Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Setting Mikrotik Indihome Step by Step

Ternyata cukup banyak juga yang mencari cara setting mikrotik Indihome di gugel. Nah, kali ini kita akan membahasnya secara step by step lengkap dengan screenshoot prosesnya. Gimana ya cara konekinnya? Siapa yang pakai Modem Indihome di rumah atau di kantor?

Sebelum AneIqbal masuk ke pembahasan utama, mungkin Anda juga perlu cek cara ganti password wifi Indihome ini. Mengganti password wifi bukanlah perkara yang begitu sulit dan tidak perlu mengandalkan bantuan teknisi.

Di samping itu, jika Anda belum mengetahui seberapa cepat internet Anda di rumah atau kantor, Anda bisa lihat cara mengukur kecepatan internet ini untuk menjawab rasa penasaran Anda. Anda pun juga dapat memastikan kecepatannya sudah sesuai dengan paket internet yang Anda pilih. Lanjut ke topik pembahasan tadi.

Untuk meng-optimalisasi penggunaan jaringan/network yang kita miliki, maka dibutuhkan sebuah alat yang biasa disebut dengan router. Router tersebut yang akan me-manage jaringan yang kita miliki. Diantara fungsi router adalah sebagai berikut:

  1. Mengatur jalur (route) yang akan dilewati oleh sebuah paket data
  2. Mengatur kapasitas (management) bandwidth yang digunakan tiap user
  3. Mengatur konfigurasi Firewall
  4. dan masih ada lagi fungsi lainnya

Pada kesempatan kali ini, jenis router yang akan kita gunakan sebagai eksperimen adalah Mikrotik. Skema/topologi yang akan diterapkan kira-kira seperti berikut.

mikrotik indihome

Secara default, modem indihome terpasang IP 192.168.100.1. Jika didapati modem yang digunakan sobat memiliki IP dan tampilan yang berbeda, silakan disesuaikan dengan kondisi yang ada.


Langkah-langkah cara setting mikrotik Indihome

Sebelum melakukan konfigurasi di sisi Mikrotik, kita pastikan terlebih dahulu di sisi Modem Indihome-nya. Setting IP di laptop/PC yang akan kita gunakan untuk melakukan remote menjadi 192.168.100.10, dengan Subnet Mask 255.255.255.0

Setelah menyettingnya, pastikan sudah terganti dengan baik. Ada beberapa cara untuk mengeceknya. Jika lupa, silakan cek cara mengecek IP laptop ini untuk memastikannya kembali.

Kemudian lakukan tes ping untuk memastikan laptop kita sudah terhubung dengan baik dengan Modem Indihome tersebut.

cara setting mikrotik indihome

Jika sudah dapat diping, kemudian akses via browser untuk memastikan status jaringan WAN di modem. Jika penasaran dengan WAN, silakan cek cara membuat jaringan WAN ini untuk melihat simulasinya.

cara pasang mikrotik di indihome

Keterangan gambar di atas menunjukkan Modem Indihome sudah terkoneksi ke Internet dengan baik. Selanjutnya hubungkan Modem Indihome dengan Mikrotik menggunakan kabel UTP. Kita asumsikan Modem terhubung di port 4 Mikrotik.

Kemudian hubungkan juga laptop yang kita gunakan untuk remote Mikrotik tersebut. Kita asumsikan laptop dihubungkan di port 3 Mikrotik. Selanjutnya buka aplikasi winbox untuk remote Mikrotik tersebut.

setting mikrotik dengan indihome

Setelah aplikasi winbox terbuka, pilih tab Neighbors dan Connect MAC Address router yang akan kita remote dengan username dan password yang digunakan. Secara default, username yang digunakan adalah admin, dan passwordnya kosong ().

Setelah berhasil akses ke Mikrotik tersebut via Winbox, selanjutnya kita akan konfigurasi Mikrotik agar dapat terhubung ke Modem Indihome.

pasang mikrotik di indihome

Setting IP pada interface yang mengarah ke Modem Indihome (Port 4). Karena default IP Modem Indihome adalah 192.168.100.1, maka kita setting IP di Mikrotik dengan 192.168.100.2/24.

Selanjutnya lakukan langkah yang sama seperti di atas untuk melakukan konfigurasi IP ke arah LAN (User) pada Port 3. Kita asumsikan IP di Mikrotik yang mengarah ke interface LAN adalah 192.168.60.1/24.

Setelah IP selesai dikonfigurasi, selanjutnya kita akan membuat route ke arah Gateway (Modem Indihome) agar mendapatkan koneksi dari Modem.

Masuk ke menu IP > Routes. Tambahkan Route List baru dengan Dst. Address 0.0.0.0/0 dan Gateway ke arah IP Modem (192.168.100.1).

cara memasang mikrotik di indihome

Setelah Route List ditambahkan, selanjutnya kita lakukan tes ping ke arah gateway dan internet, untuk memastikan apakah Mikrotik sudah dapat terhubung ke internet dengan baik.

Masuk ke menu Tools > Ping. Kemudian Ping ke 192.168.100.1 untuk memastikan koneksi ke gateway dan 8.8.8.8 (DNS Google) untuk memastikan koneksi ke internet. Jika dua tujuan tersebut sudah dapat diping, maka Mikrotik tersebut sudah dapat terhubung ke internet.

cara setting mikrotik dengan indihome

Selanjutnya, kita setting DNS di Mikrotik agar dapat akses internet menggunakan Domain (seperti www.google.com). Jika DNS tidak dipasang, maka tidak dapat akses ke internet menggunakan Domain. Hanya dapat akses berupa IP. Selengkapnya Anda bisa cek cara kerja DNS server ini.

Masuk ke menu IP > DNS. Kemudian di kolom Servers isikan DNS Google (8.8.8.8). Kemudian lakukan tes ping ke google.com dan detik.com untuk memastikan DNS terpasang dengan baik. 

mikrotik indihome


cara setting mikrotik indihome

Jika Mikrotik sudah dapat terhubung ke internet dengan baik, maka selanjutnya memastikan agar client mendapatkan akses internet dari Mikrotik. Setting NAT agar client mendapatkan akses Internet dari Mikrotik.

Masuk ke menu IP > Firewall > NAT. Kemudian konfigurasi sesuai gambar berikut.

cara pasang mikrotik di indihome


setting mikrotik dengan indihome

Sebelumnya di Mikrotik sudah dikonfigurasi IP pada interface yang mengarah ke LAN. Selanjutnya lakukan konfigurasi juga IP di sisi client.

Karena sudah dialokasikan IP ke arah LAN dengan IP 192.168.60.1/24, maka IP yang bisa digunakan di sisi client adalah 192.168.60.2 – 192.168.60.254. Setelah IP di sisi client sudah dilakukan konfigurasi, maka di sisi client sudah dapat terhubung ke Internet dengan mendapatkan koneksi dari Mikrotik.

Setelah Anda berhasil pasang mikrotik di Indihome, sekarang kita dapat lebih leluasa mengonfig dan memonitor koneksi internet yang kita miliki. Silakan cek juga postingan cara sharing printer ini karena mungkin sedang Anda butuhkan.