Skip to main content

Cara Submit Sitemap Supaya Blog Terindeks Google, Bagus buat SEO Blog

aneiqbal cara submit sitemap blog google 4
Halo gaes. Semoga Anda sehat dan bahagia selalu.

Kenapa kita harus men-submit Sitemap blog kita ke Google? Buat terindeks Google? Terus, sitemap itu bukannya peta situs yang bentuk biasanya itu daftar kebawah ya? Kok disubmit dan diindeks segala.

Sebelum menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, kita perlu tahu dulu beberapa hal. Mari kita bahas bareng-bareng.


Sitemap (peta situs) dengan sitemap yang ingin disubmit ke Google itu beda

Yap. Itu hal pertama yang perlu kita tahu. Meskipun punya fungsi yang hampir sama, namun ada perbedaannya.

Sitemap (peta situs) umumnya adalah halaman yang berisi daftar atau struktur dari sebuah blog/web dan biasanya daftar tersebut berupa link. Contohnya, Anda bisa lihat sitemap di blog AneIqbal.

Fungsi sitemap (peta situs) ini adalah untuk menginformasikan bagaimana daftar atau struktur dari sebuah blog/web. Untuk siapa informasinya? untuk para pembaca alias manusia.

Sementara sitemap yang satunya lagi atau sitemap yang ingin disubmit ke Google, fungsinya adalah untuk memudahkan mesin perayap Google mengenali sebuah blog/web. Karena mesin yang berperan, maka sitemap yang ini ditujukan bukan untuk manusia alias mesin.

Sampai sini clear ya?



Submit sitemap supaya terindeks Google

Google memiliki mesin perayap (disebut Googlebot) yang membantu untuk mendapatkan konten dari blog/web yang ada di seluruh dunia berdasarkan keyword pencarian. Googlebot ke sana-ke mari mencari konten yang sesuai.

Setiap halaman yang sudah dikunjungi oleh Googlebot, akan dianalisa konten dan juga inti dari konten tersebut. Dan hasilnya akan dimasukkan ke Google Index. Halaman yang sudah dikunjungi oleh Googlebot disebut dengan Indexed, artinya sudah terindeks.


Cara submit sitemap blog

Anda harus membuka property blog Anda di Google Search Console. Lalu pilih menu Crawl > Sitemaps. Kemudian klik tombol merah bertuliskan ADD/TEST SITEMAP. Posisinya ada di sebelah kanan atas.

cara submit sitemap google

Setelah itu, ketik: sitemap.xml.

cara submit sitemap google
Sebelum klik tombol biru Submit, alangkah baiknya bila kita mengetes terlebih dulu. So, klik Test dan bila tidak ada masalah, kita bisa Submit kemudian.

cara submit sitemap google

cara submit sitemap google

cara submit sitemap google
Setelah sitemap.xml disubmit
Sampai sini, sudah selesai proses submitnya. Selanjutnya, kita hanya tinggal menunggu saja sampai konten-konten kita terindeks. Seperti ini bila sudah mulai terindeks.

aneiqbal cara submit sitemap blog google 4
Comment Policy: Silakan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar