Cara Buat Grafik di Excel

Buat grafik di Excel apakah mungkin? Itu sangat mungkin. Bukan hal yang sulit bagi Excel untuk membuat grafik. Tidak hanya sekadar report/laporan dalam bentuk angka/teks saja, buat grafik pun sangat bisa dimasukkan untuk melengkapi laporan tersebut.

Apalagi, buat grafik di Excel ini juga mudah dilakukan. Cukup klik-klik beberapa kali dan grafik data pun sudah bisa tampil di Excel sheet. Report/laporan yang dibuat menjadi semakin bagus dan lengkap.

Nah, bagaimana cara membuat grafik di Excel untuk melengkapi informasi yang bisa disajikan dalam laporan? Simak berikut pembahasannya sampai selesai.


Grafik dalam excel

Cara penangkapan seseorang terhadap informasi tentu bisa berbeda dengan orang lain. Sebagian orang lebih paham dengan penyampaian informasi berupa gambar atau grafis. Sementara sebagian lainnya lebih paham dengan suara.

Dalam penyajian informasi, grafik memang menjadi salah satu alternatif agar informasi yang ingin disampaikan menjadi lebih mudah diterima oleh banyak orang. 

Untungnya, data dalam lembar kerja excel bisa kita ubah menjadi bentuk grafik. Caranya pun cukup mudah dan memiliki berbagai varian bentuk grafik yang bisa dipilih. Jenis grafik pada excel di antaranya; Column, Line, Pie, Bar, Aream Scatter dan Other Chart.

Baca juga: Cara Menggabungkan Kolom di Excel (dan Teks Juga)


Tutorial membuat grafik di excel

Untuk membuat grafik dalam microsoft excel, bukan suatu hal yang sulit. Berikut panduan yang bisa Anda ikuti. Siapkan datanya terlebih dahulu seperti contoh berikut.

membuat grafik excel

Blok data yang ingin disajikan kedalam bentuk grafik. Perhatikan gambar di bawah ini.

membuat grafik di excel

Setelah data di blok, langkah berikutnya yaitu memilih menu Insert kemudian pilih grafik yang ingin digunakan. Pada tutorial kali ini, data makanan favorit akan disajikan dalam bentuk grafik batang dan berikut hasilnya.

buat grafik di excel

Anda juga dapat melakukan variasi pada grafik tersebut seperti menggunakan grafik 3D. Caranya juga  mudah. Klik grafik yang ingin dimodifikasi dan kemudian klik menu Design. Kemudian pilih desain grafik yang diinginkan seperti tampilan berikut ini.

cara buat grafik di excel

Baca juga: Cara Mengubah Ukuran Kolom di Excel (dan Baris)

Dan inilah hasil dari modifikasi desain grafik dengan model 3D.

cara membuat grafik di microsoft excel

Dengan grafik, selain memudahkan penyampaian, informasi yang disampaikan juga menjadi lebih lengkap dan variatif. Informasi yang kurang menarik cenderung akan diabaikan begitu saja. Walaupun informasinay cukup penting.

Semoga pembahasan tadi bisa membantu Anda dalam membuat grafik excel sehingga data yang Anda sajikan bisa lebih bervariatif dan menarik. Informasi yang jelas, bagus, dan menarik tentu akan mendapat perhatian lebih bagi orang yang melihatnya.