Tutorial PHP & MySql: Cara Membuat Koneksi ke Database MySql - AneIqbal

Post Top Ad

Tutorial PHP & MySql: Cara Membuat Koneksi ke Database MySql

Share This
Halo bro. Kali ini kita akan bahas cara membuat koneksi dari PHP ke database MySql. Ini adalah langkah yang sangat penting dalam membuat sebuah aplikasi web. Kenapa? karena tanpa adanya koneksi ini, aplikasi web kita tidak bisa terhubung ke database. Sebuah aplikasi sangat membutuhkan database.
cara membuat koneksi database ke mysql

cara membuat koneksi database ke mysql


Buat databasenya terlebih dahulu

Apa langkah awal untuk membuat koneksi antara PHP dengan database MySql? Pertama, kita harus membuat databasenya. Dalam tutorial ini, saya menyontohkan membuat database kampus.


Bila Anda belum tahu caranya, saya sudah tuliskan cara membuat database bahkan sampai membuat table juga. Anda bisa membacanya di postingan ini: Tutorial MySql: Cara Membuat Database Kampus dan Table Mahasiswa Lewat phpMyAdmin.

cara membuat koneksi database ke mysql

Lalu buat file koneksinya

Selanjutnya adalah membuat koneksi ke database tersebut dengan cara membuat sebuah file PHP yang berisi codingan seperti berikut dan simpan file dengan nama koneksi.php.
<?php
$connect = mysqli_connect("localhost", "root", "", "kampus");

if($connect){
 echo "Koneksi ke database berhasil";
}else{
 echo "Koneksi ke database gagal. Mohon periksa lagi config koneksi database Anda";
}
?>

Perhatikan pada baris awal. Kita membuat variabel $connect untuk menyimpan hasil proses mysqli_connect(). mysqli_connect() akan menghasilkan nilai true bila berhasil terhubung dengan database dan false bila gagal terkoneksi.

Pada mysqli_connect() di atas, kita memasukkan empat parameter. Pertama adalah hostnya, bisa berupa IP juga. Kedua adalah user dari database dan dalam hal ini adalah root. Lalu password dari user tersebut, kosong karena memang rootnya belum dipasang password. Terakhir adalah nama database yang ingin kita hubungkan dan di atas, kampus adalah nama databasenya.

Bila koneksinya berhasil, kita akan menampilkan pesan "Koneksi ke database berhasil". Jika gagal, pesan "Koneksi ke database gagal. Mohon periksa lagi config koneksi database Anda" akan muncul.

Jalankan filenya

Setelah kita buat file koneksi.php, sekarang saatnya untuk menjalankan file tersebut dan melihat responnya. Apakah kita sudah benar memasukkan parameter sesuai dengan databasenya atau belum.

cara membuat koneksi ke database mysql

Wah.. saya berhasil terkoneksi ke database! Bagaimana dengan Anda?

Sebenarnya, saat kita sudah berhasil terkoneksi ke database, kita nggak perlu terus-terusan menampilkan 'Koneksi ke database berhasil'. Cukup sekali saja untuk memastikan bahwa benar-benar sudah terkoneksi.

Jika sudah dipastikan berhasil, maka kita dapat menyembunyikan pesan tersebut. Caranya gampang. Tinggal beri tanda komentar (//) pada kode di atas di bagian sukses terkoneksi agar tidak dibaca oleh server.

Seperti ini codingannya.
<?php
$connect = mysqli_connect("localhost", "root", "", "kampus");

if($connect){
 //echo "Koneksi ke database berhasil";
}else{
 echo "Koneksi ke database gagal. Mohon periksa lagi config koneksi database Anda";
}
?>

Rekomendasi untuk Anda
Tutorial PHP: Cara Membuat Sistem Login dengan Nama dan Nomor Induk Mahasiswa
Tutorial PHP: Cara Membuat Sistem Login Session dengan Nama & Nomor Induk Mahasiswa
Cara Menampilkan Animasi Jam Server dengan PHP dan Javascript

2 komentar:

  1. Subhannallah manthep shensei... Terus berbagi ilmu ya... Barakallah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah.. insyaa Allah siap kaka!

      Hapus

Silakan berkomentar dengan kalimat yang bijak.

Post Bottom Ad