Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rumus SUM, MAX, MIN, dan AVERAGE di Excel

Setelah berhasil menguasai operasi hitung pada microsoft excel, maka rumus SUM, MAX, MIN, dan AVERAGE ini perlu Anda pelajari selanjutnya. Sebab, rumus-rumus tersebut bisa membantu Anda untuk menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat. Untuk itu, mari bahas bersama AneIqbal berikut selengkapnya. 


Cara menggunakan SUM, AVERAGE, MIN, dan MAX

Supaya lebih dapat memahaminya secara mendalam, kita langsung saja praktikkan bagaimana cara penggunaan fungsi atau formula tersebut. Siapkan data seperti contoh berikut.

rumus sum max min average

RUMUS SUM

Rumus SUM digunakan untuk operasi penjumlahan. Anda akan sangat tertolong dengan rumus SUM ini apabila Anda memiliki banyak data untuk dijumlahkan.

Dilihat dari data diatas, maka akan dilakukan penjumlahan dari kolom B4 sampai B7. Rumus SUM dapat diketikan pada kolom B9 dengan format =SUM(B4:B7). Setelah itu, klik enter untuk mendapatkan hasilnya.

RUMUS MAX

Rumus MAX di excel digunakan untuk mencari nilai maksimal atau angka terbesar dari suatu kumpulan data yang terdapat pada lembar kerja microsoft excel.

Dari data B4 sampai B7, Anda pasti akan menemukan angka maksimalnya dengan cepat. Namun akan berbeda jika data dalam lembar kerja jumlahnya sangat banyak.

Untuk mencari nilai maksimal, maka Anda dapat menghitungnya pada kolom B10 dengan mengetikkan rumus =MAX(B4:B7) kemudian klik enter untuk menampilkan hasilnya.

Sebelum lanjut ke pembahasan rumus MIN, tidak ada salahnya untuk open new tab panduan berikut; cara menggunakan sort & filter pada excelcara membuat garis hitam di excelcara menggabungkan 2 kolom menjadi 1 di excel, dan cara menentukan ranking di excel.

RUMUS MIN

Rumus MIN di excel digunakan untuk mencari nilai minimal atau nilai terkecil dari suatu kumpulan data pada lembar kerja microsoft excel.

Dari data yang terdapat dalam kolom B4 sampai B7, maka nilai minimal dapat diketahui dengan mengetikkan rumus pada kolom B11 =MAX(B4:B7). Klik enter untuk mengetahui hasilnya.

RUMUS AVERAGE

Rumus AVERAGE di excel digunakan untuk mengetahui nilai rata-rata dari data yang ada. Dengan menggunakan data tadi, maka Anda dapat mengetahui nilai AVERAGEnya pada kolom B12 dengan mengetikkan rumus =AVERAGE(B4:B7). Tekan enter untuk mengetahui hasilnya.

Berikut merupakan hasil akhir dari penggunaan rumus-rumus di atas.

cara menggunakan sum average min max

Mencari nilai-nilai penting menjadi lebih cepat dan mudah bukan? Maka dari itu, rumus SUM, MIN, MAX, dan AVERAGE ini wajib Anda kuasai juga. Tentu Anda juga menjadi semakin jago dalam menggunakan Microsoft Excel.

Sebelum menutup pembahasan kali ini, silakan cek juga panduan kami yang lainnya. Berikut beberapa di antaranya; cara membuat rumus lulus dan tidak lulus di excelcara buat grafik di excel, dan cara find and replace di excel.

Demikianlah bahasan kita kali ini tentang cara menggunakan rumus MAX dan MIN di excel serta rumus SUM dan AVERAGE. Semoga bisa membantu Anda dalam mempelajari rumus ataupun fungsi-fungsi tersebut guna memudahkan pekerjaan Anda nantinya.

Posting Komentar untuk "Rumus SUM, MAX, MIN, dan AVERAGE di Excel"