Skip to main content

Pengertian HTML dan Fungsinya

pengertian html dan fungsinya

Postingan kali ini akan membahas pengertian HTML dan fungsinya. Sebelumnya kita sudah membahas apa saja yang harus kita tahu sebelum belajar HTML. Kalau belum liat, postingannya bisa lihat di sini.

Kita lanjut ke pengertian HTML.

Pengertian HTML

Apa sih HTML?

Kayanya sering banget denger istilah itu.

Kalo kita sering browsing, terus mampir ke sosmed, blog, website, atau forum online, saat itu kita sedang mengakses sebuah halaman web. Nah, HTML itu adalah dasar dari halaman web itu.

HTML punya kepanjangan Hypertext Markup Language.

Di HTML, sebuah teks biasa dapat berfungsi lain. Misalnya, menjadi sebuah link untuk mengakses halaman lain, bisa juga untuk menebalkan huruf, memiringkan huruf, dan masih banyak lagi.

..maka itulah disebut hypertext.

Lalu kenapa disebut Markup Language? karena bahasa atau kode HTML menggunakan tanda (mark) untuk menandai sebuah teks.

Misalnya, kita ingin menebalkan huruf beberapa kata di suatu kalimat, maka kita apit kata tersebut dengan kode HTML seperti ini: <b>kata ini akan dicetak tebal</b>.

Itu yang dinamakan dengan HTML tag.

Jadi, dapat kita simpulkan, HTML adalah bahasa atau kode yang digunakan untuk menandai dan menyusun struktur suatu halaman web.

Fungsi HTML

Dalam sebuah website, HTML adalah dasarnya, konstruksinya, atau pondasinya.

Kalau web hanya dibuat dengan HTML, tentu saja hasilnya nggak keren kan? lha wong cuma pondasinya saja yang ditampilkan. Begini contoh tampilan websitenya.

pengertian html dan fungsinya

Sama saja kalau kita melihat sebuah rumah tapi baru terlihat pondasinya, "ini rumah kok cuma pondasinya aja. Gak dibagusin sekalian. Di cat gitu." Bisa jadi itulah yang terlintas di pikiran kita.

Makanya, ada bahasa atau kode lain yang mendukung HTML agar websitenya menjadi keren dan enak dilihat. Bahasa atau kode itu adalah CSS dan Javascript.

..tapi itu nggak kita bahas sekarang, nanti ada bagiannya juga. Insyaa Allah.

..kembali ke topik.

Kenapa HTML ini ane sebut dengan bahasa atau kode HTML bukan bahasa pemrograman HTML?

Karena memang HTML bukanlah sebuah bahasa pemrograman. Sesuai definisi di atas, HTML hanya penanda saja dari bagian atau struktur sebuah halaman web.

Biasanya, kalo di bahasa pemrograman, terdapat fungsi-fungsi seperti IF, IF ELSE, variable, LOOP, dan masih banyak lagi.. yang gunanya untuk mengatur alur program yang ingin dibuat.

..sedangkan HTML, tidak memiliki fungsi tersebut.

pengertian html dan fungsinya

Bahasa atau kode HTML yang sudah diketik, disimpan dalam sebuah file dengan ekstensi .html.

Supaya kita bisa melihat hasil dari bahasa atau kode HTML di file itu, kita harus gunakan web browser.

Sudah tau kan web browser?

..Google Chrome, Mozilla Firefox, Internet Explorer, Opera.

Web browser akan kita bahas lebih lanjut di postingan selanjutnya ya.


Comment Policy: Silakan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar