Cara Membuat Heading Style di Word

Cara membuat heading style atau judul bab di Microsoft Word menjadi sebuah skill penting yang wajib Anda kuasai. Sebab, skill tersebut sangat dibutuhkan ketika membuat berbagai dokumen penting seperti skripsi.

Tidak hanya di dunia sekolah saja, di dunia kerja pun skill ini masih tetap diperlukan. Untuk itu, tidak ada ruginya untuk mempelajari skill ini. Simak pembahasan AneIqbal selengkapnya berikut ini.


Step by step membuat style judul bab

Sebuah dokumen tentu tidak terlepas dari yang namanya judul bab. Judul bab menjadi identitas dari suatu bagian isi dokumen tertentu dan memuat topik utama pembahasan. Adanya heading atau judul bab ini dapat memperjelas maksud dari bagian isi tersebut.

Oleh sebab itu, format judul bab tidak bisa disamakan dengan bagian lain dan posisinya harus terpisah. Bagaimanakah cara membuatnya? Simak berikut langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk membuat heading style tersebut.

1. Siapkan file baru di Microsoft Word

Pertama yang perlu dipersiapkan adalah sebuah file atau dokumen baru. Sebenarnya bisa saja langsung memakai dokumen yang ingin Anda ubah format judul babnya. Tetapi, untuk lebih mudahnya kita pakai dokumen baru saja.

2. Buat list judul babnya terlebih dahulu

Setelah membuat file baru tentu hanya berupa tampilan putih saja alias kosong. Langkah berikutnya yaitu membuat list judul bab yang diperlukan. Ketik saja seperti biasa dan tiap judul babnya tentu dipisahkan dengan baris baru.

Sebagai contoh, Anda bisa lihat gambar di bawah ini. Perhatikan pada TAB HOME, terdapat kumpulan tools dan salah satunya adalah tools Styles seperti yang ditunjukkan oleh panah merah. Tools inilah yang akan kita gunakan untuk membuat heading style di Word.

cara membuat heading style di word

3. Membuat style heading untuk judul babnya

Setelah mengetikkan semua judul bab yang diperlukan, saatnya untuk memberikan efek heading stylenya. Karena posisi saat ini, judul bab hanya berupa paragraf biasa dan tidak terdeteksi sebagai heading. 

Langsung saja, pindahkan kursor ke salah satu judul bab lalu klik tombol yang diberi tanda panah berikut.

cara membuat style pada ms word

Kemudian klik Heading 1. Hal ini dimaksudkan supaya tulisan "Bab I Pendahuluan" memiliki status Heading 1. Jika sudah demikian, judul bab tersebut sudah terdeteksi sebagai heading dengan level 1 atau top.

style pada ms word

4. Mengubah format Heading 1

Setelah judul bab sudah menjadi style heading, barulah kita bisa memodifikasi formatnya seperti jenis font ataupun warnanya. Sesuaikan formatnya dengan ketentuan yang diberikan. Misalnya, dokumen skripsi dengan ketentuan format: Times New Roman, Bold, 14, Center, UPPERCASE.

cara menggunakan style di word 

TIPS & TRIK: UPPERCASE adalah cara termudah kita untuk membuat semua tulisan yang kita block menjadi huruf KAPITAL.

5. Simpan format Heading yang baru saja diatur

Setelah selesai mengubah format dengan ketentuan yang diberikan sesuai jenis dokumennya, simpan settingan tersebut supaya kita dapat menggunakan heading style tersebut. 

Sehingga, kita tidak perlu melakukan langkah sebelumnya tadi untuk setiap judul bab. Dengan begitu, kita bisa menghemat waktu dan pekerjaan menjadi lebih cepat selesai.

Lalu bagaimana cara menyimpannya? Caranya yaitu dengan UPDATE Heading 1 to Match Selection. Pertama, kursor harus berada pada judul bab, misalnya BAB I PENDAHULUAN (intinya judul bab yang formatnya sudah sesuai).

style dalam microsoft word

Setelah itu klik kanan di Heading 1 pada Tab Home > Update Heading 1 to Match Selection.

style pada microsoft word

Berikut tampilan setelah Heading 1 sudah diupdate.

cara membuat heading di word

6. Mengganti heading style semua judul bab menjadi Heading 1 

Setelah kita menyimpan format tadi ke dalam Heading 1, selanjutnya adalah mengatur agar semua judul bab yang tersisa mempunyai heading style yang sama. Caranya, arahkan kursor ke salah satu judul bab lainnya, misal BAB II. Lalu klik Heading 1 pada Tab Home.

cara membuat style di word

Berikut penampilan judul bab BAB II setelah stylenya diubah menjadi Heading 1.

cara membuat style pada ms word

Kemudian lakukan hal serupa pada judul bab yang tersisa. Berikut tampilan semua list judul bab yang sudah diganti heading stylenya.

style pada ms word

Jika Anda ingin membuat judul babnya menjadi 2 baris, caranya yaitu meng-enter tulisan dengan kombinasi tombol SHIFT+ENTER pada keyboard. Berikut tampilan perbedaan judul bab antara 1 baris dengan 2 baris.

judul bab

Sampai sini selesai sudah pembahasan kita tentang heading style di Word ini. Bagaimana menurut Anda? Tidak sesulit yang dibayangkan bukan? Jika belum mencobanya, segera langsung praktikkan agar lebih mudah mengingat setiap langkah-langkahnya.

Sebelum beranjak dari sini, ada bahasan Microsoft Word menarik lainnya yang sayang jika Anda abaikan. Di antaranya yaitu cara membedakan halaman di wordcara membuat halaman otomatis, dan beberapa trik microsoft word yang bisa mengefisiensi pekerjaan Anda.

Demikian pembahasan cara membuat judul di word ini dan semoga bisa memudahkan Anda dalam membuat berbagai dokumen dengan masing-masing formatnya. Semoga juga, membuat judul di word bukanlah sebuah masalah lagi bagi Anda.