Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kuadrat, Akar Kuadrat, Pangkat, Akar Pangkat dan Rumusnya di Microsoft Excel serta Kalkulator HP

Halo pembaca yang budiman. Sesuai judulnya, bahasan kita kali ini adalah tentang kuadrat, akar kuadrat, pangkat, akar pangkat, dan rumusnya di Microsoft Excel serta cara perhitungannya di kalkulator HP. Mari kita bahas bersama-sama.


Kuadrat dan Akar Kuadrat

Akar kuadrat merupakan invers atau operasi kebalikan dari pangkat 2. Kuadrat itu sendiri, menurut KBBI versi online, adalah kelipatan atau pengalian sebesar jumlah yang dilipatkan atau dikalikan. Sederhananya, pengalian sebesar bilangan itu sendiri.

Cara Menghitung Kuadrat

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, pada prinsipnya, menghitung bilangan kuadrat adalah mengalikan bilangan dengan bilangan itu sendiri. Sehingga:
a2 = a x a
102 = 10 x 10 = 100


Contoh kuadrat lainnya bilangan 0 – 9
02 = 0 x 0 = 0
12 = 1 x 1 = 1
22 = 2 x 2 = 4
32 = 3 x 3 = 9
42 = 4 x 4 = 16
52 = 5 x 5 = 25
62 = 6 x 6 = 36
72 = 7 x 7 = 49
82 = 8 x 8 = 64
92 = 9 x 9 = 81

Simak juga: rumus rumus luas permukaan


Cara Menghitung Akar Kuadrat

Untuk menghitung akar kuadrat digunakan metode ekstraksi. Metode ini mengekstrak atau memisahkan menjadi 2 angka dari suatu bilangan. Contohnya angka 256, maka bila diekstrak menjadi 2 dan 56. Misalnya lagi angka 2025, maka menjadi 20 dan 25.

Setelah diekstrak, kemudian dicari nilai akar terdekatnya dari bilangan yang sudah dipecah tadi. Kemudian dikurangkan lalu dilanjutkan dengan mencari pasangan perkalian. Berikut contohnya.

Contoh 1: Berapakah akar kuadrat dari √625?
Jawab:

Pertama ekstrak/pisahkan bilangan menjadi 2 digit. Sehingga:
√625 -> √6 25

Kedua cari nilai akar yang sama atau terdekat dari bilangan paling kiri, yaitu √6. Akar yang sama atau paling mendekati adalah 2 karena 22 = 4. Kalau 3, hasilnya sudah 9, berarti melebihi 6.

Ketiga, kurangkan bilangan paling kiri dengan nilai akar kuadrat tadi yang dikuadratkan (22 = 4). Setelah dikurangkan, turunkan juga bilangan ekstraksi kedua, yakni 25.

Keempat, cari pasangan perkalian dari nilai akar kuadrat tadi yang dikuadratkan (22 = 4). Bentuknya menjadi 4(…) x (…) ≅ 225.

Simbol ≅ berarti tanda sama dengan atau hampir mendekati

cara menghitung akar kuadrat

Kalau kita coba-coba dari angka terkecil yakni 1 dan kemudian ditambah 1 lagi selanjutnya. Seperti ini jadinya.
41 x 1 = 41
41 x 2 = 82
41 x 3 = 123
41 x 4 = 164

Sampai sini masih belum dapat. Karena jaraknya masih terlalu jauh dengan 225. Sepertinya masih ada yang lebih dekat.
45 x 5 = 225

Nah ternya bila diisi dengan angka 5 hasilnya sama, yakni 225. Sehingga, angka 5 adalah hasilnya.


Jadi diperoleh nilai akhir yakni √625 adalah 25.

Simak juga: luas segitiga siku siku


Rumus Kuadrat, Akar Kuadrat, Pangkat, dan Akar Pangkat di Microsoft Excel

Setelah mengetahui cara perhitungan kuadrat, akar kuadrat, pangkat, dan akar pangkat, kita bisa mencobanya ke Microsoft Excel. Memang jadi lebih mudah dan cepat karena dibantu dengan aplikasi dibanding cara perhitungan di atas karena dihitung secara manual.

