2 Cara Mudah Mengecek IP Address di Windows - AneIqbal - Blog Tutorial dan Informasi untuk Anda

2 Cara Mudah Mengecek IP Address di Windows

Halo sobat AI! Kali ini kita ngomongin networking. Apa yang dibahas? Yang mau kita bahas adalah cara mengetahui IP address laptop/PC kita yang menggunakan OS Windows.

Untuk mengetahui IP Address yang digunakan sebuah laptop/PC, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan. Pertama, bisa melalui Command Prompt (CMD) dan kedua melalui Control Panel. Yuk kita bahas dua cara tersebut.

Cek IP Address Menggunakan Command Prompt/CMD

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menekan tombol Windows dan huruf R di keyboard. Maka akan muncul tampilan seperti berikut. Kemudian ketikkan cmd di kolom yang tersedia, lalu tekan enter atau pilih OK.

cara cek ip address di windows


Maka akan muncul tampilan seperti berikut.

cara cek ip address di windows

Setelah muncul tampilan CMD seperti di atas, kemudian ketikkan ipconfig, maka akan muncul keterangan IP yang digunakan seperti berikut.

cara cek ip address di windows

Keterangan gambar di atas menunjukkan IP Address yang digunakan oleh PC/laptop tersebut adalah 192.168.30.136 dengan Subnet Mask 255.255.255.0 dan Gateway 192.168.30.5.

Di gambar tersebut juga tertera IP Address yang digunakan menggunakan interface Wireless LAN adapter Wi-Fi, dikarenakan PC/laptop tersebut terhubung ke network/jaringan menggunakan Wireless Adapter/Wifi. 

Jika PC/laptop sobat menggunakan LAN, maka keterangan IP Address tersebut akan muncul di interface Ethernet adapter.

Baca juga ya:

Cek IP Address Menggunakan Control Panel

Selanjutnya kita akan coba melakukan pengecekan IP Address menggunakan Control Panel. Untuk memulainya, sobat bisa mengarahkan mouse/pointer ke pojok kanan bawah taskbar ke logo Wifi atau LAN, kemudian klik kanan maka akan muncul tampilan seperti berikut.

cara cek ip address di windows

Kemudian pilih Open Network and Sharing Center dan akan muncul tampilan seperti di bawah ini.

cara cek ip address di windows

Lalu pilih Change adapter settings dan pilih (double klik) di Interface yang digunakan (Wifi atau LAN), kemudian klik details. Maka akan tampil konfigurasi IP di PC/laptop tersebut.

cara cek ip address di windows