Operasi Hitung pada Microsoft Excel

Bisa melakukan operasi hitung pada Microsoft Excel merupakan hal yang wajib dikuasai sebelum menggunakan berbagai formula maupun rumus canggih yang ada pada Excel. Sebab, operasi hitung pada Microsoft Excel ini merupakan formula dasar yang hampir selalu digunakan.

Operasi perhitungan dasar Microsoft Excel ini tidak sulit untuk dipelajari. Karena operasinya serupa dengan operasi dasar matematika. Jadi, Anda pasti sudah familiar dengannya.

Operasi hitung dasar tersebut di antaranya seperti penambahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Pasti sudah familiar dengan operasi-operasi tersebut bukan? Nah namun yang kita akan pelajari di sini adalah bagaimana operasi hitung tersebut diaplikasikan pada Microsoft Excel.


Operasi dasar Microsoft Excel

Operasi hitung dalam Microsoft Excel terbilang cukup sederhana dan pastinya Anda sudah sangat familiar dengan bentuk operasi tersebut. Hal yang paling dibutuhkan adalah ketelitian agar tidak salah ketik maupun salah kolom.

Untuk itu, Anda dapat mencoba untuk melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Tidak hanya satu dua kali percobaan saja supaya lancar. 

Perlu sering mencoba dengan berbagai angka dan operasi. Dengan begitu, Anda semakin terbiasa menggunakan excel sekaligus melakukan operasi dasar. 

Apa saja operasi hitung dalam excel?

Berikut operasi perhitungan dasar dalam excel beserta simbolnya.

  • Tambah (+, plus/tambah), untuk operasi penjumlahan.
  • Kurang (-, minus/kurang), untuk operasi pengurangan.
  • Kali (*, asterik/bintang), untuk operasi perkalian.
  • Bagi (/, slash/garis miring), untuk operasi pembagian.

Baca juga: Cara Membuat Nomor Otomatis di Excel (Zig Zag, Rumus, dan Fill)


Contoh operasi hitung pada Excel

Setelah mengetahui teorinya, tentu akan lebih baik apabila kita langsung mempraktikkannya. Sebagai contoh, Anda bisa persiapkan data seperti berikut ini.

operasi hitung pada microsoft excel

Hal yang harus Anda perhatikan adalah posisi baris dan kolom yang bisa Anda lihat pada gambar diatas.

Dari data diatas, maka operasi perhitungan yang akan dilakukan adalah jumlah makanan favorit dari laki-laki dan perempuan, atau operasi perhitungan akan dilakukan menyamping. Dengan kata lain, kita akan mengisi kolom JUMLAH.

Operasi excel - penjumlahan

Operasi hitung penjumlahan dalam ms excel menggunakan tanda plus (+). Untuk melakukan penjumlahan makanan Seblak dari laki- laki dan perempuan, maka rumusnya dapat diketikkan pada kolom D5. Rumus yang ditulis pun sederhana, yaitu =B5+C5 dan klik enter untuk melihat hasilnya.

Operasi excel - pengurangan

Operasi hitung pengurangan dalam ms excel menggunakan tanda minus (-). Untuk melakukan pengurangan pun caranya hampir sama dengan penjumlahan. Untuk rumus pengurangan dapat diketikkan pada kolom D6, seperti =B6-C6 dan klik enter untuk mengetahui hasilnya.

Operasi excel - perkalian

Operasi perkalian pada excel dapat ditulis dengan lambang bintang (*). Rumus perkalian dapat ditulis pada kolom D7. Rumusnya yaitu =B6*C7 dan klik enter untuk melihat hasilnya.

Operasi excel - pembagian

Lambang pembagian pada operasi hitung untuk excel adalah garis miring/slash (/). Rumus pembagiannya diketik pada kolom D8 dan rumusnya yaitu =B8/C8.

Berikut merupakan hasil akhir dari perhitungan dasar dengan rumus operasi hitung dasar tadi.

operasi hitung pada excel

Itu dia hasil operasi perhitungannya. Bagaimana menurut Anda? Cukup mudah diingat dan dilakukan bukan? Kembali mengingatkan, semakin sering mencoba, maka Anda akan semakin menguasainya.

Baca juga: Cara Menampilkan Hari Lahir Tanpa Melihat Kalender di Microsoft Excel


FAQ seputar operasi hitung pada Microsoft Excel

Untuk memulai formula pada Microsoft Office Excel, apa yang harus dimasukkan terlebih dahulu? Formula atau rumus Excel selalu diawali dengan tanda sama dengan (=).

Apa simbol yang digunakan di Microsoft Excel untuk operator penambahan? Penambahan atau penjumlahan pada Excel menggunakan simbol plus/tambah (+).

Apa simbol perkalian dalam Excel? Perkalian dalam Microsoft Excel menggunakan simbol asterik/bintang (*).

Apa fungsi pengurangan dalam operator? Pengurangan berfungsi untuk mengurani nilai suatu operan dengan nilai operan lainnya.

Apa saja simbol-simbol operator aritmatika? Ada 4 simbol operator aritmatika, di antaranya yaitu + (plus/tambah, untuk penjumlahan, - (minus/kurang, untuk pengurangan), * (asterik/bintang, untuk perkalian, dan / (slash/garing miring, untuk pembagian).

Jadi demikianlah pembahasan kita kali ini mengenai operasi hitung dalam excel. Semoga pembahasan singkat tadi bisa dengan mudah dimengerti dan membantu Anda dalam belajar Microsoft Excel khususnya dalam hal operasi hitung dasar Microsoft Excel.