Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

46 Kata-Kata Sholat Jum'at Lucu, Unik, dan Menggelitik (+ Hadits Keutamaan Hari Jum'at)

kata kata sholat jumat

Halo gaes. Postingan kali ini akan membahas kata-kata sholat Jum'at yang lucu, unik, dan menggelitik. Selain itu ada juga contoh do'a-doa'. Kemudian, ada juga hadits keutamaan hari Jum'at.


Hari Jum'at merupakan hari yang spesial bagi umat islam. Salah satu sebabnya adalah adanya sholat yang dikhususkan pada hari itu; yakni Sholat Jum'at. Sholat dua rakaat di tengah hari yang dikerjakan secara berjama'ah dan tidak boleh ditinggalkan oleh umat muslim kecuali hamba sahaya, wanita, anak-anak, orang sakit dan musafir.

Terkadang, menjelang satu jam atau beberapa menit sebelum waktu Sholat Jum'at tiba, ada saja yang mencoba untuk mengingatkan untuk bersiap-siap. Entah itu di facebook, twitter, instagram, atau media sosial lainnya.

Niatnya sih boleh dibilang bagus. Mengingatkan untuk bersegera melakukan kebaikan. Tetapi, karena masyarakat kita begitu unik dan kreatif, kata-kata ajakannya juga unik bin menggelitik. Bahkan, ada pula yang ditambahkan gambar pendukung layaknya meme.

Kata-Kata Sholat Jum'at

1. Dear cowok, Sholat Jum'at nggak bikin kamu ganteng, tapi bikin kamu jadi calon imam yang baik. -angalul.com 

2. Ingat! Sholat Jum'at itu untuk mencari amal, bukan ke masjid terus nukerin sandal! -angalul.com

3. Kamu Sholat Jum'at biar ganteng? Duh, kasian. Untung saja saya sudah ganteng dari lahir. Kasian deh. -angalul.com 

4. Orang alay jaman sekarang apa-apa diupdate, ‘Sholat Jum'at dulu, ah, biar ganteng.’ Apa gak sekalian, ‘Sholat Jenazah dulu, ah, biar cepat nyusul.’ -angalul.com 

5. Walau hilang sebelah semoga kau menjadi saksi bahwa kita pernah ke masjid- Sendal hilang. -angalul.com 

6. Monggo Sholat Jum'at dulu masbro. -angalul.com 

7. Yang nggak Sholat Jum'at itu ada 2; kalau bukan cewek ya mahoi. -angalul.com 

8. Kurangi maksiat, cepatlah bertobat, ingatlah kiamat semakin dekat, selamat Sholat Jum'at. -angalul.com 

9. Nggak ada hubungannya lo Sholat Jum'at abis itu lo jadi ganteng. Itu mesjid, bukan salon. Kalo lo mau sholat, ya sholat aja yang khusyuk! -kelambit.com 

10. NEWS: Seorang JOMBLO percaya bahwa Sholat Jum'at bisa bikin GANTENG. Akibatnya JOMBLO tersebut nekat Sholat Jum'at setiap hari. -kelambit.com 

11. Percuma GANTENG, tajir, playboy, tapi imannya KOSONG. Mending jelek, jomblo tapi iman tebal, jadi jangan lupa Sholat Jum’at ya sobat. -kelambit.com 

12. Sate memang lezat rasanya, apalagi pake kerupat. Tinggalkanlah semua maksiat. Mari kita Sholat Jum’at. -kelambit.com 

13. Tips agar sendal tidak hilang ketika Sholat Jum'at adalah kita ke masjid pake sepatu. Kalau pun hilang, kan sepatunya… bukan sendalnya. -kelambit.com 

14. SHOLAT JUM’AT-nya yang ikhlas ya… Karena cuma orang jelek aja yang Sholat Jum’at-nya biar dibilang GANTENG. -kelambit.com

15. Selamat pagi. Selamat hari Jum'at. Awali dengan doa dan tebar senyum hangat ke sesama.

16. Selamat hari Jum'at. Semoga Allah memudahkan dan melancarkan segala urusan kita hari ini. Diberkahi setiap langkah yang kita lakukan.

17. Selamat hari Jum'at berkah. Terus berbenah diri dengan memperbaiki ibadah. Semoga do'a-do'a yang kita panjatkan segera Allah ijabah.

