Skip to main content

Cara Simpel Mengganti Default Video Player (QuickTime Player) di macOS

aneiqbal cara mengganti default video player

Di macOS, ada aplikasi bawaan untuk video player. Namanya adalah QuickTime Player. Mirip seperti Windows Media Player yang ada di WIndows. Sayangnya, punya keterbatasan dalam memutar format video.

Alternatif Video Player

Karena keterbatasan itulah, diperlukan alternatif video player lain yang dapat memutar lebih banyak format video. Dan sekaligus dijadikan sebagai default video player baru.

Video player yang jadi favorit saya adalah VLC, baik di Windows maupun macOS. Setelah diinstal, langsung saya jadikan default video player. Gimana cara mengganti default video player di macOS? Simpel gaes.

Ohiya, nggak harus VLC. Bebas sesuai keinginan Anda.


Cara Menggantinya

Pertama, pilih salah satu video yang secara default diputar QuickTime Player. Kemudian, tap dengan 2 jari di video tersebut. Lalu pilih Get Info. Bisa juga dengan menekan tombol kombinasi Command + I untuk memunculkan Get Info.

aneiqbal cara mengganti default video player
QuickTime Player masih default
Get info setelah diklik

Di bagian Open with, di sana terlihat QuickTime Player masih default. Pilih video player untuk mengganti, misal VLC. Kemudian, klik Change All.

Klik Change All
Muncul popup konfirmasi penggantian default app. Klik Continue.

Klik Continue untuk mengonfirmasi
Begini setelah berhasil diganti. VLC terlihat menjadi default. Ketika ingin memutar video lagi, maka akan langsung diputar oleh VLC, bukan QuickTime Player.

Default video player sudah berganti menjadi VLC

Penutup

Video player default atau bawaan memang terkadang tidak memiliki codec atau format video yang lengkap. Perlu install aplikasi lain agar dapat memutar video dengan berbagai format.

Untuk mengganti video player default juga tidaklah sulit. Malah, terbilang sangat mudah. Cukup beberapa langkah dan Anda sudah bisa memutar video yang sangat ingin Anda tonton.
Comment Policy: Silakan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar