Cara Mengaktifkan Deskripsi Penelusuran Postingan di Blogger

Supaya blog Anda menjadi lebih ramah SEO, Anda harus tahu bagaimana cara mengaktifkan deskripsi penelusuran postingan di Blogger. Dengan begitu, artikel-artikel yang Anda buat, punya potensi yang lebih besar untuk muncul di pencarian Google.

Mengaktifkan search description ini merupakan salah satu cara optimasi SEO. Di samping itu, kata-kata yang Anda buat untuk deskripsi penelusuran ini juga dapat menentukan blog Anda akan diklik/tidak. Maka dari itu, deskripsi penelusuran ini cukup penting sehingga setelan penelusuran wajib diaktfikan.


Search Description/Deskripsi penelusuran belum aktif secara default

Saat kita mau membuat artikel di Blogger, maka tampilan yang akan kita lihat adalah seperti berikut.


Coba perhatikan bagian Setelan entri yang ada di sebelah kanan. Di sana ada Label, Jadwal, Tautan permanen, Lokasi, dan Pilihan.

Sebenarnya masih ada item pengaturan lagi yang belum terlihat. Namanya adalah Deskripsi Penelusuran atau Search Description.

Mengapa tidak terlihat? Karena secara default atau bawaan pengaturan Blogger, dia tidak diaktifkan. Kita harus aktifkan dulu baru dia akan muncul di Setelan entri atau Post settings.

setelan penelusuran

Pentingnya Search Description/Deskripsi Penelusuran untuk Postingan

Terus, kenapa sih kita harus mengaktifkan si Search Description/Deskripsi Penelusuran ini? Emangnya penting banget ya? Ngaruh banget ke postingan kita?

Iya ngaruh banget gaes. Search Description/Deskripsi Penelusuran ini ngebantu SEO postingan kita. Tau SEO kan? Search Engine Optimization.

Singkatnya, SEO bisa bikin blog kita kebanjiran trafik dari search engine gaes. Blog kita muncul paling depan plus paling atas.

Biasanya, kalau ada orang yang mengetik search keywordnya di Google dan search keyword tersebut ada di Search Description kita, maka akan ditandai dengan bold.

search description blogger

Cara Mengaktifkan Search Description Blogger

Cara mengaktifkannya mudah. Anda masuk ke Blogger. Lalu pilih menu Setelan. Setelah itu scroll ke bawah hingga menemukan bagian Meta tags. Pagi bagian Enable search description, klik buttonnya sehingga berwarna hijau seperti berikut yang tandanya sudah aktif.



Untuk memberikan kata-kata Anda sendiri yang berkaitan dengan blog Anda, klik pada bagian Search description. Setelah itu, muncul popup box yang perlu Anda isi. Klik Save untuk menyimpannya.


Mengaktifkan setelan penelusuran sangat mudah bukan? Cukup klik-klik kemudian isi deskripsinya sesuai dengan topik blog yang Anda bahas dan terakhir klik tombol Save.

Jadi begitulah cara mengaktifkan deskripsi penelusuran di Blogger. Setelah diaktifkan, jangan lupa untuk selalu mengisinya saat membuat postingan baru. Silakan tinggalkan komentar bila ada pertanyaan.