9 Tips Cara Menyimpan Bumbu Dapur agar Awet dan Tahan Lama - AneIqbal - Blog Tutorial dan Informasi untuk Anda

9 Tips Cara Menyimpan Bumbu Dapur agar Awet dan Tahan Lama

Halo gaes.Apa kabar? Semoga sehat dan bahagia selalu ya.

Sudah pernah masak? Masakan apa yang pernah kamu buat? Atau jangan-jangan, nggak tau dan nggak kenal sama bumbu dapur? Waduh.

Bumbu dapur adalah perlengkapan memasak yang wajib ada ketika kita ingin memasak. Tidak ada satupun masakan yang dimasak tanpa menggunakan bumbu. Tapi nih, sering kali kita kerepotan menyimpan bumbu-bumbu ini supaya awet dan tahan lama, ya biar bisa kita pakai lagi sisanya.

cara menyimpan bumbu dapur

Sering juga bumbu yang sudah kita beli banyak jadi terbuang percuma karena membusuk. Nah, supaya bumbu-bumbu dapur ini nggak busuk, awet, dan tahan lama, ada beberapa tips yang dapat kita lakukan. Apa saja? Simak ya ladies karena ini menyangkut juga masa depan kamu.


Simpan bumbu dapur dalam wadah kedap udara

Untuk bumbu dapur halus siap pakai bisa dikemas langsung dalam wadah kedap udara seperti botol, toples dan lainnya, Lalu simpan di dalam freezer. Keluarkan seperlunya jika ingin digunakan.

Beli bumbu dapur seperlunya saja

Jika membeli bumbu dapur dalam jumlah banyak, maka kulkas adalah tempat terbaik untuk menyimpannya. Keadaan bumbu dapur akan tetap baik selama 3 hari. Tapi lebih disarankan membeli bumbu dapur seperlunya saja.

Wadah kering dan tertutup bagus untuk bumbu dapur

Untuk bumbu bubuk, rempah-rempah, dan biji-bijian, simpanlah dalam wadah kering dan tertutup. Simpan dalam suhu ruang atau taruh ditempat yang pencahayaannya lebih sedikit. Hal ini untuk meminimalisir tumbuhnya jamur atau dimakan serangga. Sehingga kualitas bumbu masih terjaga jika ingin digunakan nanti.

Bungkus cabai dalam plastik lalu ikat dan masukkan ke dalam freezer

Untuk cabai utuh, mencegahnya agar tidak mudah busuk, tarulahlah secukupnya cabai yang akan digunakan untuk memasak pada plastik-plastik kecil, lalu ikat dan masukan kedalam freezer.

Baca juga ya:

Pisahkan kentang dan bawang

Untuk kentang dan bawang sebisa mungkin harus dipisah. Letakan kentang dan bawang di tempat terpisah dan kering. Ini untuk menghindari agar tidak cepat membusuk.

Letakkan bumbu dapur di tempat yang sirkulasi udaranya bagus

Untuk kunyit, jahe, kencur, dan sejenisnya, simpan di tempat yang mempunyai sirkulasi udara yang baik dan juga kering. Kalau disimpan di tempat yang lembab, mereka akan cepat kena jamur dan membusuk.

Jangan simpan daun salam di kulkas

Untuk daun kering seperti daun salam, daun jeruk, dan serai, simpan di lemari penyimpanan yang tidak lembab, bukan kulkas.

Bungkus bumbu dapur menggunakan kertas

Daun segar dan sayuran seperti daun bawang, seledri, selada, dan bayam, bungkus terlebih dahulu dengan kertas, lalu masukkan ke dalam plastik. Kemudian simpan didalam kulkas.

Tumis bumbu dapur terlebih dahulu

Untuk bumbu dapur halus bisa juga ditumis terlebih dahulu. Setelah itu taruh di wadah tertutup. Tambahkan sedikit minyak tumisan agar bumbu dapur halus lebih tahan lama.