FYI (for your information) untuk kamu yang belum tahu Microsoft Excel, simpelnya, Microsoft Excel adalah sebuah aplikasi/software yang dirancang untuk mencatat dan mengolah data dengan fungsi matematika yang terbilang cukup lengkap. Microsoft Excel sangat membantu sekali untuk penghitungan data-data.

Berikut rangkuman sederhana rumus kuadrat, akar kuadrat, pangkat, dan akar pangkat.


Rumus Kuadrat

a2 = a x a
22 = 2 x 2 = 4

Rumus Akar Kuadrat

Adalah kebalikan dari rumus kuadrat.

Rumus Pangkat

a3 = a x a x a
93 = 9 x 9 x 9 = 729

Rumus Akar Pangkat

Adalah kebalikan dari rumus pangkat.


Contoh penerapannya di Microsoft Excel

Pertama, buka Microsoft Excel lalu buat data seperti contoh dibawah ini:


Ada 3 kolom yang kita buat; operasi, data, hasil. Kolom operasi menandakan operasi apa yang akan dilakukan. Kolom data berisi sampel data input. Nilainya tidak harus sama. Kamu bisa sesuaikan dengan angka yang kamu mau. Terakhir, kolom hasil. Di kolom inilah rumus akan dimasukkan.

Seperti apa sih rumusnya? Untuk menghitung kuadrat, pangkat, dan akar pangkat tidak memakai fungsi Microsoft Excel. Hanya untuk menghitung akar kuadrat yang menggunakan fungsi Microsoft Excel. Adapun rumus-rumus yang harus diisi pada kolom C adalah sebagai berikut.

Kuadrat
Arahkan kursor/mouse pointer ke kolom hasil C3. Kemudian ketikkan rumus pada kolom tersebut “=B3^2”. Lalu tekan enter untuk melihat hasil perhitungannya.


Akar kuadrat
Untuk menghitung akar kuadrat, Microsoft Excel sudah menyediakan fungsinya dan fungsi tersebut adalah SQRT. Selanjutnya, arahkan kursor/mouse pointer ke kolom hasil C4. Kemudian ketikkan rumus pada kolom tersebut “=SQRT(B4)”. Lalu tekan enter untuk melihat hasil perhitungannya.

Pangkat
Untuk menghitung pangkat, masih menggunakan rumus yang sederhana. Sederhananya, nilai pangkat dihitung dengan rumus “bilangan^n”. n dalam rumusan tersebut maksudnya adalah jumlah pangkatnya. Misalnya, bilangannya adalah 9, maka 9^n.

Seperti biasa, arahkan kursor/mouse pointer ke kolom hasil tapi kolom kali ini adalah kolom C5. Kemudian ketikkan rumus pada kolom tersebut “=B5^3”. Lalu tekan enter untuk melihat hasil perhitungannya.

Akar pangkat
Terakhir nih, menghitung pangkat. Menghitung pangkat di Microsoft Excel terbilang cukup mudah.  Singkatnya, menghitung pangkat dapat dinyatakan dengan rumus “^(1/n)”. n dalam rumusan tersebut bermaksud pada jumlah akar pangkat.

Arahkan kursor/mouse pointer ke kolom hasil C6. Kemudian ketikkan rumus pada kolom tersebut “=B6^(1/3)”. Lalu tekan enter untuk melihat hasil perhitungannya.

 

Nah setelah semua rumus sudah dimasukkan ke kolom hasil, maka seharusnya angka yang muncul adalah seperti data di bawah ini. Kecuali, kamu sempat mengganti angka-angka pada kolom data.
 
Selanjutnya ya tinggal pakai rumus ini untuk menghitung kuadrat, akar kuadrat, pangkat, dan akar pangkat untuk angka-angka lain. Cukup dengan mengganti angka yang ada di kolom data, kolom hasil juga akan otomatis berubah nilainya.

Itu tadi penerapannya di Microsoft Excel. Gimana ya kalau coba di HP? Apa bisa juga menghitung kuadrat di kalkulator HP? Apa bisa juga mencari akar pangkat di kalkulator HP?