18. Selamat hari Jum'at. Mari perbanyak ibadah sunnah. Jangan lupa sedekah. 

19. Kurangi maksiat. Cepatlah bertobat. Ingatlah kiamat semakin dekat. Selamat sholat Jum'at. -poskata.com

20. Pekerjaan boleh menumpuk. Tapi jangan sampai kamu menunda-nunda sholat Jum'at. -poskata.com

21. Hari Jum'at adalah hari yang penuh berkah. Jangan kamu kurangi nikmatmu dengan tidak beribadah sholat Jumat. -poskata.com

22. Jika kamu memang ingin mendekatkan diri kepada Allah, alangkah lebih baik bila kamu rajin melaksanakan sholat Jum'at selain sholat wajib lima waktu sebagai seorang laki-laki muslim - poskata.com

23. Sebaik-baiknya manusia adalah dia yang paling bermanfaat bagi orang lain. Buah dari kecerobohan itu adalah sesal. Buah dari ketelitian adalah selamat. Jum'at Mubarak. -goodminds.id

24. Hari Jum'at penuh berkah. Tiada hari seindah hari Jum'at. Tiada kata seindah dzikir. Tiada ibadah seindah sholat. -goodminds.id

25. Siapa yang senang mempermudah kesulitan orang lain, Insyaa Allah, dengan rahmatNya akan mempermudah urusan kita di dunia dan akhirat -goodminds.id

Simak juga: 180 ucapan selamat pagi

 

Kata-Kata Doa Hari Jum'at

Berikut beberapa contoh doa yang bisa kamu ucapkan di hari Jum'at. Selain di hari Jum'at, bisa juga di hari lain karena berdoa adalah di setiap waktu.

1. Ya Allah yang telah menghidupkanku kembali pagi ini, hidupkan selalu hatiku agar senantiasa mengucap syukur atas segala nikmat yang Engkau berikan kepadaku, hidupkan pikiran dan akalku agar senantiasa mengingat Engkau setiap saat.

2. Ya Allah yang Maha Pengampun, ridhailah setiap langkah kakiku ini. Jauhkanlah kakiku dari melangkah ke tempat yang tidak Engaku ridhai.

3. Ya Allah yang Maha Pengasih, berkahilah negeri kami ini. Jauhkanlah kami dari perpecahan. Lindungilah kami dari bencana.

4. Ya Allah yang Maha Penyayang, di hari Jum'at yang agung ini, aku memohon kepadamu, ampunilah dosaku, dosa ibu bapakku, dan saudara-saudaraku. Tunjukkanlah kami jalan yang lurus, jalan yang Engaki ridhai.

5. Ya Allah yang Maha Pemurah, mudahkan dan lancarkan urusanku hari ini, berkahi dan rahmati setiap langkah yang kuderu.

6. Ya Allah yang Maha Kaya, mudahkanlah kami menjemput rezeki yang halal dan penuh berkah. Jauhkanlah kami dari segala yang haram.

7. Ya Allah ya tuhan kami, jadikanlah hari ini permulaannya adalah kebaikan, pertengahannya adalah kebahagiaan, dan penghujungnya adalah kemenangan.

8. Ya Allah ya tuhan kami, dengan namamu kami memasuki waktu pagi, mohon anugerahkan pula kepada kami keberkahan sampai akhir hari.

Simak juga: quotes bahasa jerman


Hadits Keutamaan Hari Jum'at

1. "Sebaik-baik hari dimana matahari terbit di saat itu adalah hari Jum'at. Pada hari ini Adam diciptakan, hari ketika ia dimasukkan ke dalam surga dan hari ketika ia dikeluarkan dari surga. Dan hari kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jum'at." (HR Muslim) -almanhaj.or.id

2. "Allah menyimpangkan kaum sebelum kita dari hari Jum’at. Maka untuk kaum Yahudi adalah hari Sabtu, sedangkan untuk orang-orang Nasrani adalah hari Ahad, lalu Allah membawa kita dan menunjukan kita kepada hari Jum’at." (HR Muslim) -almanhaj.or.id

3. "Di hari Jum’at itu terdapat satu waktu yang jika seorang Muslim melakukan shalat di dalamnya dan memohon sesuatu kepada Allah Ta’ala, niscaya permintaannya akan dikabulkan.’ Lalu beliau memberi isyarat dengan tangannya yang menun-jukkan sedikitnya waktu itu." (HR Bukhari-Muslim) -almanhaj.or.id

