Ini Kadar Kolesterol yang Tidak Normal yang Bisa Menyebabkan Kematian - AneIqbal - Blog Tutorial dan Informasi untuk Anda

Ini Kadar Kolesterol yang Tidak Normal yang Bisa Menyebabkan Kematian

kadar kolesterol berlebih

Ketika kita mendengar kata kolesterol, umumnya kita akan langsung berpikir berapakah kadar kolesterol yang ada pada tubuh kita. Lalu berlanjut dengan apakah kadar tersebut terbilang normal atau berbahaya.

Itu wajar. Itu sebagai bentuk pencegahan dan perlindungan terhadap diri. Kita tidak ingin terjadi sesuatu pada tubuh kita yang disebabkan oleh kolesterol dalam kadar tertentu. Apalagi, kita juga sering mendengar kolesterol selalu berhubungan dengan stroke atau serangan jantung atau bahkan kematian.

Tidak perlu khawatir. Tidak semua kolesterol itu jahat. Ada kolesterol yang punya peran baik yang turut serta menjaga kesehatan tubuh kita khususnya pada sistem peredaran darah. Tanpa adanya peran kolesterol baik, bisa-bisa proses penyempitan pembuluh darah bisa terjadi dalam kurun waktu yang cepat dan bila dibarengi dengan tingginya kadar kolesterol jahat.


Istilah Medis Kolesterol

Dalam istilah medis, kolesterol jahat disebut dengan Low Density Lipoprotein atau biasa disingkat dengan (LDL). Sedangkan kolesterol baik disebut dengan High Density Lipoprotein atau sering disingkat dengan (HDL).

Sudah jelas. Kolesterol yang patut kita waspadai dengan sangat adalah kolesterol jahat atau kolesterol LDL. Kenapa harus diwaspadai dengan sangat? Sebab, bukan main-main akibatnya. Fatalnya kita bisa berujung pada kematian.

Lalu, berapa kadar kolesterol LDL dalam tubuh yang dapat dikatakan tidak normal? Berikut jawabannya.


Kadar Kolesterol LDL yang Tidak Normal

Karena sifatnya yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan tubuh, maka kadar kolesterol LDL harus ditekan supaya menjadi lebih kecil atau normal. Sebaliknya, bila kadarnya semakin tinggi, maka semakin tidak bagus untuk kesehatan tubuh kita.

Kadar kolesterol LDL dapat dikatakan tinggi bila telah mencapai lebih dari 130 mg/dL. Itulah kadar tidak normalnya. Sementara, batas normalnya adalah kurang dari 100 mg/dL untuk dewasa dan 110 mg/dL untuk anak-anak. Ada batas toleransi juga yakni antara 100/110 hingga 129 mg/dL.

Itulah angka-angka yang harus kita ketahui terkait dengan kadar kolesterol LDL yang ada pada tubuh kita supaya kita dapat melakukan tindakan (sesuai anjuran dokter) untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.


Akibat-Akibat yang Terjadi Bila Kadar Kolesterol LDL Tidak Normal

Kolesterol LDL merupakan salah satu pemicu utama terjadinya pembentukan ateroma. Apa itu ateroma? Ateroma adalah plak-plak lemak yang menempel lalu menumpuk pada dinding-dinding arteri pembuluh darah.

Seiring berjalannya waktu dan tidak ada upaya yang dilakukan untuk menekan kadar kolesterol LDL, maka plak tersebut akan menebal dan meluas. Ini jelas sangat berbahaya. Sistem peredaran darah akan terganggu. Aliran darah menjadi tidak lancar dan bahkan bisa tersumbat.

Apa akibatnya bila aliran darah sampai tersumbat? Kita akan semakin berpotensi terkena serangan jantung atau stroke yang bisa menghantarkan kita semakin dekat dengan kematian.