Cara Menghitung Kuadrat, Pangkat, dan Akarnya di Kalkulator HP

Kita juga bisa menghitung kuadrat dan pangkat di kalkulator HP. Caranya juga simpel. Syaratnya ya sudah pasti harus ada aplikasi kalkulator yang terinstall di HP. Tapi sih harusnya sudah ada karena aplikasi kalkulator HP termasuk aplikasi default atau bawaan dari sananya.

Cara Menghitung Kuadrat di Kalkulator HP

Langkah pertama, buka aplikasi kalkulator di HP kamu. Pastikan di kalkulatornya ada tombol/operasi dengan ikon ^ (panah kecil ke atas) ya. Ikon ini fungsinya untuk melakukan operasi perpangkatan. Bisa kita gunakan untuk operasi kuadrat karena pada prinsipnya kuadrat itu merupakan pangkat 2.

Selanjutnya, klik/tap angka yang ingin kamu kuadratkan. Misalnya angka 25. Lalu, klik/tap ikon ^ sampai ikon tersebut juga muncul di layar HP. Kemudian klik/tap angka 2 dan setelah itu hasilnya akan tampil di layar. Jadinya 25^2.

Kalau belum muncul hasilnya, klik/tap ikon =. Seperti ini penampakannya akhirnya.


Cara Menghitung Pangkat di Kalkulator HP

Lalu gimana caranya kalau menghitung pangkat di kalkulator HP. Caranya tidak jauh beda dengan cara di atas. Perbedaannya hanya pada angka pangkatnya. Angka pangkat yang tadinya 2 (untuk menghitung kuadrat) diganti dengan angka lain.

Langkah pertama masih sama dengan cara di atas, yakni membuka aplikasi kalkulator di HP dan pastikan di kalkulatornya ada ikon ^ (panah kecil ke atas). Kemudian klik/tap angka yang ingin dipangkatkan. Misalnya angka 25 juga seperti cara di atas.

Lalu, klik/tap ikon ^ (panah kecil ke atas) sampai ikon tersebut juga muncul di layar HP. Selanjutnya klik/tap angka berapapun selain 2 (misalnya 3) dan setelah itu hasilnya akan tampil di layar. Jadinya 25^3.

Kalau belum muncul hasilnya, klik/tap ikon =. Seperti ini penampakannya akhirnya.


Cara Menghitung Akar Kuadrat dan Pangkat di Kalkulator HP

Sekarang gimana caranya kalau menghitung akar kuadrat dan akar pangkat di kalkulator HP? Bisa kok dan caranya juga simpel. Asalkan aplikasi kalkulatornya ada ikon √ (akar). Ikon ini digunakan untuk mencari akar suatu bilangan. Kita mulai dari mencari akar kuadrat.

Langkah pertama sudah pasti buka aplikasi kalkulatornya terlebih dahulu. Kemudian klik/tap ikon √ (akar) sampai muncul di layar HP. Setelah itu klik/tap angka yang ingin dicari nilai akarnya. Misalnya angka 100. Jadinya √100.

Sampai sini sudah kelihatan hasil akar dari 100, yakni 10. Kalau belum muncul nilai akarnya, klik/tap ikon =. Seperti ini penampakan akhirnya.



Selanjutnya, kita coba mencari akar pangkat dari suatu bilangan. Kalau ini, kita memanfaatkan tombol pangkat. Ituloh ikon ^ (panah kecil ke atas).

Contohnya kita mau cari nilai akar pangkat 3 dari angka 64. Caranya, ketik angka 64 kemudian dilanjutkan dengan ikon ^ (panah kecil ke atas), lalu klik/tap ikon ( (buka kurung), lalu ketik 1/3, lalu tutup kurung. Jadinya 64^(1/3). Begini penampakannya. 

 

Nah sampai sini selesai sudah pembahasan kita tentang kuadrat, akar kuadrat, pangkat, akar pangkat, penerapannya di Microsoft Excel dan juga cara menghitungnya di kalkulator HP. Semoga bisa membantu kamu makin memahaminya.

Kalau masih ada yang belum kamu pahami, coba dibaca sekali lagi, atau kamu juga bisa tulis di kolom komentar bagian mana yang dirasa belum paham. Sampai ketemu di lain postingan.

Posting Komentar untuk "Kuadrat, Akar Kuadrat, Pangkat, Akar Pangkat dan Rumusnya di Microsoft Excel serta Kalkulator HP"