Cara Membuat Variabel-Variabel di PHP dan Contohnya - AneIqbal - Blog Tutorial dan Informasi untuk Anda

Cara Membuat Variabel-Variabel di PHP dan Contohnya

Share
tutorial php indonesia
Halo gaes. Apa kabarnya dirimu? Semoga Anda sehat dan bahagia selalu ya. Kita bahas variabel di PHP yuk. Penting banget ini karena always kepake pake banget gaes.

Anda yang sudah pernah belajar persamaan linear pasti nggak asing sama yang namanya variabel dan variabel yang paling favorit di materi itu adalah x dan y.

Dimana x dan y ini harus kita cari nilainya. Jika sudah ketemu nilai salah satunya, maka kita bisa mencari nilai variabel yang lain.



Fokusnya adalah pada variabel dan nilai. Variabel berisi nilai. Nilai merupakan isi dari sebuah variabel.

Itukan variabel di pelajaran matematika. Variabel di PHP gimana?
Sama!

Variabel di PHP juga berfungsi untuk menampung nilai. Bedanya, variabel di PHP diawali dengan tanda dolar ($) dan ini kudu ada. Nggak boleh nggak ada.

Kalo nggak ada tanda dolar?
Dia nggak dikenali sebagai variabel. Bisa eror gaes.

Gimana sih bentuknya?
Kayak gini nih.
<?php

$namaMotor = "Kawasaki Z 125 Pro";
$tahunPembuatan = 2017;
$kapasitasBensin = 7.4;

?>

Kalo mau singkat, bisa juga kok.
Begini.
<?php

$nm = "Kawasaki Z 125 Pro";
$tp = 2017;
$kb = 7.4;

?>

Satu huruf juga bisa kok. Misal; $a, $b, atau $c.
Asalkan, setelah tanda dolar itu huruf atau tanda underscore (_).

Terus, gimana yang nggak boleh?

Variabel nggak boleh diawali dengan angka gaes. Inget ya. Variabel juga case-sensitive. Artinya, besar kecil huruf berpengaruh. $aneiqbal dengan $AneIqbal ini nggak sama.

Buat variabel di PHP itu gampang. Tinggal ketik nama variabelnya, terus kasih isinya. Nggak perlu pake deklarasi atau ngeset tipe datanya segala. Contohnya kayak yang ada di bahasa pemrograman Java.

PHP sudah otomatis ngeset tipe data.

Kalau variabel kita isi dengan nilai baik huruf ataupun angka disertai kutip, maka PHP akan membacanya sebagai string. Bila cuma huruf saja tanpa kutip, maka eror akan terjadi.
<?php

$namaMotor = Kawasaki Z 125 Pro;
?>

Tampilannya.
tutorial php indonesia
Eror karena tidak adanya kutip pada nilai huruf

Kalau variabel kita isi dengan angka saja tanpa kutip, maka ini akan dibaca sebagai data integer dan kita bisa melakukan operasi aritmatika.
<?php
$lebar = 10;
$panjang = 200;

$luaspersegi = $lebar*$panjang;
echo "Luas persegi=> panjang x lebar: ".$lebar." x ".$panjang." = ".$luaspersegi;
?>

Tampilannya.
tutorial php indonesia
Hasil operasi perkalian dari variabel bernilai integer

Sampai sini paham ya?
Lanjut.

Lalu gimana sih caranya buat nampilin nilai atau data yang kita simpen ke variabel?

Kita bisa pake echo atau print gaes. Itu contohnya ada di atas.
Atau kayak gini nih.
<?php

$namaMotor = "Kawasaki Z 125 Pro";
$tahunPembuatan = 2017;
$kapasitasBensin = 7.4;

echo $namaMotor;
echo " ";
echo $tahunPembuatan;
echo " ";
echo $kapasitasBensin;
?>

Tampilannya.
tutorial php indonesia
Hasil echo variabel
Eh.. sudah tau echo kan? Kalau belum, Anda bisa baca postingan ogut soal echo di sini.

Nah.. begitulah pembahasan kita tentang variabel di PHP. Cara buatnya nggak sampe bikin kepala pusing tujuh keliling.

Sampai jumpa di postingan selanjutnya!

Semua Tutorial PHP



--
Referensi:
https://www.w3schools.com/php/php_variables.asp

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan kalimat yang bijak.