--> Skip to main content

5 Jenis Buah yang Sangat Efektif Untuk Mengatasi Jerawat

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa jerawat itu merupakan sebuah masalah kulit yang tidak diinginkan oleh siapapun. Jerawat ini bisa muncul di beberapa bagian tubuh seperti punggung, leher, pundak, tangan, dan wajah. Namun, biasanya masalah jerawat ini sering muncul di bagian wajah. Tentu saja jerawat yang muncul di bagian wajah itu merupakan permasalahan yang dapat mengganggu penampilan kita!

buah untuk jerawat

Berbicara soal cara mengatasi jerawat, mungkin kebanyakan dari kita akan menggunakan produk-produk anti jerawat. Padahal, ada beberapa jenis buah-buahan yang juga tidak kalah efektifnya dalam mengatasi masalah jerawat lho. Tanpa banyak panjang lebar lagi, inilah 5 jenis buah-buahan yang sangat efektif untuk mengatasi masalah jerawat yang membandel.

Masker sehat dengan buah alpukat

Jenis buah-buahan pertama yang dapat mengatasi masalah jerawat secara efektif, yakni adalah buah alpukat. Buah yang satu ini bisa kamu jadikan masker untuk perawatan kulit wajah, termasuk dalam mengatasi masalah jerawat.

Mengenai cara membuat dan cara menggunakan maskernya begini. Siapkan 1 buah alpukat, keruk daging buahnya, sisihkan kedalam mangkuk, lalu tumbuk sampai hancur. Campurkan dengan 1 cup yogurt tawar, aduk-aduk, lalu oleskan tepat pada jerawatnya. Diamkan maskernya kurang lebih selama 25 menit, kemudian basuh lagi wajah dengan air hangat sampai bersih.

Selain bermanfaat untuk bagian luar, buah alpukat juga sangat bermanfaat untuk bagian dalam. Supaya terasa lebih nikmat dan segar, kamu bisa membuat jus alpukat. Buah alpukat juga merupakan salah satu bahan detoks alami, yang dapat berguna dalam proses pembuangan berbagai racun yang masuk ke dalam tubuh.

Buah pisang yang enak bisa jadi masker wajah juga

Tak hanya buah alpukat, buah pisang juga bisa kamu jadikan masker wajah untuk memberantas masalah jerawat yang membandel. Kita langsung saja ke cara membuat dan cara menggunakan maskernya.

Siapkan 1 buah pisang, kupas kulitnya, lumatkan sampai lembut, lalu sisihkan kedalam wadah. Tambahkan dengan madu sebanyak 1 sendok makan, aduk-aduk, lalu oleskan tepat pada jerawatnya. Diamkan selama 15 – 20 menitan, lalu bilas lagi wajah dengan air hangat sampai bersih.

Buah strawberry: enak dijus dan bagus juga jadi masker

Buah yang satu ini memang paling cocok jika dijadikan segelas minuman jus. Namun tahukah kamu? ternyata buah strawberry juga dapat dijadikan masker wajah untuk mengatasi masalah jerawat lho. Berikut cara membuat dan cara menggunakan maskernya.

Siapkan setidaknya 4 – 5 buah strawberry, kemudian tumbuk sampai hancur, dan sisihkan kedalam mangkuk. Tambahkan dengan minyak zaitun sebanyak 1 sendok makan, aduk-aduk, lalu oleskan pada jerawatnya. Diamkan selama 25 menitan, lalu bilas kembali wajah dengan air hangat sampai bersih.

Obat alami batuk dan jerawat dengan buah jeruk nipis

Buah jeruk nipis ini kerap dijadikan ramuan alami untuk mengobati batuk, demam, dan pilek. Selain itu, buah jeruk nipis pun kerap dijadikan masker untuk perawatan kulit wajah. Adapun mengenai manfaat jeruk nipis untuk kecantikan kulit seperti dapat mengatasi jerawat, melembapkan kulit, mencerahkan kulit, hingga mengangkat sel kulit mati.

Cara membuatnya begini. Siapkan 4 – 5  buah jeruk nipis, kemudian sisihkan ke dalam mangkuk. Ambil sedikit kapas, celupkan pada air perasan tersebut, lalu oleskan tepat pada jerawatnya. Diamkan selama 25 menit, lalu bilas lagi wajah dengan air hangat sampai bersih.

Menggunakan buah tomat untuk masker jerawat

Jenis buah-buahan berikutnya yang ampuh untuk mengatasi masalah jerawat, yakni dengan menggunakan buah tomat. Siapkan 1 – 2 buah tomat, tumbuk sampai hancur, lalu aplikasikan maskernya tepat pada bagian jerawat. Diamkan selama 15 – 20 menit, kemudian bilas kembali wajah dengan air hangat sampai bersih.

Itulah 5 jenis buah-buahan yang dapat dijadikan masker untuk mengatasi masalah jerawat. Bagaimana, tertarikkah kamu untuk mencobanya?
Comment Policy: Silakan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar