Cara Mengubah Ukuran Kolom di Excel (dan Baris)

Cara mengubah ukuran kolom di Excel mudah sekali untuk dilakukan. Tentunya secara default/bawaan, Excel sudah menyediakan fitur untuk mengubah ukuran kolom. Jadi, jangan terlalu pusing memikirkan bagaimana cara mengubah ukuran kolom di Excel.

Dalam sebuah data report atau laporan, pastinya ada sebuah baris dengan ukuran kolom yang berbeda. Misalnya, baris data untuk judul yang terkadang perlu dibedakan ukuran kolomnya. Mengubah ukuran kolom tersebut dimaksudkan untuk membedakan antara judul dan isi pada laporan tersebut.

Maka dari itu, bagi Anda yang sehari-harinya berkutik dengan aplikasi pengolah angka ini, mempelajari cara mengubah ukuran kolom di Excel ini tidak bisa dianggap remeh. Skill ini cukup dibutuhkan sehingga laporan yang dibuat bisa lebih baik.


Perlukah cara mengubah ukuran kolom di Excel ini jika bisa secara manual?

Lembar kerja pada microsoft excel memang terdiri dari baris dan kolom. Secara default, jika membuat lembar kerja baru pada microsoft excel maka akan tersedia ukuran baris dan kolom dengan ukuran yang sama satu sama lainnya.

cara mengubah ukuran kolom di excel

Sebenarnya, Anda bisa saja mengatur ukuran baris dan kolomnya secara manual atau satu per satu. Namun hal itu akan membuang waktu dan ukuran dari tiap kolom pun tidak seragam sehingga kurang enak untuk dipandang.

Baca juga: Cara Menggabungkan Kolom di Excel (dan Teks Juga)


Cara menyesuaikan ukuran kolom di excel

Lalu bagaimana cara cepat mengubah ukuran baris dan kolom di Office Excel. Simak langkah-langkah berikut ini.

1. Siapkan dokumen dan datanya

Yang harus dipersiapkan pertama kali adalah lembar kerja excel dengan kolom dan baris yang ingin diubah ukurannya. Seperti gambar berikut.

cara menyesuaikan ukuran kolom

Untuk merubah ukuran baris dan kolom, bisa saja Anda menggunakan cara manual yaitu dengan menarik baris atau kolomnya sehingga ukurannya berubah. 

2. Blok baris datanya

Dari gambar diatas, kasusnya adalah Anda ingin mengubah ukuran tinggi baris dengan ukuran khusus yang seragam. Lalu, blok baris yang ingin diubah ukurannya, seperti gambar berikut.

cara mengatur ukuran cell di excel

3. Atur tinggi barisnya

Caranya, pada menu "Home", carilah submenu "Format" lalu klik "Row Height seperti gambar berikut.

cara merubah ukuran kolom di excel

Baca juga: Cara Membuat Garis di Excel (Garis Kolom dan Baris)

Setelah itu, maka akan muncul tampilan seperti berikut dan aturlah ukuran tinggi baris sesuai dengan ukuran yang Anda inginkan.

menyesuaikan ukuran kolom

Angka yang terdapat pada "Row Height" merupakan ukuran baris saat ini, cobalah untuk merubah angka tersebut, contohnya menjadi 30 dan klik OK. Maka ukuran tinggi baris akan berubah.

cara menyesuaikan ukuran kolom di excel

Sampai sini selesai cara mengubah ukuran baris cell di Office Excel. Lalu bagaimana cara untuk mengubah ukuran kolomnya?

Baca juga: Cara Menggunakan Find and Replace di Excel

Untuk melakukan perubahan pada ukuran kolom, cara yang digunakan pun hampir sama. Cukup dengan melakukan blok pada kolom yang ingin diubah dan pada sub menu "Format" pilih "Column Width" lalu masukan ukurannya.

Demikian pembahasan kita kali ini tentang cara mengatur kolom excel yang sesuai dengan kebutuhan. Semoga panduan tadi bisa dengan mudah Anda mengerti dan langsung praktikkan agar tidak lupa.