Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Artikel di Blogger Mudah dan Detail

Setelah mengikuti panduan membuat blog gratis, maka panduan selanjutnya yaitu cara membuat artikel di Blogger agar Anda bisa mengisi konten blog Anda. Simak berikut pembahasan lengkapnya secara step by step agar Anda mudah mengikutinya.


Step by step cara membuat artikel di Blogger

1. Login ke Blogger.com

Pastikan Anda sudah memiliki blog di platform Blogger. Jika belum, sebaiknya buat dulu dengan mengikuti tutorial membuat blog di blogger ini.

Syarat untuk bisa membuat blog di Blogger adalah memiliki akun Gmail. Jika Anda juga belum memiliki akun Gmail, silakan buat dahulu dengan mengikuti panduan cara membuat email di gmail. Lalu, silakan login ke Bloggernya.

Secara langsung kita diarahkan ke menu Postingan. Halaman Postingan ini adalah halaman yang pertama kali kita lihat setelah berhasil login Blogger.

Anda akan melihat beberapa menu lainnya di sebelah kiri layar. Menu yang aktif atau menu yang sedang kita buka, ditandai dengan warna oranye.

Sebelum lanjut ke langkah selanjutnya, silakan lihat panduan blog yang lainnya. Berikut di antaranya; cara membuat related post di blogspot dan fungsi jump break blogger. Kita lanjut ke tahap berikutnya.

2. Buka halaman entri tulisan atau postingan

Yang harus kita lakukan setelah login adalah membuka halaman entri tulisan atau postingan. Di halaman tersebut kita akan mulai berketik-ketik ria bersama keyboard. Gimana cara mengakses halamannya?

Caranya, dari halaman yang kita buka sekarang atau halaman Postingan, Anda akan melihat tombol berwarna putih dengan tulisan oranye bertuliskan NEW POST atau Entri baru.

Dan Anda akan diarahkan ke halaman entri tulisan. Kayak gini gaes.

artikel blogger

3. Mulai nulis gaes

Ketika halaman entri sudah terbuka di hadapan kita gaes, maka selanjutnya adalah kita harus mulai menulis.

Yang pertama kali di tulis adalah Judul postingan gaes. Posisinya ada di paling atas. Jangan sampe lupa nggak ditulis ya.

cara membuat artikel blog

Setelah beri judul postingan, selanjutnya mulai nulis artikelnya gaes di kotak putih besar di bawah Toolbar.

Toolbar ini mirip yang ada di Microsoft Word, untuk setting huruf/paragraf dan penambahan konten berupa image dan video.

cara membuat artikel di blogger

Lalu di bagian kanan ada Setelan entri. Di bagian ini, saat ini fokus pada 3 hal aja gaes, yaitu: Label, Tautan permanen, dan Deskripsi Penelusuran.

Secara default atau bawaan dari Bloggernya, Deskripsi Penelusuran itu nggak ada di Setelan entri ini gaes. Di harus kita aktifkan dulu baru kemudian muncul di Setelah entri. Caranya mengaktifkannya pun mudah. Silaka lihat panduan cara mengaktifkan deskripsi penelusuran ini.

cara menulis artikel di blog

Label untuk kategori artikelnya. Tautan permanen adalah link untuk akses artikelnya. Bisa kita isi sendiri & bisa otomatis tergenerate setelah kita mengisi Judul postingan.

Lalu Deskripsi Penelusuran, gunanya adalah untuk menampilkan sebagian informasi dari artikel ketika link artikel dipreview di platform lain. Misalnya di Google Search dan Facebook.

cara buat artikel di blog

cara menulis artikel di blog

Deskripsi Penulusuran ini penting banget buat diisi gaes. Jangan sampai kosong dan jangan sembarang isi. Kenapa? untuk SEO gaes. Search Engine Optimization.

Selanjutnya kotak besar putih yang ada di bawah. Ini adalah tempat kita mengetik segala macam huruf dan kata gaes. Tempat artikel disusun.

Di tempat postingan, kita bisa tambah gambar, video, link, quote, list, dan masih ada yang lainnya. Gunanya untuk membuat postingan kita semakin menarik.

Ohiya, selama kita terus mengetik dan menambah jumlah kata postingannya, Blogger otomatis nyimpan gaes. Tau dari mana kalau Blogger menyimpan perubahan isi postingan kita?

Di pojok kanan atas, ada tombol abu-abu muda berlabel Simpan. Kalau Blogger lagi proses simpan, maka dia akan berubah labelnya menjadi Menyimpan....

cara buat artikel di blog

Sampai sini, kita sudah selesai membuat sebuah postingan. Kalau masih ada pertanyaan, jangan ragu untuk nulis di kolom komentar ya.

Simak juga panduan blog lainnya seperti cara membuat tombol share di blog, cara membuat syntax highlighter di blog, dan cara membuat recent post di blog. Kita lanjut ke langkah berikutnya.

4. Publish Postingannya gaes

Setelah postingan selesai kita buat, selanjutnya adalah mempublikasikannya. Tujuannya supaya postingan yang kita buat, bisa diakses dan dibaca orang banyak. Caranya publishnya gampang.

Masih ingat dengan tombol Simpan yang berubah menjadi Menyimpan...? Di sebelah kanannya, ada 2 tombol, yakni Pratinjau dan Tutup. Di sebelah kirinya ada tombol oranye Publikasikan.

cara menulis artikel blog

Untuk mempublikasikan postingan, klik tombol oranye Publikasikan. Blogger otomatis meng-online-kan postingan kita.

Untuk melihat postingan yang telah kita publikasi, caranya adalah dengan mengklik ikon mata yang berada tepat di samping kanan judul postingan yang telah terbit. Dan kita akan diarahkan ke tab baru setelah mengkliknya.

5. Selesai..

Selamat! Anda telah berhasil membuat artikel di Blogger. Nggak susah kan? Kalaupun sulit, mungkin hanya belum terbiasa saja. Kalau ada pertanyaan, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar ya.

Sebelum beranjak dari sini, AneIqbal masih punya rekomendasi panduan blog lainnya. Silakan cek juga cara membuat visitor counter di blog dan cara membuat favicon blog ini untuk menambahkan fitur dan tampilan pada blog Anda.

Demikian panduan cara menulis artikel blog khususnya platform Blogger. Membuat artikel itu menyenangkan dan seru. Semangat terus untuk rajin memproduksi artikel blog Anda.