4. "Hari Jum’at itu dua belas jam. Tidak ada seorang Muslim pun yang memohon sesuatu kepada Allah dalam waktu tersebut melainkan akan dikabulkan oleh Allah. Maka peganglah erat-erat (ingatlah bahwa) akhir dari waktu tersebut jatuh setelah ‘Ashar." (HR Abu Dawud) -almanhaj.or.id

5. "Tidaklah seseorang mandi pada hari Jum’at, dan bersuci semampunya, berminyak dengan minyak, atau mengoleskan minyak wangi dari rumahnya, kemudian keluar (menuju masjid), dan dia tidak memisahkan dua orang (yang sedang duduk berdampingan), kemudian dia mendirikan shalat yang sesuai dengan tuntunannya, lalu diam mendengarkan (dengan seksama) ketika imam berkhutbah melainkan akan diampuni (dosa-dosanya yang terjadi) antara Jum’at tersebut dan ke Jum’at berikutnya." (HR Bukhari) -almanhaj.or.id

5. "Barangsiapa yang mandi lalu berangkat Jum’at, kemudian mendirikan shalat semampunya, selanjutnya diam mendengarkan khutbah (imam) hingga khutbahnya selesai kemudian shalat bersama imam, niscaya akan diampuni dosa-dosanya antara Jum’at itu hingga Jum’at berikutnya dan ditambah tiga hari lagi." (HR Muslim) -almanhaj.or.id

6. "Barangsiapa yang mandi pada hari Jum’at seperti mandi janabah lalu segera pergi ke masjid, maka seakan-akan berkurban dengan unta yang gemuk, dan barangsiapa yang pergi pada jam yang kedua, maka seakan-akan ia berkurban dengan sapi betina, dan barangsiapa pergi pada jam yang ketiga, maka seakanakan ia berkurban dengan domba yang bertanduk, dan barangsiapa yang pergi pada jam yang keempat seakan-akan ia berkurban dengan seekor ayam, dan barangsiapa yang pergi pada jam kelima, maka seakan-akan ia berkurban dengan sebutir telur. Dan apabila imam telah keluar (untuk berkhutbah), maka para Malaikat turut hadir sambil mendengarkan dzikir (nasihat/peringatan)." (HR Bukhari) -almanhaj.or.id

7. "Sungguh hari Jumat adalah tuannya hari-hari dan yang paling agung di sisi Allah." (HR Ahmad dan Ibnu Majah) -republika.co.id

8. "Ini (hari Jumat) adalah hari yang dijadikan Allah sebagai hari raya bagi kaum Muslimin." (HR Ibnu Majah dan ath-Thabrani) -republika.co.id

9. "Tiada seorang Muslim yang mati di hari atau malam Jumat, kecuali Allah menjaganya dari fitnah kubur." (HR Ahmad dan Tirmidzi) -republika.co.id

10. "Barang siapa membasuh pakaian dan kepalanya, mandi, bergegas Jumatan, menemui awal khutbah, berjalan dan tidak menaiki kendaraan, dekat dengan Imam, mendengarkan khutbah dan tidak bermain-main, maka setiap langkahnya mendapat pahala berpuasa dan shalat selama satu tahun." (HR Tirmidzi dan Hakim) -republika.co.id

11. "Barang siapa berwudhu kemudian memperbaiki wudlunya, lantas berangkat Jumat, dekat dengan Imam dan mendengarkan khutbahnya, maka dosanya di antara hari tersebut dan Jumat berikutnya ditambah tiga hari diampuni." (HR Muslim) -republika.co.id

12. "Barang siapa membaca surat al-Kahfi pada hari Jumat, maka Allah memberinya sinar cahaya di antara dua Jumat." (HR Hakim) -republika.co.id

13. "Pebanyaklah membaca shalawat kepadaku di hari dan malam Jumat. Barangsiapa membaca shalawat untuku satu kali, maka Allah membalasnya sepuluh kali." (HR Baihaqi)


Ya seperti itulah keunikan dan kreatifitas masyarakat kita. Tapi tidak semua, hanya sebagian. Sebagiannya lagi bisa jadi mengingatkan dengan kata-kata yang halus dan bijak.

Sebagiannya lagi ada yang mempersiapkan makanan dan minuman untuk dibawa ke masjid untuk dibagikan. Sebagiannya lagi ada yang mempersiapkan dagangannya. Sebagiannya lagi ada yang mempersiapkan amal terbaiknya. Sebagian lagi ada yang membaca Surat Al-Kahfi.