Cara Menggunakan Find and Replace di Excel

Cara menggunakan find and replace di Excel itu bagaimana langkah-langkahnya? Menggunakan find and replace itu sebenarnya untuk apa? Mengapa ada fitur find and replace di Excel? Semua pertanyaan tersebut akan terjawab di sini.

Fitur find and replace di Excel ini sangat berguna untuk mengolah data. Apalagi jika data yang diolah memiliki jumlah baris yang banyak. Maka dari itu, cara menggunakan find and replace ini wajib diketahui bagi Anda yang sehari-harinya berkecimpung dengan Microsoft Excel.

Apakah cara menggunakan find and replace di Excel itu mudah? Untuk menggunakan fitur tersebut cukup mudah caranya. Silakan simak pembahasan cara penggunaan find and replace Excel ini hingga selesai untuk mengetahui cara-caranya.


Find and replace di excel

Bekerja dengan banyak data pasti akan membuat Anda bingung untuk menemukan sebuah data yang dibutuhkan. Ketika mencari satu data dari banyaknya data dalam workbook, maka waktu menjadi perlu untuk diperhitungkan. 

Jangan sampai hanya untuk sebuah data saja, Anda harus membuang banyak waktu untuk mencarinya. Terlebih, jika Anda juga ingin melakukan perubahan pada data tersebut. Dengan menggunakan fitur find and replace, perihal mencari sebuah data bukanlah masalah lagi.

Baca juga: Cara Mengubah Ukuran Kolom di Excel (dan Baris)


Cara menggunakan find and replace

Untuk dapat lebih memahami fungsi dari fitur ini, mencobanya langsung merupakan langkah yang tepat. Maka dari itu, silakan Anda ikuti panduan berikut untuk mencobanya. Berikut merupakan contoh data siswa dengan nama ayah dan ibunya, dan masih dalam kondisi acak.

cara menggunakan find and replace di excel

Jika terdapat kasus seseorang mencari nama "Smith" entah itu siswa atau orang tua, maka akan lebih cepat jika menggunakan fitur find and replace dibandingkan dengan mencari manual dari data ke data.

Langkah yang harus dilakukan untuk mencari nama "Smith" adalah sebagai berikut. Pastikan bahwa anda sudah membuka workspace anda dan pada menu Home pilih Find and Select yang sudah berada di sebelah kanan. Kemudian, klik menu Find.

cara find and replace di excel

Setelah muncul tampilan berikut, maka ketikkan nama yang ingin dicari. Dalam study case kali ini, namanya yaitu Smith. Anda dapat memilih Find All atau Find Next. Contoh untuk Find All ada pada gambar berikut.

cara replace di excel

Pada data yang terdapat di sheet Microsoft Excel tersebut, ditunjukkan bahwa terdapat 3 data yang mengandung kata "Smith".

Kasus berikutnya adalah mengganti data "Smith" menjadi "Smiithe". Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengganti data tersebut, termasuk dengan menggunakan cara cepat yaitu fitur Replace. Untuk mengaksesnya, terdapat di Home lalu klik Find & Select kemudian klik Replace.

replace di excel

Baca juga: Rumus SUM, MAX, MIN, dan AVERAGE di Excel

Kemudian Anda akan dihadapkan dengan tampilan seperti berikut ini.

find and replace di excel

Anda dapat memilih Replace All atau Replace Next. Jika memilih Replace All, maka semua data "Smith" akan diganti menjadi "Smithe". Namun jika memilih Replace Next, maka data akan diganti satu persatu.

Seperti itulah panduan penggunaan fitur find and replace di excel. Dengan begitu, Anda bisa lebih cepat menemukan data yang dibutuhkan dari kumpulan data yang ada. Semoga panduannya bisa dengan mudah dimengerti dan bisa membantu Anda.