Manakah yang Benar? Standarisasi atau Standardisasi? Simak Jawabannya Di Sini! - AneIqbal - Blog Tutorial dan Informasi untuk Anda

Manakah yang Benar? Standarisasi atau Standardisasi? Simak Jawabannya Di Sini!

Di keseharian kita, kita sering kali mendengar kata standarisasi. Entah itu di surat resmi, pengumuman, buku-buku, atau media online. Lalu di samping standarisasi, kita juga mendengar ada standardisasi. Meskipun memang lebih jarang terdengar dan cenderung asing di telinga.

Jadi manakah kata yang benar di antara keduanya? standarisasi atau standardisasi? Apakah dasar katanya standar atau standard? Apakah ada akhiran -isasi?
standarisasi atau standardisasi


Kita mulai dari standarisasi. Penggunaan standarisasi terjadi karena sebagian orang beranggapan bahwa ada kata standar yang dapat diberi akhiran -isasi dalam bahasa Indonesia. Apakah benar ada kata standar lalu diberi akhiran -isasi?


Merujuk ke situs resmi Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yang sebelumnya telah membahas hal ini, di artikel tersebut dikatakan bahwa benar ada kata standar tetapi tidak ada akhiran -isasi. Lalu darimana istilah -isasi ini muncul?

Akhiran -isasi berasal dari bahasa Inggris -ization, dan ini diserap ke dalam bahasa Indonesia bersama dengan kata dasarnya. Contoh lainnya: organization menjadi organisasi; mobilization menjadi mobilisasi.

Jangan lewatkan!
Manakah yang Benar? Praktik atau Praktek? Apotek atau Apotik?
Penyebab-Penyebab Kalimat Menjadi Tidak Efektif
Cara Menampilkan Animasi Jam Server dengan PHP dan Javascript

Kita tahu bahwa ada kata organ dalam khazanah kata bahasa kita. Tetapi, kata organisasi bukan berasal dari kata dasar organ ditambah akhiran -isasi. Begitu juga dengan kata mobil.

Lalu bagaimana dengan kata standar? Sama seperti kedua contoh kata di atas. Kata standar merupakan serapan dari kata standard.  Tapi bukan ditambah -isasi lalu menjadi standarisasi. Bentuk yang benar adalah standardisasi dan ini diserap dari bahasa Inggris standardization. Jadi, keduanya merupakan serapan dari bahasa Inggris.

Semua Materi Bahasa Indonesia