Skip to main content

Berapa Kadar Kolesterol Normal yang Aman Bagi Kesehatan Tubuh? Penting untuk Kita Tahu

Kenapa kita harus mengetahui kadar kolesterol normal? Sebab, itu merupakan salah satu cara pencegahan yang dapat kita lakukan agar terhindar dari berbagai macam penyakit mematikan, seperti serangan jantung atau stroke.

Penyakit-penyakit mematikan tersebut bisa saja menghampiri tubuh kita bila kita tidak aware atau tidak memerhatikan kadar kolesterol yang ada pada tubuh kita, khususnya kolesterol LDL. Kolesterol LDL ini biasa disebut juga dengan kolesterol jahat.

Kolesterol LDL atau kolesterol jahat merupakan salah satu penyebab utama terjadinya pembentukan ateroma. Dalam istilah medis, ateroma merupakan plak-plak lemak yang menempel lalu menumpuk pada dinding-dinding arteri pembuluh darah.

Apa yang akan terjadi bila plak-plak lemak tersebut menempel dan menumpuk pada dinding-dinding arteri pembuluh darah dalam kurun waktu yang lama? Jelas. Ini jelas sangat berbahaya. Aliran pembuluh darah pada tubuh kita akan menyempit. Dari sinilah akan muncul berbagai macam penyakit yang mematikan.


Pengaruh Kadar Kolesterol LDL, Kolesterol HDL, dan Trigliserida

Tidak bermaksud untuk menakuti. Tetapi, itulah faktanya bila kadar kolesterol LDL atau kolesterol jahat berada pada angka yang tinggi. Semakin tinggi, maka akan semakin cepat mempersempit atau menyumbat aliran darah.

Sebaliknya, bila kadar kolesterol HDL atau kolesterol baik berada pada angka yang tinggi, itu akan sangat bagus untuk tubuh kita. Kolesterol HDL dapat menyerap kelebihan kolesterol LDL dalam aliran darah kita. Lalu akan ditransportasikan ke hati untuk dipecah dan dikeluarkan dari tubuh.

Selain kolesterol jahat (LDL) dan kolesterol baik (HDL), ada satu lemak dalam bentuk lain di tubuh kita. Namanya adalah Trigliserida. Trigliserida dibentuk oleh makanan yang selama ini kita cerna. Trigliserida juga dapat membahayakan kesehatan tubuh bila kadarnya berlebihan.

Untuk Anda yang belum tahu apa kepanjangan dari LDL yang biasa ditempelkan pada kolesterol jahat dan HDL untuk kolesterol baik, ini informasinya. LDL merupakan sinonim dari Low Density Lipoprotein. Sementara HDL adalah sinonim dari High Density Lipoprotein.


Kadar Normal Kolesterol Jahat (LDL) 

Karena kolesterol LDL ini punya peran jahat terhadap tubuh kita, maka kadarnya tidak boleh tinggi. Tubuh akan berterima kasih bila kadarnya rendah. Kadar rendah atau yang masih dapat ditoleransi tubuh yaitu kurang dari 100 mg/dL.

Bila kadarnya antara berada pada posisi antara 100 – 129 mg/dL, maka itu dapat dikatakan sebagai ambang batas toleransi. Bila kadarnya lebih dari 129 mg/dL, maka itu akan memperbesar kemungkinan timbulnya berbagai macam penyakit. Jadi, semakin tinggi kadarnya, maka akan semakin berbahaya bagi tubuh.

Baca juga: 8 Pantangan Makanan bagi Pengidap Kolesterol Tinggi


Kadar Normal Kolesterol Baik (HDL)

Berbeda dengan kolesterol LDL yang semakin tinggi semakin tidak bagus untuk tubuh, kolesterol HDL justru semakin tinggi malah semakin bagus. Kolesterol HDL punya peran penting untuk menyerap sisa/kelebihan kolesterol LDL lalu ditransportasikan ke hati untuk dipecah yang nantinya akan dibuang keluar tubuh.

Agar dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, tingkat HDL yang disarankan adalah minimal 60 mg/dL atau lebih. Bila kadarnya kurang dari 40 mg/dL, justru akan menaikkan risiko penyakit jantung.


Kadar Normal Trigliserida

Trigliserida juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung bila kadarnya semakin tinggi. Semakin rendah kadarnya, semakin baik untuk kesehatan tubuh. Kadar trigliserida dikatakan mencapai batas tinggi apabila mencapai 150 – 199 mg/dL. Dan bila mencapai angka 200 mg/dL atau bahkan lebih, itu sudah termasuk tinggi dan bukan merupakan kadar normal trigliserida yang baik bagi tubuh.

Itulah kadar kolesterol normal yang perlu kita ketahui agar kita dapat melakukan antisipasi atau pencegahan datangnya berbagai macam penyakit mematikan yang diakibatkan oleh tidak normalnya kadar kolesterol yang ada pada tubuh kita. Menjaga pola makan dan olahraga merupakan salah dua cara menjaga kadar kolesterol supaya tetap berada pada kadar normal yang baik bagi tubuh.
Comment Policy: Silakan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar