Tutorial PHP & MySql: Membuat Sistem CRUD Sederhana Data Mahasiswa Part III (Update) - 3 - AneIqbal

Post Top Ad

Tutorial PHP & MySql: Membuat Sistem CRUD Sederhana Data Mahasiswa Part III (Update) - 3

Share This
tutorial crud php mysqli
Halo gaes. Apa kabar? Semoga sehat dan bahagia selalu ya. Kita lanjut ngebahas tutorial PHP dan MySql dengan menggunakan mysqli.

Di postingan sebelumnya, kita sudah berhasil menampilkan data dari database berdasarkan id unik datanya ke form edit. Sudah baca?

Wah.. kalau belum, baca dulu postingannya ya. Ini postingannya: Tutorial PHP & MySql: Membuat Sistem CRUD Sederhana Data Mahasiswa Part III (Update) - 2.

Oke sip.. kita lanjut kalau sudah baca.



Kali ini kita akan bahas cara membuat kodingan untuk mengupdate data ke database. Data yang ditampilkan di form edit, bisa kita ubah sesuai mau kita.

Bila sudah selesai ngeditnya, maka kita simpan perubahan data tersebut ke database. Inilah yang disebut sebagai proses update. Proses update ini juga memerlukan id unik data sebagai kuncinya.

Mengapa? karena saat kita mengedit data, kita hanya mengubah satu data saja dan satu data itu diambil berdasarkan id unik datanya. Sehingga, saat update pun demikian. Kita hanya update data yang baru saja diedit.

Di postingan sebelumnya kita sudah bahas form editnya dan di form itu kita arahkan proses updatenya ke file prosesUpdate.php. So, ini dia isi file tersebut.

<?php
include('koneksi.php');

$id = $_POST['id'];
$nim = $_POST['nim'];
$nama = $_POST['nama'];
$jenis_kelamin = $_POST['jenis_kelamin'];
$tgl_lahir = $_POST['tanggal_lahir'];
$alamat = $_POST['alamat'];
$jurusan = $_POST['jurusan'];

$query = mysqli_query($connect, "UPDATE mahasiswa SET nim='$nim', nama='$nama', jenis_kelamin='$jenis_kelamin', tanggal_lahir='$tgl_lahir', alamat='$alamat', jurusan='$jurusan' WHERE id='$id'");

if($query){
 echo 'Data berhasil diupdate. Klik <a href="index.php">di sini</a> untuk ke halaman depan.';
}else{
 echo 'Data gagal diinput. Klik <a href="index.php">di sini</a> untuk ke halaman depan.';
}

?>

Secara bentuk, mungkin nggak jauh berbeda dengan file proses insert yang sudah kita buat di postingan sebelumnya tentang CREATE. Ada sedikit penambahan dan perubahan di file proses update.

Sudah pasti kita perlu memanggil file koneksi. Kan mau proses update data ke database. Anda sudah baca postingan cara membuat file koneksinya?

Setelah itu, ada tambahan berupa variabel id ($id). $id akan menangkap nilai yang dikirim dari inputan hidden dengan name="id" pada form edit. Nilainya adalah id unik dari data tersebut.

Variabel yang lain kurang lebih sama dengan variabel pada proses insert. Ada nama, nim, jenis kelamin, dan seterusnya.

Selanjutnya, ada perubahan query pada bagian mysqli_query. Querynya akan mengupdate seluruh field yang ada pada table mahasiswa dengan syarat/kondisi id unik datanya sama dengan yang dikirim oleh inputan hidden pada form edit.

Itulah sebabnya dia hanya akan mengupdate data yang diedit saja. Data yang lainnya tidak berubah.

Terakhir, codingan if/else untuk memberi aksi selanjutnya untuk setiap kondisi dari hasil query. Bila query sukses, maka akan muncul pesan 'Data berhasil diupdate.... '. Dan sebaliknya.

tutorial crud php mysqli
Yeay.. berhasil diupdate!

Kita akan melihat perubahan datanya seperti ini.

tutorial crud php mysqli
Sebelum diupdate

tutorial crud php mysqli
Setelah diupdate
Bagaimana?
Berhasil juga kan?

So.. sudah selesai pembahasan kita tentang Update. Mari kita move on ke pembahasan D pada CRUD atau Delete di postingan selanjutnya.

Next: Tutorial PHP & MySql: Membuat Sistem CRUD Sederhana Data Mahasiswa Part IV (Delete)

Semua Tutorial PHP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan kalimat yang bijak.

Post Bottom Ad