungsi Eksternal

Sudah disebutkan tadi beberapa fungsi internal HRD. Di samping itu, ada juga fungsi eksternalnya. Berikut beberapa fungsinya.

  • Mengadakan program konseling terbuka untuk memberikan wawasan kepada masyarakat seperti apa tenaga kerja yang dicari-cari oleh perusahaan. Untuk ini tentu saja tergantung dari kesanggupan HRD di perusahaan tersebut
  • Menjaga komunikasi baik dengan perusahaan lain terutama departemen HRD
  • dan lain sebagainya


Penutup

Demikian penjelasan tentang HRD, seperti apa dan bagaimana fungsinya. Semoga penjelasan singkat tadi bisa menambah wawasan Anda.
Comment Policy: Silakan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar